4 Cara Memindahkan Kontak Dari Android Ke iPhone

Cara Pindah Kontak Android Ke iPhone - Blogotech, Cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone menggunakan aplikasi biasanya banyak dipilih. Terutama aplikasi yang umum digunakan seperti “Move to iOS”. Karena bagi pengguna Android yang beralih ke iPhone (iOS) memang penting melakukan hal ini.

Cara Memindahkan Kontak Dari Android Ke iPhone Secara Umum

cara-memindahkan-kontak-android-ke-iphone
Karena memindahkan kontak adalah langkah pertama yang penting dilakukan, Anda perlu mengetahui cara-caranya terlebih dahulu. Selain menggunakan aplikasi terdapat cara lain yang umumnya telah banyak digunakan.

Simak beberapa cara yang bisa dicoba berikut ini:

1. Menggunakan Fitur SIM Card

Cara pertama yang bisa dicoba yaitu menggunakan fitur SIM Card pada Android Anda. Fitur SIM Card sendiri termasuk cara manual yang umumnya banyak dicoba. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tidak bisa memindahkan kontak secara online.

Berikut langkah-langkahnya:
  • Langkah pertama, buka Android lalu masuk ke menu kontak.
  • Selanjutnya backup semua kontak ke SIM Card.
  • Setelah proses backup selesai matikan Android, lalu keluarkan SIM Card.
  • Kemudian masukkan SIM Card ke dalam iPhone Anda.
  • Setelah itu masuk ke dalam menu “Setting” lalu pilih “Kontak”.
  • Langkah terakhir, pilih opsi “Import SIM Contacts”.

Apabila proses di atas berjalan dengan lancar, semua kontak yang tadinya berada di Android telah berhasil dipindahkan ke dalam iPhone Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Move to iOS

Aplikasi besutan Apple ini bisa Anda cari di Play Store untuk kemudian diinstal. Sesuai dengan namanya, Move to iOS memudahkan Anda untuk memindahkan data seperti kontak atau lainnya dengan cepat ke iPhone. 

Saat Anda menggunakan aplikasi ini, Move to iOS akan memindahkan data lewat jaringan WiFi privat dengan aman. Tetapi aplikasi Move to iOS hanya mendukung Android dengan sistem operasi 4.0 ke atas.

3. Menggunakan Fitur Sinkronisasi Google

Anda tentu memiliki akun Google yang digunakan pada Android? Maka selanjutnya gunakan fitur sinkronisasi untuk memindahkan kontak ke iPhone. 

Karena Google biasanya secara otomatis mensinkronisasi kontak dengan “Server Cloud”. Jika belum lakukan terlebih dahulu sinkronisasi secara manual. 

Maka setelah semua kontak di Android telah tersinkronisasi buka iPhone Anda. Selanjutnya masuk ke menu “Settings” lalu pilih kategori Mail, Contacts, Calendar. Terakhir, masukkan akun Gmail Anda, dan pastikan kategori Contacts untuk dicentang.


4. Menggunakan File VCF

File VCF menjadi salah satu cara jitu untuk memindahkan kontak dari Android ke iPhone. Meski bagi sebagian orang cara ini dinilai ribet, tetapi tidak ada salahnya menggunakan cara yang sudah terbukti ampuh ini.

Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama-tama buka Android lalu masuk ke aplikasi “Contact”.
  • Lalu pilih ikon menu titik tiga, setelahnya pilih “Import/Export”.
  • Selanjutnya pilih “Export to storage”. Hal ini bertujuan untuk membuat data VCF secara otomatis dan menyimpannya pada Android Anda.
  • Selanjutnya kirim data tersebut melalui email atau langsung ke iPhone.
  • Kemudian buka file yang dikirim tadi pada iPhone Anda.
  • Setelah itu sistem iOS akan memperlihatkan kotak dialog untuk “Add all Contact” atau menambahkan seluruh kontak ke dalam data VCF.
  • Dengan begitu kontak yang terdapat pada Android telah berhasil dipindahkan.

Aplikasi Pihak Ketiga Sebagai Alternatif

Itulah empat cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone secara manual maupun menggunakan aplikasi. Sejauh ini cara-cara di atas bisa berjalan dengan baik. Selain itu aplikasi pihak ketiga seperti “My Contacts Backup” dan “Copy My Data” bisa dijadikan alternatif lainnya.
 
Demikian di atas tadi 4 cara memindahkan kontak dari android ke iPhone. Selain keempat cara di atas, anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti yang sudah dijelaskan blogotech di atas tadi. Terserah anda ingin menggunakan yang mana lebih nyaman. Semoga bermanfaat.

No comments for "4 Cara Memindahkan Kontak Dari Android Ke iPhone"