Mengetahui Cara Cek FUP Indihome (Batas Pemakaian Kuota)

Mengetahui Cara Cek FUP Indihome (Batas Pemakaian Kuota)

Cara Cek FUP Indihome - Blogotech, Pada artikel yang lalu blogotech sudah membagikan informasi tentang cara cek kecepatan indihome. Nah pada kesempatan kali ini blogotech akan berbagi informasi lainnya seputar indihome, yaitu tentang cara cek FUP Indihome. Apa itu FUP? FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy atau batas pemakaian kuota internet indihome.

cara-cek-fup-indihome
Peraturan FUP / batas pemakaian kuota dari Indihome ini diberlakukan mulai tahun 2016 lalu. Hal ini ditujukan agar penggunaan kuota internet tidak melebihi batas (bandwith) yang sudah ditetapkan dari paket indihome. Alasannya sederhana, yaitu untuk membatasi pelanggan dalam melakukan aktivitas ilegal yang dapat merugikan pelanggan dan penyedia jasa.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya memang banyak terjadi pelanggaran dimana pelanggan banyak yang menggunakan bandwidth secara berlebihan. Bahkan menurut data yang dimiliki Telkom, ada pelanggan yang menghabiskan bandwidth sampai 10.000 GB per bulan. Wow sangat banyak sekali bukan?

Nah oleh karena itulah Telkom memberlakukan pembatasan penggunaan kuota internet indihome. Selain itu, Telkom juga menyediakan fitur untuk mengetahui FUP IndiHome. Tujuannya agar memudahkan pelanggan untuk mengetahui dan melihat FUP / batas pemakaian kuota pada layanan yang mereka gunakan.

Kepada siapa sajakah peraturan FUP ini diberlakukan? FUP diberlakukan pada pelanggan Indihome Fiber dengan minimal kecepatan 10 Mbps. Bagi pelanggan yang menggunakan layanan di bawah 10 Mbps tidak akan terkena peraturan FUP ini.

Bukankah internet indihome unlimited? Kecepatan internet indihome setelah FUP akan tetap nyaman jika digunakan dengan wajar, sehingga meski ada peraturan FUP, layanan akses internet Indihome tetap bisa digunakan secara unlimited.

Ketentuan FUP ini ialah penurunan kecepatan internet saat sudah mencapai FUP dalam periode 1 bulan. Jadi perhitungan FUP ini dilakukan secara bulanan. Penggunaan bandwidth /batas pemakaian kuota akan direset (di-nol-kan kembali) setiap awal bulan, sehingga penggunaan bandwidth pelanggan akan kembali nol pada awal bulan dan kecepatannya akan kembali seperti sedia kala.

Apakah FUP berlaku pada layanan Useetv? Tidak, peraturan FUP ini hanya diberlakukan pada layanan Internet. Jadi peraturan FUP tidak berlaku untuk layanan UseeTV. Selain itu tidak ada penambahan biaya bagi pelanggan yang menggunakan bandwidth melampaui FUP.

Batas FUP IndiHome 2020

Batas pemakaian kuota Indihome pada setiap layanannya berbeda-beda setiap paket/ jenis layanan. Aturan FUP dibuat berdasarkan jenis layanan. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat berikut ini daftar batasan FUP Indihome terbaru berdasarkan jenis paket:

1. FUP Indihome 10Mbps

2. FUP Indihome 20Mbps

3. FUP Indihome 30Mbps

4. FUP Indihome 40Mbps

5. FUP Indihome 50Mbps

6. FUP Indihome 100Mbps

Mengetahui Cara Cek FUP Indihome

Lalu bagaimana cara mengetahui batas pemakaian kuota internet Indihome? Untuk cara cek FUP Indihome bisa anda lakukan dengan beberapa cara, lebih jelasnya bisa anda baca berikut di bawah ini :

1. Cara Cek FUP Indihome Melalui Website Resmi

Cara paling umum untuk mengetahui FUP indihome ialah dengan melalui situs resmi Indihome. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :
  • Masuk ke halaman situs resmi IndiHome pada link indihome.co.id.
  • Lalu klik tombol myIndiHome yang berada di kanan atas, kemudian klik Masuk.
  • Silahkan anda masukan email yang digunakan saat daftar langganan indihome. Atau bisa juga menggunakan nomor telepon. Klik Selanjutnya. Masukan Password lalu lagi Selanjutnya.
  • Setelah berhasil login maka anda akan dialihkan ke laman profil. Di bagian bawah nantinya akan anda jumpai informasi Pemakaian Internet.
  • Atau jika tidak muncul, klik Nama Kita pada kanan atas, dan klik Status Langganan. Silahkan scroll ke bawah, maka anda akan melihat informasi FUP Indihome kita pada ‘Pemakaian Internet‘ anda. Lihat pada status bar-nya, apakah sudah melebihi batas atau belum.

2. Cara Mengetahui Batas Pemakaian Kuota Indihome Melalui SMS

Selain itu anda juga dapat mengetahui batas pemakaian kuota internet indihome dengan menggunakan fitur SMS. Fitur SMS ini dikenai biaya Rp. 350,- setiap 1 SMS. Bagaimana caranya? Berikut di bawah ini langkah-langkahnya :
  • Buka menu Pesan / SMS, masukkan format: ISP IH Kode Area+nomor telepon rumah yang terdaftar Indihome. Contoh : ISP IH 05114799345.
  • Kemudian kirim ke nomor 98108.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul balasan dari Telkom terkait informasi FUP Indihome anda.

