Cari Tahu Jadwal Cair Bantuan BLT BBM 2023 Langsung Tunai Via Transfer Bank

Bantuan BLT BBM 2023 - Blogotech, Bantuan BLT BBM 2023 dari Kemensos telah berlangsung sejak akhir tahun 2022 lalu bagi para pekerja yang terdaftar di BPJS ketenagakerjaan. Penerimanya adalah pekerja yang terdampak akibat kenaikan harga BBM dan bekerja dengan gaji di bawah standar penghasilan UMR.

Total dana bansos yang diberikan kepada penerima adalah 600 ribu rupiah setiap bulan selama tiga bulan berturut-turut. Menariknya, dana tersebut akan ditransfer langsung pada akun bank penerima sehingga menjadi lebih praktis. Buat kamu yang ingin mendaftar atau mengecek jadwal pencairan terbaru. Sebaiknya simak informasi berikut ini, ya :

Mengenal Program Bantuan BLT BBM 2023

bantuan-blt-bbm
Bantuan Langsung Tunai BBM tahun 2023 merupaka program dari Kementerian Sosial untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM di kalangan masyarakat pra sejahtera. Kriteria penerimanya khusus bagi pekerja yang terdaftar dalam program BPJS ketenagakerjaan dan dibuktikan dengan total gaji di bawah UMR.

Tahun 2023 pemerintah berencana akan kembali mengadakan program ini untuk pekerja yang belum mendapatkan kesempatan pada program sebelumnya. Namun, bagi kamu yang sudah menerima bansos dari program Kemensos lain akan otomatis tidak bisa menerima bantuan ini lagi.

Untuk mengetahui apakah nama kamu terdaftar atau tidak, bisa melakukan pengecekan secara online. Baik melalui website resmi Kementerian Sosial ataupun aplikasinya.


Syarat dan Cara Daftar Program BLT BBM

Untuk mendapatkan bantuan BLT BBM 2023 juga bisa dengan mendaftarkan diri secara mandiri. Asalkan memiliki bukti dokumen yang lengkap, termasuk kartu BPJS Ketenagakerjaan dan slip gaji terbaru. Bagi yang ingin mendaftar bisa mengikuti syarat berikut ini.
  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sah dibuktikan dengan KTP dan K
  • Bukan bagian dari pekerja ASN, PNS, ataupun TNI/POLRI yang aktif ataupun pensiun.
  • Merupakan pekerja yang memiliki upah di bawah atau setara UMR, dibuktikan dengan slip gaji terbaru dari perusahaan yang resmi.
  • Kemudian menunjukan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang masih berlaku.

Jika semua data tersebut telah lengkap, selanjutnya lakukan pendaftaran melalui aplikasi. Pendaftaran melalui aplikasi jauh lebih praktis dan akan diproses langsung oleh sistem pusat. Berikut ini cara untuk mendaftar BLT BBM :
  1. Download aplikasi Bansos Kemensos di Google Playstore
  2. Kemudian pada halaman pertama, klik “daftar” dan tunggu hingga aplikasi menampilkan formulir pendaftran.
  3. Pada halaman yang telah menampilkan formulir pendaftaran, selanjutnya kamu hanya perlu mengisi semua data tersebut dengan benar sesuai KTP dan KK
  4. Selanjutnya input foto bukti yang diminta pada form pendaftaran dan jangan lupa untuk memasukan alamat email dan nomor ponsel yang aktif.
  5. Setelah semua data terisi dengan benar, selanjutnya lakukan verifikasi. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui email atau telepon yang terdaftar.
  6. Masukan kode verifikasi dan klik “daftar”, kemudian data kamu akan diproses untuk divalidasi.
  7. Terakhir, jika pengajuan diterima/ditolak maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan via email atau telepon.

Sangat mudah, bukan? Bantuan ini memang berlangsung singkat, yaitu 3 bulan dengan total 1.8 juta rupiah untuk satu penerima. 

Cek Jadwal Cair Bantuan BLT BBM 2023

Bantuan BLT BBM 2023 untuk program sebelumnya telah cair pada tanggal 9 Januari 2023 lalu. Bagi penerima yang belum memproses pencairan bansos bisa dilakukan sampai tanggal tersebut.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jadwal cair bansos BBM bisa dengan cara berikut ini :
  • Buka aplikasi atau website resmi Kemensos melalui situs https://cekbansos.kemensos.go.id/ melalui mesin pencari
  • Kemudian tunggu hingga situs menampilkan halaman berisi form data diri.
  • Jika sudah muncul, selanjutnya isi semua form tersebut dengan data yang terdaftar dalam program bansos sesuai dengan KTP
  • Jangan lupa memasukan kode verifikasi dan klik “cari data”, kemudian akan tampil halaman data penerima.
  • Pada halaman data penerima akan muncul besar dana yang akan diberikan serta estimasi tanggal pencairan bantuan.

Sangat mudah, bukan? Kamu juga bisa mengajukan keluhan jika dana masih belum masuk. Bantuan ini diberikan untuk membantu adaptasi masyarakat kategori menengah akibat kenaikan BBM.

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai bantuan BLT BBM 2023 yang khusus untuk para pekerja yang merasakan dampak kenaikan harga bahan bakar. Uang dalam bentuk tunai tersebut akan ditransfer langsung pada akun bank terdaftar.

No comments for "Cari Tahu Jadwal Cair Bantuan BLT BBM 2023 Langsung Tunai Via Transfer Bank"