7 Daftar Bansos Cair Tahun 2023 Dari Kementerian Sosial Terupdate

Daftar Bansos Cair - Blogotech, Daftar bansos cair tahun 2023 dari Kementerian Sosial yang terbaru banyak yang berubah, beberapa program telah ditutup seiring dengan perubahan kondisi sosial di Indonesia. Misalnya saja seperti program BLT untuk menanggulangi perekonomian ketika pandemi yang telah berakhir seiring dengan berkurangnya wabah covid sekarang.

Kemudian ada juga program bantuan BLT BBM 2023 yang dibuka akhir tahun 2022 lalu sebagai bentuk tanggungjawab atas kenaikan harga bahan bakar. Baik BLT pandemi ataupun BBM, keduanya bersifat bantuan tunai dengan jumlah Rp600.000/bulan untuk setiap penerima dalam rentang waktu tertentu. Untuk mendapatkan bantuan ini bisa dengan cara daftar bansos 600RB online.

Kriteria penerima pun disesuaikan dengan latar belakang bansos tersebut. Terlepas dari dua bantuan sosial yang telah berakhir di atas, ternyata Kementerian Sosial masih memiliki banyak program lainnya yang diperuntukan bagi masyarakat kategori pra sejahtera.

Setidaknya untuk tahun 2023 ini masih terbuka tujuh program bansos, baik berupa bantuan tunai ataupun non-tunai. Bahkan pemerintah juga memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin mengajukan diri sebagai penerima dengan ketentuan memenuhi syarat dan kriteria yang diminta.

Buat yang belum tahu apa saja program pra sejahtera yang diberikan oleh pemerintah. Sebaiknya simak informasi dari blogotech berikut ini dan kamu bisa juga daftar bansos cair tahun 2023 di bawah ini secepatnya :

7 Daftar Bansos Cair Tahun 2023 Terupdate

daftar-bansos-cair-terupdate
Bantuan sosial yang dari Kementerian Sosial ini merupakan upaya untuk mengatasi kemiskinan di Indonesia. Oleh karena itu, setiap penerima harusnya merupakan orang yang benar-benar layak untuk menerima bantuan ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kriteria masing-masing daftar bansos cair tahun 2023, berikut ini informasi lengkapnya :

1. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)

Bansos PKH merupakan program yang sudah berjalan sejak tahun 2007 dan masih berlanjut hingga saat ini. Sudah banyak keluarga Indonesia yang merasakan dampak dari bantuan ini, terutama dalam menunjang perekonomian, layanan kesehatan, dan pendidikan.

Bentuk bantuannya berupa dana tunai untuk keluarga setiap tahunnya dengan nominal yang berubah berdasarkan keputusan terbaru. Kemudian juga terdapat bantuan non-tunai, seperti menyediakan iuran kesehatan secara gratis, subsidi listrik, bantuan pendidikan atau yang lainnya.

Kriteria utama penerima PKH adalah merupakan kelompok keluarga kurang mampu. Penerima harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diperoleh dari laporan kepala desa. 

Jika kamu merasa layak menerima bantuan ini, namun belum pernah menerimanya, kamu bisa cek bansos kemensos dan mengajukan diri sebagai penerima dengan mendatangi kantor desa terdekat. Berikut ini syarat umum yang harus dibawa :
  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) sah yang dibuktikan dengan KTP dan KK resmi.
  • Bukan merupakan orang yang bekerja atau pensiunan dari ASN, PNS dan TNI/POLRI.
  • Membawa bukti mengenai kondisi perekonomian, seperti foto rumah terbaru, rekening tagihan listrik, dan lainnya.
  • Merupakan kepala keluarga yang tidak mampu tetapi memiliki banyak tanggungan.

Jika merasa memenuhi persyarakatan di atas, maka kamu bisa mengajukan usulan ke kantor desa terdekat. Berikut ini langkah-langkah umum untuk proses pengajuan dan cara cek bansos PKH 2023 :
  • Pengaju mendatangi kantor desa atau RT/RW setempat sesuai domisili KTP/KK, kemudian daftarkan diri pada petugas bansos terkait.
  • Dengan mendaftarkan diri, maka petugas akan mengajukan usulan penambahan penerima bantuan sosial PKH. Namun, usulan ini tidak langsung disetujui, melainkan harus melalui proses musyarawah dengan pemimpin desa setempat.
  • Proses musyawarah ditujukan agar proses seleksi lebih cermat sehingga program PKH tidak salah sasaran.
  • Jika usulan telah disetujui, maka pihak kantor desa akan menginput data pengaju pada sistem pusat di situs resmi Kemensos, https://siks.kemensos.go.id/ 
  • Kemudian menunggu hingga data usulan diverifikasi dan divalidasi oleh kepala daerah setempat, yaitu Walikota/Bupati untuk diteruskan kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia.
  • Nantinya dari pusat akan memberikan perintah untuk melakukan pengecekan lapangan ke lingkungan rumah pengaju untuk mengetahui keabsahan data.
  • Terakhir, petugas lapangan akan memberikan validasi terkait layak atau tidak layaknya pengaju menerima bantuan PKH tersebut.

