Cek Bansos BPNT Untuk Masyarakat Kurang Mampu, Cair Setiap Bulan

Cek Bansos BPNT - Blogotech, Cek bansos BPNT terbaru bisa dilakukan melalui website atau aplikasi Kementerian Sosial dengan menginput NIK sesuai data di DTKS. Penerima bantuan ini khusus untuk kelompok masyarakat yang kurang mampu atau pra sejahtera.

Program ini sudah berjalan cukup lama dan telah banyak memberikan dampak positif untuk masyarakat. Terutama untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti sembako dan lainnya. Selain itu juga terdapat bantuan tunai yang diberikan setiap bulannya.

Program yang berada dibawah tanggungjawab Kementerian Sosial ini membuka kesempatan untuk masyarakat mengajukan diri sebagai penerima. Tentunya dengan ketentuan memenuhi kriteria, salah satunya berada dari kelompok miskin.

Buat kamu yang merasa layak mendapatkan bantuan ini, tapi belum terdaftar. Sebaiknya simak informasi mengenai cara daftar hingga cek bansos BPNT berikut ini :

Mengenal Program Bansos BPNT

cek-bansos-bpnt
Bantuan Panan Non Tunai (BPNT) merupakan program berupa pemberian sembako secara gratis setiap bulan kepada masyarakat yang terdaftar dalam DTKS. Total pemberian sembako adalah setara dengan Rp200.000/bulan setiap penerima.

Dana bantuan tersebut awalnya berbentu non-tunai, misalnya seperti beras atau kebutuhan pokok lainnya. Namun, seiring dengan banyaknya evaluasi mengenai cara tersebut. Saat ini pemerintah mengupayakan untuk memberikan bantuan dalam bentuk tunai.

Proses penyaluran bantuan rencananya akan diberikan secara langsung dan dikirim ke kartu sembako. Kartu sembako merupakan identitas khusus yang menunjukan bahwa pemegangnya adalah penerima program bansos BPNT.

Syarat dan Cara Daftar Program BPNT

Pemerintah saat ini juga memberikan kesempatan pada masyarakat lain yang belum terdaftar dalam DTKS. Tapi, merasa layak untuk menerima bantuan ini, maka bisa mengajukan diri secara mandiri.
Untuk mendaftarkan diri sebagai penerima bisa dengan mendatangi petugas di kantor desa terdekat sesuai dengan domisili di KTP. Selain itu juga bisa dengan mendaftarkan diri melalui aplikasi secara online.

Namun, sebelum mendaftarkan diri di aplikasi cek bansos BPNT, sebaiknya ketahui dulu kriteria penerima yang berhak mendapatkan bantuan sosial ini, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Merupakan Warga Negera Indonesia yang sah dibuktikan dengan KTP dan KK resmi.
  • Berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin yang dibuktikan dengan verifikasi dan validasi dari kantor desa setempat.
  • Bukan merupakan bagian dari pekerja ASN, PNS, DPR, TNI/Polri, dan lainnya
  • Merupakan pemegang Kartu Keluarga Sejahtera dan terdaftar di dalam DTKS
  • Tidak sedang menerima bansos dari program kemensos lainnya.

Persyaratan di atas harus terpenuhi jika ingin mendaftarkan diri sebagai penerima program BPNT. Namun, jika kesulitan dengan proses pengajuan diri secara online. Maka bisa mendatangi kantor desa dan meminta petugas untuk menginput data usulan.


Berikut ini cara untuk mengajukan usulan dengan mendatangi langsung kantor desa terdekat.
  1. Kunjungi kantor desa RT/RW setempat dengan membawa identitas diri.
  2. Kemudian menyerahkan berkas yang disyaratkan oleh petugas
  3. Petugas akan melakukan verifikasi dan validasi data sebelum mengirimkan usulan ke sistem pusat.
  4. Jika proses berhasil maka akan diusulkan ke sistem pusat dan tunggu konfirmasi dari pusat.
  5. Terakhir adalah menunggu pengumuman diterima atau tidaknya pengajuan program BPNT.

Cek Bansos BPNT Sudah Cair atau Belum

Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa sudah menjadi penerima bantuan sosial BPNT, maka tinggal menunggu jadwal pencairan. Kamu bisa melakkan cek bansos BPNT melalui website atau aplikasi dengan menggunakan NIK. Berikut ini caranya :
  1. Buka aplikasi atau website bansos Kemensos di https://cekbansos.kemensos.go.id/ dan tunggu hingga halaman baru muncul.
  2. Pada halaman baru akan muncul tampilan form data, isikan dengan identitas dan NIK yang telah terdaftar sebelumnya.
  3. Kemudian lakukan verifikasi kode dan klik “cari data” untuk menampilkan informasi mengenai data diri dan pencairan bantuan.
  4. Jika kode verifikasi benar maka halaman akan menampilkan informasi data diri serta program bansos dan estimasi tanggal pencairan bansos.

Sangat mudah, bukan? Selain mengecek melalui aplikasi, kamu juga bisa mendatangi langsung kantor desa untuk mendapatkan informasi di atas. 

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai cek bansos BPNT untuk masyarakat kurang mampu yang telah terdaftar di DTKS. Namun, jika kamu merasa layak untuk menerima bantuan ini maka juga bisa mengajukan diri ke kantor desa terdekat dengan membawa persyaratannya.

No comments for "Cek Bansos BPNT Untuk Masyarakat Kurang Mampu, Cair Setiap Bulan"