Cara Cek NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) Secara Online

Cara Cek NPSN Online - Pada kesempatan kali ini blogotech akan berbagi informasi tentang cara cek NPSN secara online. Apa itu NPSN? NPSN merupakan singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) ialah kode pengenal yang dimiliki masing-masing sekolah dan bersifat unik. Kode NPSN ini berbeda-beda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. NPSN sendiri adalah update dari NIS (Nomor Induk Sekolah) dulu.

cara-cek-npsn
Kegunaan NPSN ini ialah untuk mempermudah pengelolaan data satuan pendidikan. Dasar hukum pengembangan NPSN adalah Pemendikbud No.99 tahun 2013 tentang "Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Kemendikbud", Inmen Kemendikbud No. 2 Tahun 2011 tentang "Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan Menteri Pendidikan Nasional" dan Surat Keputusan Kabalitbang Diknas No. 3574/.G.G4/KL/209, tanggal 22 Oktober 2009, tentang "NPSN sebagai Nomor Unik Satuan Pendidikan".

Format kode NPSN ini terdiri atas 8 digit secara acak. Untuk mengetahui NPSN tidak sama seperti cara cek NISN yang pernah blogotech bagikan sebelumnya karena NPSN dikelola oleh Kemendikbud langsung. Langkah-langkah cara cek NPSN bisa anda ikuti berikut di bawah ini :

1. Masuk ke Situs / Website Resmi NPSN

Untuk mengetahui nomor pokok sekolah nasional (NPSN) bisa anda lakukan dengan mengunjungi situs resmi kemendikbud pada link: http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index.php, nantinya akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
cara-mengetahui-npsn

2. Klik Menu "Data Master Pendidikan"

Setelah masuk ke beranda situs resmi kemendikbud, selanjutnya silahkan pilih menu "Data Master Pendidikan". Maka nanti akun muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
cara-melihat-npsn

3. Pilih Satuan Pendidikan Sekolah yang Akan Anda Cek NPSN-nya

Setelah anda klik Data Master Pendidikan, maka silahkan pilih satuan pendidikan yang ingin anda cek NPSN-nya. Terdapat 4 Satuan Pendidikan, yaitu Pendidikan Dasar & Menengah, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Masyarakat (Dikmas) dan Pendidikan Khusus.

Selanjutnya anda hanya tinggal mencari NPSN sekolah sesuai tingkat satuan pendidikannya. Pada artikel kali ini blogotech akan membagikan contoh untuk mencari NPSN pada SD, SMP DAN SMA. Berdasarkan satuan pendidikannya, maka ini akan dikategorikan dalam Pendidikan Dasar & Menengah.

Untuk contoh cara cek NPSN Pendidikan Dasar & Menengah (SD, SMP, SMA sederajat) langkah-langkahnya bisa anda ikuti seperti di bawah ini :
  • Pilih Provinsi sekolah yang akan anda cek NPSN-nya
  • Pilih nama Kabupaten tempat sekolah yang akan anda lihat NPSN-nya
  • Pilih nama kecematan lokasi sekolah yang akan anda ketahui NPSN-nya
  • Jika anda ingin melihat semua data NPSN sekolah dari jenjang SD sampai SMA maka silahkan klik pada tulisak "semua"
  • Jika anda ingin melihat NPSN sekolah yang ingin anda cari saja maka silahkan klik jenjang sesuai sekolah yang akan anda cari apakah SD, SMP atau SMA
  • Setelah itu maka semua data NPSN sekolah di kecamatan tersebut akan muncul, silahkan cari NPSN sekolah yang ingin anda cek berdasarkan nama sekolahnya
  • Selain itu anda juga dapat mengetahui alamat sekolah dengan mengklik NPSN yang tampil

Nah itulah tadi cara mudah cek NPSN secara online mulai dari SD, SMP hingga SMA sederajat. Sangat mudah sekali bukan caranya? Jika terdapat kesulitan dalam mengetahui cara cek NPSN maka bisa anda tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

NB : Kadang terdapat masalah saat membuka website resmi Kemdikbud tidak dapat diakses dan muncul tulisan "Your Connection is Not Secure". Coba pada lain waktu sepi pengunjung, jika masih belum bisa silahkan baca artikel Solusi Insecure Connection untuk mengatasinya.

No comments for "Cara Cek NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) Secara Online"