Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

Cara Pindah Chat WA iPhone ke Android - Blogotech, Apakah anda berencana ingin mengganti hp dari iPhone ke Android? Jika iya, pastinya anda juga perlu memindahkan semua data yang ada pada perangkat lama anda, termasuk masalah chat WhatsApp. Chat WA tentunya tidak bisa dihapus sembarangan karena ada beberapa chat penting yang mungkin masih anda perlukan di kemudian hari.

pindah-chat-wa-iphone-ke-android
Oleh karena itu penting rasanya untuk mengetahui bagaimana cara memindahkan chat WA ke HP baru. Namun jika anda sebelumnya menggunakan iPhone dan ingin mengganti ke android tentunya ada beberapa masalah yang anda temui untuk memindahkan chat WA. Letak kendalanya ialah kedua hp tersebut mempunyai OS yang berbeda.

Sebenarnya ada beberapa cara memindahkan chat WhatsApp dari iPhone ke Android. Tentunya informasi ini sangat penting bagi anda user iPhone yang ingin berganti ke hp android. Mau tahu bagaimana caranya? Melalui artikel ini blogotech akan memberikan tutorialnya khusus untuk anda bagaimana cara pindah chat WA dari iPhone ke android secara mudah dan cepat. 

Satu hal yang perlu anda ketahui, perangkat smartphone dengan sistem Android biasanya akan menyimpan file backup pada Google Drive, sedangkan perangkat iOS akan menyimpan file pada iCloud. Hal ini tentunya membuat kita tidak mudah memindahkan chat WA secara langsung karena terdapat perbedaan OS.

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

Sebelum anda tahu bagaimana cara mentransfer data dari iPhone ke Android, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar tidak ada data yang tertinggal nantinya. Nah, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah :

1. Memilih data yang penting

Untuk perangkat yang mempunyai kapasitas penyimpanan terbatas, lebih baik anda memilih data-data yang penting saja. Hal itu bertujuan agar storage tak cepat penuh, dengan begitu maka WhatsApp anda akan menjadi lebih rapi dan tertata.

2. Pastikan lakukan verifikasi

Verifikasi merupakan suatu langkah yang dilakukan untuk mengamankan semua data yang terdapat di dalam WhatsApp. Hal ini bertujuan agar tidak sembarang orang bisa mengakses data yang ada pada WhatsApp milik anda. Apalagi jika data tersebut sangat penting dan bersifat rahasia. 

3. Perhatikan ukuran data

Sebelum memindahkan file coba perhatikan ukuran data tersebut, apakah nantinya akan cukup disimpan pada device / perangkat yang baru atau tidak. Apabila perangkat memiliki storage dengan size yang lebih besar tentu hal ini tak akan jadi masalah.  Namun, apabila device dari perangkat yang anda miliki mempunyai kapasitas yang terbatas, maka sebaiknya anda memilih data-data yang penting saja. 


Setelah anda mengetahui beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memindah data dari iPhone ke Android. Maka selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara memindah chat yang ada pada WhatsApp dari iPhone ke Android. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini dan jangan sampai ada yang terlewat ya!

1. Mengekspor Percakapan WhatsApp dari iPhone ke Android 

  • Langkah pertama silahkan anda akses aplikasi WhatsApp pada iPhone dulu anda.
  • Kemudian usap ke arah kiri, pada percakapan yang ingin anda transfer dari iPhone ke Android.
  • Setelah itu, klik tombol More, lalu pilih opsi Export Chat.
  • Pilih opsi Mail dan ketik alamat email untuk mentransfer file dalam bentuk surat elektronik/ email.
  • Ulangi tahap tersebut untuk semua percakapan yang ingin anda transfer. 

2. Mengimpor Percakapan WhatsApp dari iPhone ke Android

  • Pertama silahkan anda download seluruh ekspor WhatsApp dari email ke perangkat Android milik anda.
  • Selanjutnya install aplikasi WhatsApp dari Google Play Store pada ponsel Android tersebut. 
  • Langkah berikutnya akses WhatsApp dan selesaikan proses setup terlebih dahulu.
  • Nanti anda akan dimintai persetujuan untuk mengembalikan chat versi lama, jadi silahkan klik Restore.
  • Setelah proses tersebut selesai, tekan tombol Next.
  • Selamat anda sudah bisa menggunakan WhatsApp.

3. Menggunakan Aplikasi Dr. Fone

  • Pertama download dan install aplikasi Dr. Fone pada PC.
  • Setelah itu buka aplikasi tersebut, dan pastikan ponsel iPhone dan Android sudah terkoneksi dengan PC anda.
  • Pada bagian menu, pilih opsi WhatsApp Transfer > WhatsApp.
  • Kemudian pilih opsi Transfer WhatsApp Message.
  • Maka aplikasi Dr. Fone akan mendeteksi kedua perangkat milikmu tersebut,
  • Langkah selanjutnya klik Transfer.
  • Silahkan tunggu proses transfer data tersebut sampai selesai.

Nah itulah tadi tutorial bagaimana cara memindahkan chat WhatsApp dari iPhone ke Android. Sangt mudah dan cepat sekali bukan? Anda dapat memilih salah satu dari beberapa cara yang telah blogotech tuliskan di atas. Selamat mencoba ya! Semoga bermanfaat !

No comments for "Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Android"