Cek Bansos PBI Untuk Mendapat Jaminan Kesehatan Gratis Dari Pemerintah

Cek Bansos PBI - Blogotech, Tidak hanya memberikan bantuan langsung tunai, pemerintah juga menyediakan cek bansos PBI untuk memberikan jaminan kesehatan gratis pada kelompok tertentu. Bantuan ini juga dikelola langsung Kementerian Sosial Republik Indonesia yang dikhususkan bagi masyarakat miskin.

Jika biasanya masyarakat umum diwajibkan membayar iuran perbulan untuk mendapatkan asuransi kesehatan gratis. Maka untuk penerima PBI akan dibebaskan dari iuran tersebut.

Penerima berhak mendapatkan layanan kesehatan secara gratis, mulai dari pengobatan rawat jalan hingga inap. Tentunya ini untuk mendukung pemerataan fasilitas kesehatan bagi seluruh masyarakat.

Bagi kamu yang merasa layak untuk menerima bantuan ini, bisa cek bansos PBI pada kantor desa terdekat. Syaratnya adalah harus terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Berikut ini informasi selengkapnya :

Apa Itu Bantuan Sosial PBI?

cek-bansos-pbi-jaminan-kesehatan-gratis
Penerima Bantuan Iuran (PBI) merupakan program jaminan kesehatan yang pembiayaan iuran setiap bulannya digratiskan oleh negara pada kelompok tertentu. Mungkin masyarakat lebih mengenalnya dengan BPJS gratis tanpa perlu membayar biaya bulanan lagi.

Program ini diperuntukan bagi masyarakat yang tidak mampu agar bisa menikmati fasilitas kesehatan yang layak. Walaupun bukan dalam bentuk dana tunai, namun bansos ini memiliki peran yang penting.


Dengan adanya program ini diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang takut akan biaya berobat ke rumah sakit. Program PBI dikelola oleh Kemensos dengan dibantu oleh perangkat desa setempat.

Jadi, untuk kamu yang ingin mendaftarkan diri sebagai salah satu penerima bansos ini, maka bisa mendatangi langsung kantor desa terdekat. Perbedaan PBI dengan BPJS biasa selain karena iuran yang gratis, juga penggunaannya bisa langsung dipakai tanpa perlu menunggu waktu aktivasi.

Syarat dan Cara Daftar Bansos PBI

Cek bansos PBI bisa dilakukan dengan dua cara, pertama melalui aplikasi atau website resmi Kemensos. Kedua bisa melakukan pengecekan dengan mendatangi petugas terkait di kantor desa. 

Bagi masyarakat yang ingin mengajukan diri menjadi salah satu penerima program ini perlu melengkapi persyaratan khusus. Sebab tidak semua orang bisa menikmati layanan ini. Hanya masyarakat dengan kondisi dan kriteria tertentu saja yang akan terverifikasi untuk menerima PBI.

Untuk persyaratan menjadi penerima hanyalah kelompok masyarakat miskin. Berikut ini kriteria kelompok masyarakat miskin menurut Kemensos :
  • Orang yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sehingga kesulitan memenuhi kebutuhan hidup yang layak
  • Kelompok masyarakat yang menjadi korban bencana
  • Pekerja dari kelompok ASN, TNI atau POLRI yang telah pensiun
  • Kelompok masyarakat yang menyandang disabilitas berat dan memiliki perekonomian yang belum layak.

Untuk mendapatkan bantuan PBI, maka setidaknya harus memenuhi salah satu dari kriteria di atas. Kantor desa juga akan melakukan pengecekan langsung, baik dengan melihat kondisi rumah ataupun penggunaan listrik.

Untuk mendaftar atau mengajukan diri sebagai penerima cukup mudah. Kamu tinggal mengunjungi kantor desa dengan membawa berkas data diri dengan lengkap. Kemudian ikuti arahan dari petugas sebelum melakukan proses verifikasi.

Jika semua persyaratan telah lengkap dan memenuhi kualifikasi, maka PBI bisa langsung digunakan. Sebagai bukti kamu termasuk dalam program tersebut, nantinya kantor desa akan memberikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang bisa digunakan saat berobat.

Cara Cek Bansos PBI Tahun 2023

Untuk mengetahui apakah kamu sudah terdaftar atau belum, maka juga bisa menggunakan website resmi Kemensos yang bisa diakses dengan smartphone. Berikut ini cara untuk mengecek PBI jaminan kesehatan.
  1. Kunjungi website resmi Kemensos di situs https://cekbansos.kemensos.go.id/ melalui Google atau mesin pencari lainnya.
  2. Situs tersebut akan menampilkan halaman form data yang bisa kamu isi dengan data diri pribadi. Isi semuanya dengan benar sesuai dengan KTP dan KK
  3. Kemudian masukan kode verifikasi yang ada pada halaman sebelum melakukan pencarian.
  4. Setelah memasukan kode, klik “cari data” dan halaman akan menampilkan data diri serta program bansos yang dimiliki.

Sangat mudah dan praktis, bukan? Jika merasa kesulitan untuk mengakses website, kamu juga bisa mendatangi langsung kantor desa untuk pengecekan.

Nah, itulah tadi informasi mengenai cek bansos PBI yang memberikan jaminan kesehatan gratis pada masyarakat kurang mampu. Jadi, penerima bantuan ini tidak perlu lagi membayar iuran kesehatan perbulan, ya.

No comments for "Cek Bansos PBI Untuk Mendapat Jaminan Kesehatan Gratis Dari Pemerintah"