Mengetahui batas pemakaian kuota indihome dengan SMS terbilang sangat mudah karena tidak membutuhkan login untuk melakukan pengecekan, hanya dengan menggunakan nomor telepon maka anda sudah dapat menceknya. Namun masalahnya jika mengecek FUP Indihome melalui SMS sering mengalami error dan tidak ada balasan dari Telkom.

Baca Juga : Cara Cek Kecepatan Internet Indihome

3. Cara Mengetahui FUP Indihome Lewat Aplikasi

Cara ketiga untuk mengetahui FUP indihome yang paling mudah dan praktis ialah dengan melalui aplikasi myIndiHome. Dengan menggunakan aplikasi myIndiHome maka anda cukup melakukan login sekali dan mencek FUP Indihome berulang-ulang tanpa harus login kembali. Selain itu anda juga dapat melihat jumlah tagihan dan sebagainya lewat aplikasi ini. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :
  • Donwload dan install aplikasi myIndiHome di Google Play Store untuk android dan App Store untuk iOS/iPhone.
  • Setelah aplikasi terinstall, silahkan jalankan aplikasi dan lakukan Login dengan cara Masukan email dan password. Jangan lupa centang pada menu Ingat Saya agar tidak harus login berulang-ulang. Lalu klik tombol Masuk 
  • Setelah berhasil login maka anda akan menemukan informasi Pemakaian Internet pada halaman beranda aplikasi. Selain itu juga akan ada informasi nominal tagihan dan lain-lainnya.

4. Cara Cek FUP Indihome Lewat Call Center IndiHome

Selain itu, Telkom juga menyediakan jasa cek FUP internet Indihome melalui Call Center resmi. Tarif untuk melakukan panggilan ke Call Center Indihome ialah Rp. 1.000,-/menit. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut di bawah ini :
  • Buka menu panggilan pada ponsel kita. Lalu lakukan panggilan ke nomor pusat layanan (Call Center) Indihome berdasarkan tempat tinggal kita. Nomor Indihome ialah 147. Maka tambahkan kode berdasarkan daerah. Contoh : Marabahan 0511 maka panggilannya ke 0511-147
  • Tunggu beberapa saat hingga terhubung dengan customer service Indihome.
  • Jika sudah terhubung, silahkan anda tanyakan terkait informasi FUP Indihome dari layanan yang anda gunakan. Nantinya anda akan ditanyakan No. Telpon atau No. Internet.
  • Selanjutnya anda akan diberikan informasi terkait pemakaian kuota Indihome yang sudah terpakai dan batas pemakaian kuota / FUP tersisa.

5. Cara Mengetahui FUP Melalui Media Sosial Indihome

Selain itu anda juga dapat melakukan pengecekan FUP indihome dengan menanyakannya melalui media sosial resmi Indihome. Media sosial resmi Indihome yang paling aktif ialah akun Facebook / Messengernya yang bisa anda chat ke @IndiHome. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :
  • Buka aplikasi Facebook Messenger.
  • Ketikan @IndiHome pada kolom pencarian chat.
  • Pilih akun dengan tanda ceklist biru yang menandakan akun resmi Official IndiHome.
  • Selanjutnya anda hanya tinggal mengirim pesan berupa pertanyaan terkait cek kuota FUP Indihome yang anda gunakan.
  • Nanti anda akan menerima balasan dan diminta No. Telepon atau No. Internet.
Namun perlu diketahui, layanan customer care IndiHome di media sosial tidak begitu cepat responnya sehingga balasan yang akan anda dapatkan mungkin sedikit lebih lama. Selain melalui akun resmi Facebook, anda juga dapat menghubungi Indihome lewat akun resmi Indihome di Twitter dan Instagram.

6. Cara Mengetahui FUP Indihome di Plasa Telkom

Cara terakhir untuk mengetahui batas pemakaian kuota internet ialah dengan menanyakannya langsung di Plasa Telkom terdekat. Selain untuk mengetahui batas penggunaan kuota internet Indihome, anda juga bisa mendapatkan informasi lebih rinci terkait layanan Indihome yang lainnya. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :
  • Siapkan terlebih dahulu data terkait layanan Indihome yang anda gunakan, seperti No. Telpon atau No. Internet. Jangan lupa juga membawa KTP yang digunakan saat mendaftar.
  • Pastikan anda datang ke Plasa Telkom di jam kerja / jam buka, yaitu : Senin-Jum’at (08.00-16.00) dan Sabtu (08.00-12.00).
  • Silahkan ambil antrian dari mesin antrian, tunggu beberapa saat hingga Customer Service Indihome memanggil nomor antrian anda.
  • Silahkan ajukan pertanyaan terkait informasi FUP Indihome di CS.
  • Nantinya anda akan diminta No. Internet dan identitas pelanggan sebagai validasi. Setelah itu anda akan dijelaskan terkait informasi FUP IndiHome.

Nah itulah tadi cara cek FUP / batas pemakaian indihome. Dengan mengetahui batas pemakaian kuota internet, maka anda dapat bisa lebih "irit" dan menjaga pemakaian kuota internet anda. Namun bagi anda yang memang tidak terlalu memakai kuota internet berlebihan rasanya tidak perlu khawatir terkait FUP indihome ini.

Demikianlah artikel blogotech kali ini terkait cara mengetahui FUP indihome. Jika ada pertanyaan terkait artikel di atas bisa ditanyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Atau jika memiliki masalah terkait layanan Indihome bisa langsung menghubungi Call Center Indihome untuk Layanan dan Pengaduan. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.