Tahapan untuk menjadi penerima program PKH memang cukup panjang. Ini karena bansos ini bersifat jangka panjang dan jumlah pendanaannya cukup besar. Cara mengecek bansos diterima atau tidak bisa melalui aplikasi atau website dengan input NIK.

2. Bansos Pangan Non Tunai (BPNT)

Program BPNT merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat menengah ke bawah berupa sembako dan dana tunai perbulannya. Total bantuan yang diterima oleh penerima selama satu tahun adalah sekitar Rp2.400.000 setiap tahunnya.

Proses pencairan bantuan ada dua cara, pertama bantuan non-tunai berupa sembako dibagikan melalui kantor pos. Kemudian bantuan tunai setiap bulannya dibagikan melalui saldo e-wallet atau mendatangi langsung bank yang bekerjasama dengan BPNT. Kamu juga bisa melakukan cek bansos BPNT melalui aplikasi ataupun website resmi kemensos.

3. Bansos Penerima Bantuan Iuran (PBI)

PBI merupaka program bansos yang sifatnya non-tunai dengan lebih fokus pada pemberian jaminan kesehatan. Saat ini pemerintah menyediakan layanan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang dikenal dengan BPJS.

Sayangnya, masih banyak masyarakat tidak dapat ikut serta dalam jaminan kesehatan ini karena faktor iuran yang membebani perekonomian mereka. Oleh karena itu, pemerintah memberikan bantuan berupa iuran kesehatan sehingga masyarakat miskin bisa mendapatkan BPJS secara gratis tanpa perlu membayar iuran.

Walaupun sifatnya non-tunai, program ini nyatanya sangat membantu masyarkat miskin untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak. Untuk melakukan pengajuan dan cek bansos PBI, kamu cukup mendatangi kantor desa terdekat dan mengajukan diri sebagai salah satu penerima.

4. Bansos Program Indonesia Pintar (PIP)

Daftar penerima bansos 2023 berikutnya adalah PIP yang merupakan program bansos untuk para pelajar yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi lemah. Tujuan pemberian bansos ini adalah untuk mendorong pendidikan anak-anak untuk terus bersekolah.

Bentuk bantuannya berupa dana tunai setiap bulan mulai dari Rp450.000/siswa yang dikelola oleh sekolah. PIP diberikan untuk setiap jenjang pendidikan dengan jumlah bantuan yang berbeda. Untuk jenjang SMP diberikan sebesar Rp700.000/siswa dan untuk jenjang SMA/SMK diberikan sebesar 1 juta rupiah setiap siswa.

Sistem seleksi penerima bansos ini dikelola oleh sekolah dan bekerjasama dengan dinas sosial setempat. Hingga tahun 2023, program ini masih berlanjut karena memberikan dampak yang positif bagi pendidikan anak-anak di Indonesia.

5. Bansos Langsung Tunai (BLT) Dana Desa

Daftar bansos cair tahun 2023 selanjutnya adalah BLT Dana Desa yang telah berjalan cukup lama. Namun, tahun ini program ini mengalami perubahan nama menjadi BLT Kemiskinan Ekstrem dengan regulasi dan pendanaan  yang masih sama.

Perubahan nama tersebut disesuaikan dengan latar belakang pendanaan yang terbaru. Sebelumnya BLT Dana Desa diperuntukan sebagai penopang perekonomian masyarakat di tengah pandemi covid. Namun, tahun ini latar belakang pendanaan berubah untuk meningkatkan pembangunan nasional.

Salah satunya dengan memberikan bantuan kepada masyarakat miskin agar mempercepat penuntasan kemiskinan di Indonesia. Pemberian bantuan ini dalam bentuk uang tunai setiap bulannya dalam rentang waktu tertentu.

