Daftar Penerima Bansos 2023 Untuk Semua Program BLT, BST, BPNT dan PKH

Daftar Penerima Bansos 2023 - Blogotech, Daftar penerima bansos 2023 dari Kementerian Sosial masih berlanjut hingga sekarang, terdapat beberapa kategori program bantuan diantaranya BLT, BST, BPNT, dan PKH. Masing-masing program berbeda berdasarkan pada kriteria penerimanya dan jenis bantuan.

Setiap masyarakat yang merasa layak dan memenuhi kriteria pada program bantuan bisa juga mendaftarkan diri sebagai penerima. Jadi, tidak harus menunggu dari kantor kelurahan setempat. Cukup membawa syarat untuk mendaftar dan datang pada petugas di kantor RT/RT atau kelurahan.

Saat ini daftar penerima bansos 2023 sudah hampir merata ke seluruh negeri. Bantuan ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah mendapatkan kehidupan yang layak atau sejahtera.

Apa Saja Program Bansos 2023 dari Kemensos?

daftar-penerima-bansos-blt-bst-bpnt-pkh
Program bansos 2023 dari Kementerian Sosial Republik Indonesia cukup beragam. Bagi masyarakat pra sejahtera bisa mendapatkan bantuan melalui program-program berikut di bawah ini :

1. Program Bansos BLT

Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan bansos dalam bentuk uang yang diberikan langsung pada masyarakat miskin. Nominalnya adalah 600 ribu perbulan dan diberikan tanpa adanya potongan biaya.

Latar belakang pelaksanaan program ini berubah, misalnya ketika pandemi terjadi maka pemerintah memberikan BLT ini untuk kategori masyarakat yang terdampak. Seperti kelompok yang terkena PHK, penurunan pendapatan usaha, dan lainnya.

Kemudian BLT sempat berubah juga ketika terjadi kenaikan BBM. Ketika kenaikan BBM, pemberian BLT diperuntukan bagi pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan standar gaji di bawah UMR.

2. Program Bansos BST

Bantuan Sosial Tunai (BST) hampir serupa dengan BLT, hanya saja penerima program ini harus terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Penerima terbatas pada kalangan masyarakt dengan kondisi ekonomi ke bawah.

Program bantuan berupa bantuan uang tunai yang berlangsung dalam rentang waktu tertentu. Jumlah bantuan mencapai 600 ribu rupiah setiap bulan tanpa ada potongan biaya lainnya

3. Program Bansos BPNT

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program dari pemerintah untuk membantu masyarakat kalangan menengah ke bawah memenuhi kebutuhan hidup setiap bulannya. Bantuan yang diberikan berupa penyaluran sembako setiap bulan.

Tidak hanya sembako, bantuan dalam bentuk uang tunai juga akan diberikan setiap bulannya. Penerima bantuan ini diutamakan adalah lansia dan orang-orang yang berada dalam taraf kemiskinan yang buruk.

4. Program Bansos PKH

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bansos dari Kemensos yang telah berlangsung sejak tahun 2007. Bantuan ini fokus dalam menyejahterakan kelompok masyarakat yang telah berkeluarga tetapi memiliki keadaan ekonomi ke bawah.

Bantuan yang diberikan cukup kompleks sesuai kriteria keluarga yang terdapat di dalamnya. Bantuan tetap yang di dapat berupa uang tunai. Kemudian terdapat tunjangan tambahan jika terdapat anggora keluarga yang sedang hamil.

Selain itu juga terdapat bantuan kesehatan gratis, bantuan untuk pendidikan anak, bantuan untuk anggota keluarga yang sudah lansia, dan bantuan untuk disabilitas berat.

Empat program di atas masih berlangsung hingga tahun ini dan terbuka untuk siapapun yang ingin mendaftarkan diri. Masing-masing program memiliki bentuk bantuan yang berbeda, ada yang berupa bantuan tunai dan non-tunai.


Cara Daftar Penerima Bansos 2023

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai penerima bansos tahun ini bisa mengajukan diri melalui aplikasi atau mendaftarkan langsung ke kantor kelurahan sesuai domisili KTP. Cara daftar penerima bansos 2023 adalah sebagai berikut :
  • Merupakan Warga Negera Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kartu identitas KTP dan KK.
  • Memiliki bukti yang mendukung bahwa kamu memenuhi kriteria penerima salah satu program bansos, seperti Surat Keterangan Tidak Mampu dan lainnya.
  • Khusus untuk program bantuan pra sejahtera harus melewati proses pengecekan kondisi rumah. Rumah dalam kondisi tidak berlantai layak dengan penggunaan listrik tidak lebih dari 450 Watt

Syarat lainnya bisa ditanyakan langsung pada petugas setempat. Bantuan diberikan dalam bentuk tunai umumnya memiliki nominal 600 ribu rupiah perbulan. Selain itu ada juga bantuan berupa sembako setiap bulannya.

Nah, itulah informasi mengenai daftar penerima bansos 2023 untuk semua program bantuan dari Kemensos. Setiap program memiliki kriteria penerima yang berbeda dengan kategori bantuan tunai dan non-tunai.

No comments for "Daftar Penerima Bansos 2023 Untuk Semua Program BLT, BST, BPNT dan PKH"