Cara Cek Bansos PKH Beserta Syarat Penerima Hingga Pencairan Dana

Cara Cek Bansos PKH - Blogotech, Cara cek bansos PKH cukup mudah dengan menggunakan aplikasi atau mengunjungi website resmi Kementerian Sosial untuk mengetahui siapa saja penerima dan tanggal pencairan bantuan. Kategori utama penerima bantuan ini fokus pada kelompok masyarakat yang tidak mampu.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang tidak tahu bagaimana cara mendaftar dan mengecek data diri. Padahal saat ini pemerintah sudah menyediakan sistem terpusat dalam aplikasi yang memudahkan siapapun untuk mengajukan diri.

Untuk kamu yang ingin mengajukan penerima tapi masih bingung dengan persyaratannya, sebaiknya simak informasi persyaratan hingga cara cek bansos PKH berikut ini :

Apa Itu Bantuan Sosial PKH?

cara-cek-bansos-pkh
Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan dari Kementerian Sosial khusus untuk orang yang sudah berkeluarga dan diutamakan bagi wanita hamil dengan kondisi ekonomi lemah. Program ini sudah berlangsung dari tahun 2007 dengan berbagai perubahannya.

Keluarga yang termasuk dalam program ini akan mendapatkan fasilitas layanan kesehatan gratis dari pemerintah. Serta terdapat juga program bantuan tunai dengan total bervariasi tergantung pada kategori penerima.

Selain ibu hamil, anak yang membutuhkan fasilitas pendidikan tetapi memiliki keluarga kurang mampu juga berhak untuk mendapatkan bantuan ini. Hingga saat ini pemerintah terus melakukan perluasan agar program PKH merata untuk semua kelompok yang membutuhkan.

Apa Saja Syarat Penerima Bansos PKH?

Tujuan utama dari adanya program PKH adalah untuk menekan angka kemiskinan di Indonesia. Pemerintah berharap dana bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi dan meningkatkan taraf hidup.

Dengan latar belakang tujuan tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa penerima bantuan ini harus memiliki surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh kelurahan setempat.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan bantuan PKH, maka bisa melihat persyaratan berikut ini :
  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP dan KK asli.
  • Merupakan warga dengan kondisi ekonomi ke bawah, dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh kelurahan setempat.
  • Penerima bukan merupakan ASN, TNI ataupun POLRI.
  • Memiliki rumah dengan kondisi yang sudah tidak layak dan penerangan tidak lebih dari 450 Watt.

Jika kamu atau kerabat memiliki kondisi seperti di atas, maka sebaiknya ajukan bantuan dengan mendatangi kantor kelurahan setempat. 

Cara Mendaftar Bansos PKH

Pemerintah telah menyediakan dua cara pengajuan bantuan PKH, yaitu secara online dan offline. Sayangnya, pendaftaran secara online sering terhambat karena minimnya sumber daya manusia dan alat untuk melakukannya.

Tapi tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencoba mengajuka melalui kantor kelurahan secara langsung. Berikut ini caranya :
  1. Siapkan semua berkas data diri dan informasi pendukung yang menunjukan bahwa kamu layak untuk menerima bantuan tersebut.
  2. Kemudian bawa berkas tersebut ke kantor kelurahan terdekat dan lakukan pengajuan pada petugas terkait.
  3. Petugas akan menginput data diri dan tunggu hingga proses pengajuan oleh petugas selesai.
  4. Selanjutnya petugas akan memberikan arahan terkait pemeriksaan kelayakan sebelum melakukan validasi.
  5. Setelah selesai selanjutnya petugas mengajukan data menuju pusat melalui online.
  6. Kemudian tunggu hingga proses validasi dan verifikasi oleh sistem di pusat disetujui. 
  7. Terakhir, jika pengajuan disetujui artinya kamu berhak untuk menerima bantuan PKH pada program selanjutnya dan hanya perlu menunggu hingga pencairan dana dilakukan.
Perlu diingat bahwa bantuan PKH tersedia dalam bentu dana tunai tanpa adanya potongan. Jika terjadi pemotongan yang tidak wajar, kamu bisa mengajukan keluhan di website resmi Kemensos, ya.

Cara Cek Bansos PKH Untuk Pencairan Dana

Cara cek bansos PKH untuk mengetahui apakah kamu terdaftar ataupun mencari tahu jadwal pencairan dana bisa dilakukan melalui aplikasi. Caranya cukup untuk aplikasi Bansos Kemensos, kemudian input nomor KTP dan KK pada kolom pencarian.

Selanjutnya nama dan tanggal perkiraan pencairan dana akan muncul. Tapi, jika kamu tidak terdaftar maka nama tidak akan muncul di dalam aplikasi. Untuk proses pencairan dana biasanya dilakukan melalui bank kerjasama atau kantor pos.

Nah, itulah tadi informasi mengenai cara cek bansos PKH beserta syarat penerima hingga pencairan dana. Program Keluarga Harapan ini masih berlangsung hingga tahun 2023. Untuk kamu yang termasuk dalam kelompok penerima, bisa langsung mengajukan atau mengeceknya ya.

No comments for "Cara Cek Bansos PKH Beserta Syarat Penerima Hingga Pencairan Dana"