3 Solusi Mengatasi NISN Tidak Terdaftar

Mengatasi NISN Tidak Terdaftar - Blogotech, Pada artikel yang lalu blogotech sudah berbagi tutorial cara mengetahui NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) terbaru lewat dapodik online. Namun mungkin beberapa orang akan mengalami beberapa masalah saat mencek NISN. Salah satu masalah yang cukup membuat pusing ialah NISN tidak terdaftar dalam dapodik.

solusi-mengatasi-nisn-tidak-terdaftar
Padahal NISN ini sangat diperlukan untuk kebutuhan registrasi atau pada saat hendak UN. Apalagi jika kartu NISN anda yang dulu pernah diberikan sekolah sudah anda hilangkan. Sedangkan saat mencek di situs Kemdikbud NISN anda tidak ditemukan alias tidak terdaftar. Lalu apa yang harus anda lakukan?

Jangan panik ada beberapa solusi bagaimana cara mengatasi NISN yang tidak terdaftar di dapodik atau kemdikbud. Solusi ini akan blogotech bagikan pada artikel ini. Dengan mengetahui cara mengatasi NISN yang tidak terdaftar maka anda tidak perlu risau lagi mengenai NISN anda.

Sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu mengapa NISN sampai tidak terdaftar di dapodik? Ada beberapa penyebab kenapa NISN tidak terdaftar, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Proses input data masih berlangsung
  • Data siswa belum diajukan oleh sekolah yang bersangkutan
  • Kesalahan input data sehingga menyebabkan ketidakcocokkan antara data di web dengan data asli

Lalu bagaimana cara mengatasi NISN yang tidak terdaftar? Ada 3 solusi untuk mengatasi NISN yang tidak terdaftar. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan jika NISN tidak terdaftar :

1. Konsultasikan ke Sekolah

Langkah pertama adalah coba anda laporkan dulu masalah ini ke sekolah anda. Siapa tahu hal ini memang dikarenakan sekolah anda belum menginput data profil anda ke pemerintah pusat. Jika memang disebabkan hal tersebut maka anda tinggal menunggu waktu saja hingga pihak sekolah menyerahkan datanya ke pemerintah pusat. Setelah itu baru anda bisa mengecek lagi NISN anda di situs Kemdikbud apakah sudah terdaftar atau belum.

Namun, jika sekolah anda mengatakan bahwa sudah melakukan input data namun NISN anda masih belum ditemukan atau tidak terdaftar maka anda bisa mencoba langkah berikutnya / cara kedua.

2. Bertanya ke Sekolah Dasar Anda

Perlu anda ingat bahwa NISN ini berlaku dari sejak SD hingga SMA dan nomornya tidak pernah berubah ataupun diganti. Jika sekolah anda sekarang tidak dapat menemukan NISN anda maka coba anda tanyakan kepada bagian administrasi sekolah dasar anda. Siapa tahu pihak administrasi masih memegang NISN anda sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi mencarinya.

3. Menghubungi Call Center Kemdikbud

Jika kedua cara di atas sudah anda lakukan namun masih belum mendapatkan NISN anda, maka ini merupakan solusi dan langkah terakhir yang bisa anda lakukan. Solusi terakhir mengatasi NISN tidak terdaftar ialah dengan menanyakan langsung kepada Kemdikbud.

Anda bisa menanyakannya dengan menghubungi call center Kkemdikbud. Call center ini memang disediakan untuk mengatasi pengguna yang mengalami keluhan NISNnya tidak dapat ditemukan / tidak terdaftar. Call center Kemdikbud yang bisa anda hubungi adalah berikut di bawah ini :
  • (021) 57905777
  • (021) 57904804
  • (021) 5703303

Bagaimana cara menanyakannya? Anda cukup berkata "Selamat Pagi. Saya (nama lengkap) dari sekolah (nama sekolah). Saya sedang kesulitan mencari NISN saya karena tidak ditemukan ketika dicek secara online di situs resmi Kemdikbud". Setelah itu nanti anda akan dipandu dan dibimbing langsung oleh operator yang terhubung.

Nah itulah tadi 3 solusi mengatasi NISN tidak terdaftar atau tidak ditemukan. Anda bisa mengikuti 3 langkah di atas untuk mendapatkan NISN anda. Semoga artikel ini membantu, terima kasih sudah berkunjung. Baca juga artikel blogotech tentang Cara Cek NPSN Online. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin anda tanyakan bisa melalui kolom komentar di bawah.

2 comments for "3 Solusi Mengatasi NISN Tidak Terdaftar"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.