2 Cara Mengetahui NISN Terbaru Lewat Dapodik Online

Cara Mengetahui NISN - Blogotech, Pada kesempatan kali ini blogotech akan berbagi informasi cara mengetahui NISN. Apakah anda sudah mengetahui apa itu NISN? NISN merupakan singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN adalah layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Yang mana artinya NISN ini merupakan data yang dikelola kemdikbud.

cara-mengetahui-nisn
NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan sudah terdaftar pada Referensi Kemdikbud. Namun masih banyak siswa/ siswi yang belum mengetahui NISN miliknya. Hal ini biasanya terjadi karena kesalahan orang tua siswa yang tidak mendaftar ulang atau karena kesalahan pihak sekolah.

NISN siswa tidak tercantum pada rapor ataupun daftar absensi di sekolah. Padahal NISN ini sangat penting digunakan pada saat pelaksanaan UN. Itu sebabnya banyak kasus siswa kelas 9 dan 12 tidak bisa ikuti melaksanakan UN karena tidak mengetahui NISN. Padahal sejatinya setiap siswa/ siswi pasti memiliki NISN. Umumnya kesalahan ini terjadi disebabkan oleh orang tua anak yang melewatikan NISN pada saat mendaftar ulang.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan suatu deretan angka unik yang diberikan kepada tiap siswa mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA. NISN sendiri terdiri dari sepuluh angka unik. Tiga angka pertama merupakan tahun kelahiran siswa tersebut. Sebagai contoh, misalkan siswa lahir pada tahun 2008, maka penulisan NISNnya adalah 3 angka tahun kelahiran disertai 7 angka unik. Contoh : 0084802838

NISN ini nantinya akan sangat berguna pada saat menjelang pengambilan rapor, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga penyeleksian masuk universitas negeri. Baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Bahkan NISN ini akan digunakan saat UN nanti.

Lalu bagaimana cara mengetahui NISN siswa? Berikut blogotech lampirkan cara cek NISN terbaru secara online. Umumnya ada 2 cara, yakni sebagai berikut :

1. Cara Mengetahui NISN Lewat Situs Kemdikbud

Cara pertama untuk mengetahui NISN ialah lewat situs resmi Dapodik (Data Pokok Pendidikan Indonesia) dari Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud). Caranya sangat mudah, bisa anda ikuti berikut di bawah ini :

1. Silahkan anda masuk ke situs cek NISN Kemdikbud dengan cara melalui link berikut nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

2. Kemudian silahkan anda pilih menu Pencarian NISN Berdasarkan Nama
cara-mengetahui-nisn-dapodik-online

3. Lalu silahkan anda masukkan Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Nama Ibu sesuai dengan identitas anda. Jika sudah silahkan anda klik tombol ' Cari' maka NISN anda akan muncul
cara-mengetahui-nisn-dapodik-online

2. Cara Mengetahui NISN Lewat Aplikasi Android

1. Silahkan anda download aplikasi Data NISN di Google Play Store atau bisa langsung dengan mengklik tombol download di bawah ini :

2. Setelah menginstal, buka dan jalankan aplikasi Data NISN

3. Pilih menu 'CARI NISN'
cara-mengetahui-nisn-aplikasi-android

4. Lalu masukkan identitas-identitas anda di kolom isian yang tersedia. Jika sudah, klik tombol 'CARI'.
cara-mengetahui-nisn-aplikasi-android

Salah satu kelebihan aplikasi Data NISN ini adalah anda dapat melakukan bookmark data NISN yang sudah anda cek. Sehingga, anda dapat mengecek NISN itu kembali meski anda sedang tidak dalam koneksi internet.

Masalah Seputar Cek NISN

1. Data NISN Ganda (Lebih Dari Satu)

NISN ganda atau muncul lebih dari satu merupakan masalah yang sering terjadi. Biasanya, penyebabnya adalah pihak administrasi SMP atau SMA mengajukan NISN yang baru kepada Dapodik sehingga siswa memiliki NISN baru. Padahal, siswa telah memiliki NISN sebelumnya dari SD atau SMP.

Untuk masalah ini, pihak Dapodik telah meresponsnya dengan memberikan dua solusi. Pertama, pilihlah NISN yang sudah divalidasi atau digunakan di sekolah pendidikan terakhir siswa (misalnya SMA). Solusi kedua, jika tidak mengetahui mana NISN yang digunakan sekolah, maka pilihlah NISN dengan jumlah angka paling sedikit.

2. Tidak Bisa Mengakses Situs Dapodik Kemdikbud

Untuk masalah kedua ini anda bisa mengatasinya dengan menggunakan aplikasi NISN untuk android. Jika masih tidak bisa, maka tunggulah beberapa saat. Bisa saja ini terjadi dikarenakan server sedang mengalami down. Cara lain, cobalah anda cek pada jam-jam sepi. Misalnya, jam 12 malam atau jam 3 pagi.

3. NISN Tidak Ditemukan

Mungkin banyak juga yang mengalami masalah ini yang tentunya sangat meresahkan. Setelah dicek, NISN siswa malah tidak ditemukan. Padahal data yang diisi sudah benar. Untuk mengatasi ini ada beberapa cara yang harus anda lakukan, untuk lebih jelasnya bisa anda baca pada artikel solusi mengatasi NISN tidak terdaftar.

Nah itulah tadi 2 cara mengetahui NISN terbaru lewat dapodik online. Dari kedua cara tersebut terserah anda ingin menggunakan cara yang mana yang lebih mudah bagi anda. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

1 comment for "2 Cara Mengetahui NISN Terbaru Lewat Dapodik Online"

  1. I loved as much as you'll receive carried out right here.
    The sketch is attractive, your authored subject matter stylish.
    nonetheless, you command get bought an edginess over that you wish be delivering the following.
    unwell unquestionably come further formerly again since exactly the same
    nearly very often inside case you shield this hike.

    ReplyDelete

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.