Cara Cek Kecepatan Indihome (Speed Test Indihome)

Cara Speed Test Indihome - Blogotech, Pada kesempatan kali ini blogotech akan berbagi informasi tentang cara mengetahui kecepatan internet indihome. Apakah anda merasa kecepatan internet indihome anda mulai lambat atau terlalu lelet? Nah untuk itu penting rasanya anda mengetahui cara cek kecepatan indihome untuk memastikannya apakah memang sedang terjadi gangguan kecepatan ataukah masalah pada gadget yang anda gunakan.

cara-cek-kecepatan-indihome
Seperti yang kita ketahui bahwa Indihome (awalnya Speedy) merupakan layanan Internet yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini dikarenakan indihome memiliki jangkauan yang luas jika dibandingkan dengan penyedia layanan internet lainnya.

Namun walaupun menjadi layanan internet yang paling banyak digunakan, tidak serta merta menjadikan indihome sebagai layanan internet terbaik. Beberapa pengguna sering mengeluhkan adanya gangguan yang sering muncul, seperti kecepatan internet yang tidak stabil dan sering lelet (gangguan).

Apalagi jika kecepatan internet indihome kta tidak sesuai dengan paket yang kita bayar. Misalkan kita menggunakan paket dengan kecepatan 20Mbps tapi yang kita dapatkan justru di bawah 10Mbps? Nah untuk memastikan kecepatan internet indihome yang kita gunakan ada baiknya kita melakukan speed test untuk mengetahui berapa kecepatan indihome kita, apakah sedang terjadi masalah atau tidak.

Apakah anda sudah tahu cara cek kecepatan indihome? Untuk mengetahui kecepatan internet indihome bisa anda lakukan dengan banyak cara, baik itu lewat PC / laptop maupun dicek dengan menggunakan android / iPhone. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca berikut di bawah ini :

Cara Cek Kecepatan Indihome Lewat Laptop / PC

Cara mengetahui kecepatan internet indihome dengan menggunakan laptop / PC dapat anda lakukan dengan beberapa cara. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat dan pilih di bawah ini cara mana yang ingin anda gunakan :

1. Mengetahui Kecepatan Indihome dengan Speedtest

Cara cek kecepatan internet indihome pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan layanan dari situs tes kecepatan internet Speedtest. Situs ini terbilang akurat untuk mengetahui kecepatan internet yang sedang anda gunakan. Caranya ialah sebagai berikut :
  • Masuk ke situs resmi Speedtest pada link: www.speedtest.net.
  • Tunggu hingga laman termuat sempurna. Kemudian klik tombol ‘GO‘.
  • Tunggu hingga proses pengujian selesai. Situs Speedtest akan melakukan pengujian dalam tiga aspek, yaitu kualitas Ping, kecepatan Download dan Upload.
  • Jika sudah selesai nanti akan muncul hasil pengujian tiga aspek tadi, mulai dari kualitas Ping, kecepatan Download dan Upload.

Hasil cek kecepatan indihome dari speedtest tersebut dapat anda bagikan ke media sosial. Selain itu, anda juga dapat melakukan pengujian kecepatan jaringan indihome lebih dalam dengan memilih menu Settings. Disana anda dapat mengatur beberapa setelan, termasuk memilih server yang digunakan untuk melakukan pengecekan.

Perlu anda ketahui, jika pada hasil pengecekan kecepatan indihome melalui situs speedtest didapatkan nilai Ping yang besar, maka hal tersebut menandakan kualitas internet anda sangat buruk. Sebaliknya jika didapatkan nilai kecepatan Download dan Upload semakin besar, maka berarti kualitas internet semakin baik / stabil.

Baca Juga : Mengetahui Cara Cek Username dan Password Indihome Lupa

2. Mengetahui Kecepatan Indihome dengan Google

Selain dengan menggunakan speedtest, kita juga dapat mengetahui kecepatan internet dengan layanan Google. Fitur uji kecepatan internet ini merupakan hasil kerjasama Google degan M-Lab. Layanan ini dapat digunakan untuk berbagai provider internet termasuk indihome. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :
  • Buka browser Google lalu ketikkan / search ‘Internet Speed Test‘ atau ‘Uji Kecepatan Internet
  • Nanti akan tampil menu Uji Kecepatan Internet. Silahkan anda klik tombol Jalankan Uji Kecepatan.
  • Nanti akan muncul jendela pop up pengujian kecepatan internet berdasarkan kecepatan Download dan Unggah.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai maka akan ditampilkan hasil uji kecepatan internet indihome anda.

