Cek NIK Penerima Bansos Hingga Cara Mendaftar Program Keluarga Harapan

Cek NIK Penerima Bansos - Blogotech, Cek NIK penerima bansos tahun 2023 masih sama dengan tahun sebelumnya, di mana hanya perlu menginput data KTP pada halaman website Kemensos. Selain itu, pengecekan juga bisa melalui kantor kelurahan RT/RW setempat dan tanyakan pada petugas terkait.

Program bantuan ini tidak terbatas dan terbuka untuk siapapun selama memenuhi kriteria penerima. Kemensos memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mengajukan diri sebagai penerima dengan menunjukan syarat dokumen.

Saat ini bansos dari Kemensos banyak mensyaratkan untuk kalangan menengah ke bawah. Ini karena tujuan bantuan sosial pada dasarnya untuk membantu menunjang kehidupan masyarakat pra sejahtera.
Buat kamu yang belum tahu mengenak program dan cara cek NIK penerima bansos, sebaiknya simak informasinya dari blogotech berikut di bawah ini :

Apa Itu Bansos PKH?

cek-nik-penerima-bansos-pkh
Salah satu program bansos yang banyak memberikan manfaat adalah bansos PKH. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bantuan sosial dari Kementerian Ssial yang dikhususkan pada kelompok keluarga yang belum sejahtera. 

Bentuk bantuannya cukup komplit, mulai dari tunjangan kesehata hingga pendidikan untuk anak. Bahkan jika terdapat ibu hamil dalam program tersebut maka juga bisa mendapatkan bantuan tunai hingga tiga juta.

Setiap keluarga bisa menerima bantuan dengan nominal yang berbeda. Pasalnya penerimaan bantuan disesuaikan dengan kategori yang terdapat dalam keluarga tersebut.

PKH diharapkan dapat menjadi dorongan untuk menanggulangi kemiskinan. Program yang sudah berjalan dari tahun 2007 ini telah banyak memberikan dampak untuk masyarakat.

Untuk kamu yang merasa termasuk dalam kategori keluarga kurang mampu juga bisa mengajukan bantuan ini. Caranya dengan mendatangi langsung kantor kelurahan, dan lengkapi persyaratannya.


Syarat Pengajuan Bansos PKH

Sebelum mengajukan, sebaiknya cek NIK penerima bansos lebih dulu untuk memastikan jika kamu memang belum terdaftar. Jika tidak muncul data apapun, artinya orang tersebut belum terdaftar. Maka bisa mendaftar jika memenuhi syarat berikut ini :
  • Calon penerima harus merupakan masyarat yang terdaftar di kantor kelurahan atau RT/RW setempat dan dibuktikan dengan KTP atau KK.
  • Calon penerima termasuk dari kalangan kurang mampu dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari kantor kelurahan setempat. 
  • Calon penerima tidak terdaftar dalam program bantuan lain, seperti BLT BBM, BST, dan lainnya. Untuk mengetahui terdaftar atau tidak maka bisa mengunjungi website kemensos.
  • Memiliki rumah dengan kondisi yang tidak layak, pengecekan akan dilakukan oleh petugas kelurahan setempat.
  • Menyerahkan bukti penggunaan daya listrik yang tidak lebih dari 450 Watt pada saat pengajuan.
  • Pendaftar bertindak sebagai kepala keluarga yang memiliki penghasilan rata-rata di bawah standar kalangan menengah.

Persyaratan untuk pengajuan program PKH memang lebih kompleks. Namun, ini untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan bantuan oleh pihak yang tidak tepat. 

Program bantuan ini memberikan tunjangan yang besar, diantaranya adalah :
  • Bantuan tetap: Rp.550.000/tahun
  • Bantuan kesehatan: BPJS gratis
  • Bantuan ibu hamil
  • Anak usia dini
  • Anak di jenjang SD, SMP, SMA
  • Anggota keluarga yang mengalami disabilitas berat.
  • Anggota keluarga yang telah lansia.

Pencairan bantuan didasarkan pada cakupan di atas. Jika terdapat anggota keluarga dengan kondisi di atas maka dana bantuan bisa dicairkan sesuai nominalnya.

Cek NIK Penerima Bansos Terbaru Tahun 2023

Penerima program bantuan sosial di pemerintah tahun 2023 bisa melakukan pengecekan hanya dengan menggunakan NIK melalui website atau aplikasi. Cara cek NIK penerima bansos terbaru yang akan cair tahun ini bisa dengan cara berikut :
  1. Buka halaman website cek bansos kemensos di situs resminya, yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id/ dan tunggu hingga halaman menampilkan formulir data.
  2. Pada halaman yang menampilkan form data, isi NIK sesuai dengan KTP yang telah terdaftar sebagai penerima bansos.
  3. Kemudian lakukan verifikasi dengan menginput kata yang ada pada bagian bawah, lalu klik “cari data”
  4. Terakhir, halaman akan menampilkan data penerima hingga jumlah bantuan yang akan diterima serta tanggal pencairan dana.

Sangat mudah, bukan? Perlu diingat bahwa semua bantuan baik tunai ataupun non-tunai tidak dipungut biaya apapun dan tidak ada potongan biaya.

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai syarat hingga cara cek NIK penerima bansos terbaru tahun 2023. Hingga tahun ini Kementerian Sosial Republik Indonesia masih gencar menyebarkan program bantuan hingga seluruh negeri.

No comments for "Cek NIK Penerima Bansos Hingga Cara Mendaftar Program Keluarga Harapan"