Masyarakat yang mendapatkan BLT adalah yang terdaftar dalam DTKS pusat. Tentunya dengan mengikuti beberapa ketentuan tambahan seperti keterangan pendapatan perkapita yang jauh dibawah rata-rata, serta dengan mempertimbangkan kondisi lainnya.

6. Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Agama

PIP Kementerian Agama merupakan program yang serupa dengan PIP dari Kementerian Sosial. Namun, perbedaannya adalah pada sumber pendanaan dan objek yang didanai.

Dalam hal ini, PIP Kementerian Agama fokus memberikan bantuan pada sekolah-sekolah yang berada di bawah nauangan Kemenag. Bantuan tersebut diberikan untuk menunjang pendidikan siswa sekolah.

Untuk tahun ini jumlah penerima bantuan yang ditergetkan adalah mencapai 18 juta lebih siswa. Setiap penerima akan mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp200.000 setiap bulan untuk satu orang. 

Proses pencairan bantuan dilakukan dalam periode tertentu dan bisa diperoleh langsung melalui kantor pos. Namun, beberapa sekolah juga bertindak sebagai penyalur untuk mempermudah sampainya bansos kepada siswa.

7. Program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan salah satu program dari Kementerian Sosial yang berfokus pada masyarakat dengan usia produktif. Tujuannya untuk membantu memberikan modal skill dalam dunia kerja dalam bentuk pelatihan. Bantuan yang diberikan meliputi biaya pelatihan di kursus yang telah tersertifikasi. Kemudian juga ada bantuan insentif setiap bulannya dengan nominal Rp600.000 untuk satu penerima.

Program kartu prakerja sudah berjalan cukup lama dan banyak memberikan dampak positif, khususnya untuk anak muda. Tahun ini, Kartu Prakerja mengeluarkan kebijakan baru sehubungan dengan meredanya wabah pandemi covid.

Saat ini Prakerja fokus dalam meningkatan biaya pelatihan dan mengurangi insentif kepada penerima program ini. Aturan baru ini merujuk pada ketentuan awal pembuatan program kartu prakerja sebelum pandemi.

Cara Cek Penerima Bansos Tahun 2023

Buat yang sudah mengajukan diri pada program bansos di atas, tapi belum tahu mengenai informasi diterima atau tidak. Maka bisa melakukan pengecekan secara mandiri melalui website resmi Kemensos. Berikut ini cara untuk cek dan daftar bansos kemensos go id tahun 2023 :
  1. Buka situs resmi bansos kemensos di https://cekbansos.kemensos.go.id/ melalui Chrome atau mesin pencari lainnya.
  2. Kemudian tunggu hingga situs menampilkan halaman form data dengan logo bansos kemensos.
  3. Jika halaman sudah muncul, selanjutnya isi form tersebut sesuai dengan data yang digunakan ketika pengajuan program bansos seperti alamat dan nama sesuai KTP.
  4. Isi semua data dengan benar, pada bagian akhir kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan menginput huruf kode yang muncul.
  5. Input huruf kode tersebut dengan benar, dan klik “cari data” pada bagian paling bawah.
  6. Tunggu hingga halaman baru terbuka, jika situs menampilkan informasi data diri artinya kamu telah diterima pada salah satu program bansos.
  7. Pada halaman tersebut kamu bisa mengecek jenis program bansos, jenis bantuan, serta estimasi pencairan bantuan dari Kementerian Sosial.

Cara di atas bisa digunakan untuk cek NIK penerima bansos 2023 terupdate. Tentunya kemudahan penyaluran bansos ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang merata untuk kelompok yang benar-benar membutuhkan

Perlu diingat juga, bahwa setiap bantuan tunai dan non-tunai dari Kementerian Sosial tidak dipungut dan dipotong biaya apapun. Jika terdapat peristiwa ini, maka kamu bisa mengajukan keluhan melalui website Kemensos.

Nah, itulah informasi mengenai daftar bansos cair tahun 2023 yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaatnya. Sebelum mengajukan diri sebagai penerima, pastikan bahwa kamu memang layak menerima bantuan sosial tersebut, ya.

Tag / Keyword : daftar bansos cair tahun 2023, cek bansos kemensos, cara daftar bansos 600RB online, cara cek bansos PKH, cara mengecek bansos, daftar penerima bansos 2023, daftar bansos kemensos go id, bantuan BLT BBM 2023, cek bansos BPNT, cek bansos PBI.

No comments for "7 Daftar Bansos Cair Tahun 2023 Dari Kementerian Sosial Terupdate"