Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi Android

Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi - Blogotech, Jika Anda pengguna wifi dan tidak berkenan jika ada penyusup wifi yang secara bebas menggunakan akses wifi Anda tanpa permisi, sekarang Anda bisa menerapkan cara mengetahui aktivitas pengguna wifi android ini.

mengetahui-aktivitas-pengguna-wifi-android
Dengan menerapkan cara ini Anda nantinya akan tahu siapa saja yang menyusup dan menggunakan wifi Anda secara bebas tanpa izin dan sepengetahuan Anda. Metode yang bisa Anda lakukan untuk mengecek pengguna wifi android tanpa izin bisa Anda simak dalam ulasan di bawah ini!

Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi Android 

Menggunakan Software Wireshark

Cara mengetahui aktivitas pengguna wifi android yang pertama adalah dengan memanfaatkan software bernama Wireshark. Software bernama Wireshark ini merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang secara spesifik dapat melakukan analisis paket data yang terdapat pada suatu jaringan seluler secara real time dan sekaligus menampilkan hasilnya dalam format yang mudah dipahami oleh pengguna.

Wireshark memiliki beragam fitur. Software ini pun dapat melakukan seperangkat paket filtering, paket color coding, proses sniffing dan berbagai fitur lain yang memungkinkan bagi setiap pengguna untuk melihat detail traffic jaringan dan inspeksi paket data secara individu. Untuk mencari tahu aktivitas pengguna wifi android menggunakan Wireshark, langkah – langkahnya sebagai berikut : 
  • Jika Anda masih belum punya software Wireshark di laptop atau pun PC, maka Anda perlu melakukan download lebih dahulu dengan cara mengunjungi website resminya di alamat https://www.wireshark.org/download.html (Langsung klik link tersebut untuk mengunduh software wireshark) 
  • Kemudian setelah proses downloadnya selesai, buka aplikasi dan ikuti instruksi yang diberikan sampai proses instalasinya benar – benar selesai.
  • Jika wireshark sudah terpasang pada perangkat, Anda perlu terkoneksi dengan jaringan LAN seperti halnya wifi atau Ethernet.
  • Kemudian selanjutnya pilih jaringan yang Anda ingin pantau pada tabel interface list. Jika Anda terhubung ke LAN dengan menggunakan kabel, maka Anda bisa pilih Ethernet. Sementara itu pilih wifi jika memang Anda terhubung secara nirkabel. Kalau sudah, klik start kemudian.
  • Nantinya Wireshark akan segera menampilkan berbagai paket data yang sedang berjalan pada jaringan yang Anda pilih. Untuk mengetahui suatu website yang sedang dibuka, ketik http pada bagian kolom filter dan kemudian tekan enter. 
  • Nantinya pilih salah satu data yang memiliki kata GET dan pada area sampingnya terdapat nama yang dapat dibaca. 
  • Klik pada hypertext transfer protocol yang terdapat di bagian bawah untuk melihat alamat suatu website yang sedang dibuka. Alamat IP pembuka website tersebut juga dapat Anda lihat pada bagian source.

Menggunakan Custom Firmware Pada Suatu Router 

Bagi Anda yang masih belum paham, router merupakan suatu perangkat keras yang digunakan menghubungkan beberapa jaringan baik itu berupa jaringan yang sama atau pun jaringan yang berbeda. Dengan setting router wifi, Anda pun akan mendapat tambahan koneksi internet yang kencang dan cenderung stabil.

Router ini agar dapat berfungsi dengan baik memiliki suatu firmware atau sistem operasi di dalamnya. Nah, firmware tersebut telah didesain dan telah diinstall oleh sebuah perusahaan produsen router ketika Anda sudah membelinya dan dapat digunakan mengetahui aktivitas pengguna wifi pada smartphone android. 


Menggunakan Transparent Proxy Server 

Terakhir, Anda bisa gunakan transparent proxy server untuk mengetahui aktivitas pengguna wifi. Transparent proxy server ini merupakan suatu server yang dapat digunakan mengarahkan suatu traffic website melalui proxy yang telah dibuat. 

Dengan memanfaatkan konfigurasi jaringan, Anda bisa melihat history web pengguna wifi karena suatu alamat URL dari masing – masing traffic dapat terlihat melalui log. Anda juga dapat mencoba proxy server squid sebagai cara yang tepat untuk melihat history wifi melalui transparent proxy server. 

Selain mendukung format HTTP dan juga format HTTPS, squid juga merupakan suatu alat yang sangat kompatibel dengan banyak sistem operasi seperti halnya LINUX atau pun Windows sehingga Anda pun bisa mendapatkannya dengan jauh lebih mudah.

Itulah beberapa cara mengetahui aktivitas pengguna wifi android yang bisa Anda terapkan. Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa cara di atas untuk mengetahui pengguna ilegal wifi Anda.  

No comments for "Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi Android"