Selain itu nanti juga akan ditampilkan keterangan dari status kecepatan internet yang digunakan. Seperti ”Sambungan Internet anda seharusnya dapat menangani beberapa perangkat yang streaming video HD secara bersamaan.”

Jika anda mencoba cara 1 dan 2 untuk cek kecepatan internet nantinya mungkin mendapatkan hasil yang berbeda. Kenapa bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan server pengujian yang digunakan antara Speedtest dan Google berbeda sehingga hasilnya juga akan sedikit berbeda. Jika pada Speedtest biasanya menggunakan server terdekat untuk pengujiannya, sedangkan Google menggunakan server Singapore. Walaupun begitu biasanya hasilnya tidak akan jauh berbeda.

3. Mengetahui Kecepatan Indihome dengan CMD

Selain kedua cara di atas, anda juga bisa melakukan cek kecepatan internet dengan menggunakan CMD yang ada di dalam komputer / PC masing-masing. Bagaimana caranya? Berikut di bawah ini langkah-langkahnya yang bisa anda simak :
  • Buka program CMD dengan menggunakan fitur pencarian “CMD” atau dengan langsung menekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  • Setelah CMD terbuka, silahkan masukkan format ping 8.8.8.8 -t -l 1000 lalu tekan tombol Enter.
  • Tunggu sampai beberapa saat akan tampil hasil pengujian dari jaringan internet indihome yang anda gunakan berupa angka / simbol

Bagaimana cara membacanya?
  • Simbol time/angka semakin kecil maka menandakan kecepatan internet Indihome semakin cepat.
  • Simbol time/angka semakin besar maka menandakan kecepatan internet Indihome semakin lambat.
  • Simbol Request time out menandakan bahwa koneksi internet Indihome tidak stabil atau terputus-putus.

Cara Cek Kecepatan Indihome Lewat Android / iPhone

Selain dengan menggunakan PC anda juga dapat melakukan uji kecepatan internet dengan menggunakan android / iPhone. Jadi tidak masalah jika anda tidak mempunyai PC / laptop namun ingin mengetahui kecepatan indihome.

Bagaimana cara cek kecepatan indihome dengan android / iPhone? Yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Speedtest. Langkah-langkahnya bisa anda ikuti di bawah ini :

  • Download dan install aplikasi Speedtest di Google Play untuk Android dan App Store untuk iOS/iPhone.
  • Setelah terinstall, silahkan jalankan aplikasi dan tekan tombol MULAI.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi melakukan pengecekan kecepatan internet melalui kualitas Ping, kecepatan Unduh dan Unggah.
  • Cara membacanya sama seperti kita melakukan pengecekan kecepatan internet melalui situs resmi Speedtest

Selain itu ada beberapa fitur menarik dari aplikasi Speedtest ini. Mulai dari VPN untuk membuka situs yang diblokir, fitur Hasil untuk mengetahui hasil pengujian terdahulu dan fitur Alat untuk melihat cakupan peta jaringan dan Speedtest Live.

Nah itulah tadi cara cek kecepatan internet indihome. Cara tersebut bisa anda lakukan yang mana saja baik melalui PC / laptop ataupun melalui android / iPhone. Namun terkadang ada beberapa hasil yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Bisa saja dari hasil pengecekan kecepatan indihome diketahui kecepatan internet kita lebih rendah atau tidak sesuai dengan paket yang dipakai. Ada beberapa penyebab yang mendasarinya, pertama bisa karena jaringan internet kita tes sedang digunakan oleh beberapa perangkat (terbagi), penggunaan bandwidth melebihi FUP IndiHome / batas pemakaian kuota atau justru memang sedang terjadi gangguan.

No comments for "Cara Cek Kecepatan Indihome (Speed Test Indihome)"