Cara Daftar Bansos 600RB Online Berdasarkan Kategori Program Bantuan Tahun 2023

Cara Daftar Bansos 600rb Online - Blogotech, Cara daftar bansos 600RB online berbeda berdasarkan kategori program bantuan dari pemerintah, diantaranya ada BLT, BST, dan PKH. Tiga program bantuan pemerintah tersebut memberikan bantuan dana dalam bentuk tunai sebesar 600RB perbulannya.

Setiap program memiliki berbedaan berdasarkan kelompok yang dituju dan tujuan pendanaan. Oleh karena itu, tidak heran jika syarat untuk pendaftarannya pun juga berbeda.

Nah, buat yang belum tahu perbedaan program dan cara daftar bansos 600RB online dari pemerintah, sebaiknya simak informasi berikut ini :

Cara Daftar Bansos 600RB Online 2023

cara-daftar-bansos-600rb-online
Bantuan sosial merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam membantu pemulihan perekonomian masyarakat Indonesia. Tentunya program diharapkan tepat sasaran sehingga bisa mensejahterakan masyarat secara merata.

Jika kamu atau terdapat orang-orang disekitar yang sekiranya layak untuk menerima, akan tetapi belum terdaftar. Maka bisa mengajukan dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini :

1. Program Bansos BLT 

Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan program dari Kementerian Sosial untuk membantu memulihkan perekonomian masyarakat pasca kenaikan BBM. Bantuannya berupa dana sebanyak 600RB setiap bulan selama tiga bulan berturut-turut.

Penerimanya adalah masyarakat yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki pendapatan di bawah UMR. Jika kamu termasuk dalam kategori tersebut, maka bisa mendaftar dengan cara berikut di bawah ini :
  1. Pertama, buka halaman website resminya https://bansos.kemensos.go.id/ melalui mesin pencari.
  2. Halaman tersebut akan menampilkan formulir pendaftaran dan kamu bisa mengisi formulir tersebut dengan data yang benar.
  3. Setelah melakukan input data dengan benar, selanjutnya lakukan langkah verifikasi dengan memasukan 8 kode yang muncul sebelum mendaftar.
  4. Jika sudah, selanjutnya klik “daftar” dan tunggu hingga sistem melakukan validasi untuk mengetahui apakah kamu layak menerima atau tidak. Notifikasi akan dikirimkan pada alamat email/no.ponsel yang digunakan saat mendaftar.
  5. Jika sudah diterima  maka bisa langsung memeriksa data diri di halaman website yang sama atau menunggu hingga jadwal pencairan dilakukan.

Sangat mudah, bukan? Tapi, pastikan bahwa kamu memasukan data diri dengan benar agar tidak ditolak oleh sistem pada saat pengajuan.


2. Program Bansos BST

Bantuan Sosial Tunai (BST) juga merupakan program dari Kementerian Sosial yang diberikan khusus untuk masyarakat miskin atau kurang mampu. Tujuannya untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan memberikan bantuan dalam bentuk dana tunai 600rb.

Program ini dapat diikuti oleh semua masyarakat kurang mampu yang telah diverifikasi oleh kelurahan setempat. Proses pendaftaran BST tersedia dalam dua versi yaitu online dan offline.
 
Untuk cara online bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti pengajuan BLT. Hanya saja ada syarat dokumen tambahan seperti surat keterangan tidak mampu dari kelurahan dan bukti foto rumah serta lainnya. Selain cara daftar bansos 600RB online, kamu juga bisa menggunakan langkah offline berikut di bawah ini :
  1. Pertama menyiapkan semua dokumen data diri dan dokumen pendukung yang menunjukan kamu layak menerima BST.
  2. Kemudian datangi kantor kelurahan setempat untuk melakukan proses pengajuan dengan membawa berkas yang telah disiapkan.
  3. Berikan berkas tersebut pada petugas terkait dan tunggu hingga proses validasi dan verifikasi selesai.
  4. Jika sudah disetujui artinya kamu bisa menerima BST pada saat jadwal pencairan dana nantinya.

Cukup mudah, bukan? Perlu diingat bahwa program ini khusus untuk masyarakat kurang mampu, ya.

3. Program Bansos PKH

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bantuan dari Kementerian Sosial saat wabah pandemi untuk membantu keluarga yang terdampak oleh situasi tersebut. Jumlah bantuan yang diberikan adalah 600RB perbulan selama tiga bulan berturut-turut.

Untuk proses pendaftaran bantuan PKH sama dengan bantuan BLT BBM dimana dapat diproses melalui aplikasi. Kamu juga bisa melakukan pendaftaran melalui kantor lurah dengan membawa berkas-berkas persyaratan yang lengkap.

Namun, tidak semua keluarga terdampak bisa menerima bantuan ini. Hanya kelompok tertentu yang memiliki latar ekonomi rendah dan dibuktikan dengan kondisi rumah, penggunaan daya listrik, dan lainnya.

Selain itu, program bantuan ini khusus bagi masyarakat umum dan tidak diperuntukan bagi ASN dan juga TNI/POLRI. 

Nah, itulah informasi mengenai cara daftar bansos 600RB online berdasarkan kategori program bantuan tahun 2023. Perlu diingat bahwa bantuan di atas dalam bentuk tunai tanpa adanya pemotongan biaya pajak, ya.

No comments for "Cara Daftar Bansos 600RB Online Berdasarkan Kategori Program Bantuan Tahun 2023"