Cara Mengubah Ukuran Foto Jadi 4x6 di Android Paling Simpel

Mengubah Foto Jadi 4x6 di Android - Blogotech, Pada artikel sebelumnya blogotech sudah berbagi tentang bagaimana cara memperkecil (resize) ukuran foto lewat android. Nah pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan trik mengubah ukuran foto menjadi 4x6 lewat android. Cara mengubah ukuran foto menjadi 4x6 di android dapat dilakukan dengan beberapa cara. Terdapat cara manual dan juga cara otomatis yang bisa kita lakukan. 

mengubah-foto-jadi-4x6-android
Cara mengubah foto menjadi 4x6 tersebut rata-rata dapat diperoleh juga dengan memakai aplikasi yang tersedia di PlayStore. Namun sebenarnya kita dapat melakukannya secara manual dengan menggunakan aplikasi bawaan HP.

Tetapi yang lebih penting saat mengkonversi foto dengan ukuran 4x6 kita harus mengetahui beberapa pengetahuan terkait ukuran dalam satuan centimeter. Sehingga kita akan lebih mudah untuk mengkonversi foto tersebut walaupun tanpa aplikasi.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 Di Android Dengan Mudah

Pada dasarnya ukuran foto 4x6 bukanlah ukuran sebenarnya. Karena pada praktiknya ukuran 4x6 tersebut adalah ukuran 3,8 cm untuk lebar dan 5,5 untuk tingginya.  Satuan 4x6 dianggap lebih mudah dibandingkan penyebutan satuan 3,8x5,5 yang mungkin menyulitkan untuk diingat. Sehingga 4x6 bisa menjadi dasar patokan ukuran foto yang ideal dengan ukuran lebih besar.

Perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi yang tersedia di PlayStore tidak semuanya gratis. Namun tidak juga dibandrol dengan harga murah. Cara mengubah ukuran foto menjadi 4x6, dapat kita coba dengan beberapa aplikasi yang ada di bawah ini :

1. Aplikasi Photo & Picture Resizer

Sesuai namanya, aplikasi Photo And Picture Resizer adalah aplikasi untuk mengubah ukuran foto. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dan cukup direkomendasikan. Selain ukurannya kecil aplikasi ini bisa digunakan tanpa jaringan internet (offline).

Agar lebih yakin, ternyata aplikasi ini sudah diunduh oleh 50 ribu pengguna. Lebih dari 50 ribu pengguna tersebut memberikan rating yang bagus untuk aplikasi ini. Tentunya kita dapat melakukan sedikit editing simpel untuk menunjang foto agar terlihat lebih baik. Terlebih lagi, aplikasi ini dapat mendukung beberapa format foto seperti Gifs, PNG, dan JPEG.

Cara memakai aplikasi ini Photo & Picture Resizer :
  • Download dan buka aplikasi Photo & Picture Resizer.
  • Konfirmasi untuk “Allow data on device and Camera” agar kita dapat langsung memfoto.
  • Kita dapat unggah foto yang akan dikonversi dengan “select photo” untuk memilih foto kita.
  • Lalu klik menu Resize dan pilih Custom untuk mengatur dimensi tinggi dan lebar foto.
  • Bila terdapat pengaturan pixel maka masukkan angka 472 x 709 pixel. Ukuran pixel tersebut adalah ukuran standar untuk pengaturan 4x6. 

*Untuk catatan, pilihlah ukuran resolusi tertinggi untuk mendapat hasil yang maksimal. Setelah setting sudah dilakukan maka foto Anda akan dikonversi secara otomatis. Simpan foto Anda di galeri dan selesai.


2. Aplikasi Picsay Photo Editor

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4x6 lainnya adalah menggunakan aplikasi Picsay. Kita dapat mengedit foto-foto lain dengan beberapa filter yang menarik. Selain itu kita dapat melakukan editing yang cukup lengkap seperti menggunakan aplikasi PC Photoshop.

Kita dapat membelinya dengan harga 20 ribu maka kita akan terhindar dari gangguan iklan. Meskipun begitu banyak juga yang menyediakan mod nya. Maka membeli sangat sepadan dengan banyaknya fitur yang kita dapatkan. 

Nah itulah tadi beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengubah ukuran foto menjadi 4x6 hanya dengan lewat android saja. Kegunaan aplikasi memang dikatakan lebih simpel dan sangat dibutuhkan. Dengan aplikasi konversi dan edit foto, maka kita dapat menggunakan apk tersebut untuk mengatur ukuran 4x6 yang sesuai. Tentunya anda harus memilih aplikasi yang cocok untuk mengubah foto menjadi 4x6 lewat android.

Selain itu, sangat direkomendasikan untuk menyimpan atau setting foto yang telah diedit dengan ukuran yang maksimal agar foto lebih jelas dan tidak blur. Karena pada beberapa aplikasi, jika anda mengkonversi foto menjadi 4x6 maka resolusinya pun menjadi kecil sehingga foto akan terlihat blur.

Demikian artikel kali ini tentang bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 4x6 hanya dengan lewat android. Anda dapat memilih cara mana yang lebih cocok untuk anda gunakan di atas. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

No comments for "Cara Mengubah Ukuran Foto Jadi 4x6 di Android Paling Simpel"