Cara Mengecek Bansos Melalui Aplikasi Kemensos yang Cair Tahun 2023

Cara Mengecek Bansos - Blogotech, Cara mengecek bansos saat ini terbilang praktis tanpa perlu mengunjungi langsung kantor kelurahan, tapi penerima bisa mengetahui informasinya dengan mengakses aplikasi Kemensos. Bahkan aplikasi yang dirilis pemerintah ini juga bisa digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai salah satu penerima.

Kementerian Sosial sebagai lembaga yang bertanggungjawab dalam pemberian bantuan memiliki beberapa program bansos. Diantaranya BLT, PKH, BNPT, dan BLT BBM yang diberikan berdasarkan kategori kelompok tertentu. Untuk kamu yang masih bingung mengenai bansos dari Kemensos, sebaiknya simak pengertian hingga cara mengecek bansos melalui aplikasi yang akan cair tahun 2023 :

Apa Itu Bantuan Sosial Kemensos?

cara-cek-bansos-lewat-aplikasi-kemensos
Bantuan sosial Kemensos merupakan program pendanaan tunai atau non-tunai pada kelompok masyarakat tertentu. Pengelompokan dilakukan berdasarkan kriteria penerima, misalnya khusus untuk masyarakat kurang mampu, membantu pendidikan anak-anak, memberikan perlindungan kesehatan dan lainnya.

Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Target utamanya tentu saja orang-orang dengan keterbatasan ekonomi, terutama ibu hamil, lansia, dan anak-anak.

Bentuk bantuannya pun juga beragam, mulai dari uang tunai setiap bulan hingga bantuan sembako. Oleh karena itu, program ini diharapkan tepat sasaran dan merata dampaknya hingga ke seluruh negeri.


Cara Daftar Bansos Kemensos Terbaru

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima bansos. Pertama mengajukan langsung pada pihak kelurahan setempat dan kedua dengan menggunakan aplikasi. Namun, menggunakan jalur kelurahan jauh lebih disarankan karena prosesnya bisa menjadi lebih cepat.

Kamu juga tidak perlu khawatir mengalami kesalahan input data karena proses penginputan akan dibantu langsung oleh petugas kelurahan setempat. Untuk mendaftar langsung ke kantor kelurahan bisa dengan cara berikut di bawah ini, ya :
  • Kunjungi kantor RT/RW atau kelurahan setempat yang sesuai dengan domisili pada KTP.
  • Lakukan pengajuan diri untuk mendaftar sebagai penerima bansos. Petugas terlebih dahulu akan mengecek apakah kamu termasuk kategori penerima bantuan tersebut atau tidak.
  • Jika termasuk ke dalam salah satu penerima manfaat bansos, maka selanjutnya adalah melengkapi persyaratan sesuai program bansos yang dipilih.
  • Persyaratan umum yang akan diminta adalah KTP, KK, dan kode keluarga yang diperoleh dari data terpadu.
  • Nanti petugas akan menginput data tersebut ke sistem pusat.
  • Tunggu hingga sistem di pusat melakukan validasi dan verifikasi data yang menyatakan bahwa kamu lolos sebagai penerima
  • Jika sudah terdapat informasi diterima, maka petugas akan membuatkan kartu yang menunjuka identits program bansos.
  • Terakhir adalah menunggu hingga waktu pencairan bantuan datang dan kamu bisa mendapatkan manfaat bansos tersebut.

Untuk mendaftarkan diri melalui aplikasi caranya tidak jauh berbeda. Hanya saja, kamu akan melakukan upload data secara mandiri tanpa bantuan dari petugas. Jadi, pastikan untuk memasukan data dengan benar jika melakukannya secara mandiri.

Cara Mengecek Bansos Melalui Aplikasi Kemensos

Cara mengecek bansos juga sama, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama menanyakan pada kantor RT/RW atau kelurahan setempat. Atau mengecek langsung melalui aplikasi. Jika ingin mengecek menggunakan aplikasi/website maka bisa dilakukan dengan cara berikut ini.
  1. Kunjungi halaman website resmi Kemensos yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id/ melalui mesin pencari.
  2. Alamat website tersebut akan menampilkan halaman form data. Kamu cukup mengisi semua form data tersebut sesuai dengan KTP yang telah mengajukan penerimaan bansos.
  3. Isi kode verifikasi sebelum melakukan pengecekan, jika kode yang ditampilkan tidak jelas kamu bisa melakukan refresh.
  4. Setelah itu klik “cari data” dan tunggu hingga halaman website menampilkan halaman baru.
  5. Terakhir, halaman baru akan muncul dan kamu bisa melihat riwayat penerimaan bansos mulai dari estimasi pencairan dana, jumlah pencairan dana, dan identitas penerima yang terdaftar.

Sangat mudah, bukan? Cara untuk mengecek setiap program bansos hampir sama. Perbedaan masing-masing program bansos hanyalah pada syarat pengajuan dan bentuk bantuan. Bantuan dapat berupa bantuan tunai atau non-tunai.

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai cara mengecek bansos melalui aplikasi Kemensos tahun 2023. Perlu diingat bahwa semua pencairan dana dalam bentuk tunai tidak ada potongan. Penerima yang mengalami potongan tidak wajar bisa melaporkan keluhan melalui layanan call center di aplikasi, ya.

No comments for "Cara Mengecek Bansos Melalui Aplikasi Kemensos yang Cair Tahun 2023"