4 Cara Cek HP Vivo Asli Atau Palsu Semua Tipe

Cek Vivo Asli Atau Palsu, Blogotech - Pasti pernah merasa parno atau takut ketika membeli smartphone second atau baru namun harganya dibanderol dengan murah. Dalam hati mungkin anda bertanya-tanya, benarkah bahwa smartphone yang dimiliki ini asli atau palsu? Jika anda ragu, maka gunakan saja beberapa cara cek HP Vivo asli atau palsu semua tipe di bawah ini.

cara-cek-vivo-asli-atau-palsu
Vivo menjadi smartphone dengan brand yang sangat populer sehingga wajar jika ada pabrik nakal yang mungkin ingin melakukan replikasi. Oleh sebab itu, anda harus berhati-hati ketika mengecek smartphone Vivo ketika hendak membelinya. Kira-kira apa saja sih cara yang bisa dilakukan untuk mengecek HP Vivo yang palsu dan asli agar tidak mudah tertipu?

Melalui Setting Smartphone

Cara pertama yang bisa anda andalkan adalah dengan melihat pengaturan pada smartphone Vivo anda, berikut langkahnya :
  1. Cobalah untuk mengecek menu Pengaturan atau Settings pada smartphone Vivo anda.
  2. Jika sudah, maka pilih opsi More Settings jika anda ingin melihat jenis setting HP Vivo anda secara lebih lengkap.
  3. Kemudian, pada opsi More Settings ini, anda bisa pilih opsi About Phone.
  4. Nantinya, layar otomatis akan menampilkan tipe HP Vivo anda.
  5. Cobalah perhatikan pada tulisan Model Number.
  6. Di situ, anda bisa pastikan bahwa tipe nomor Vivo yang tertera di smartphone sama dengan bawaan dari pabrik Vivo dengan mencari informasi nomor serinya di internet. Jika tipe nomor yang ada di internet sama dengan yang ada di menu pengaturan Vivo anda, maka bisa dipastikan bahwa smartphone anda ini asli.

Melalui IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI adalah nomor 15-digit dan dapat ditemukan di dalam paket ponsel. IMEI mungkin juga ditemukan dengan melepas penutup belakang dan dapat ditempelkan pada stiker baterai.

IMEI adalah sebuah nomor yang menyajikan berbagai informasi tentang spesifikasi HP Vivo anda mulai dari merek hingga modelnya. Cara cek HP Vivo asli atau palsu semua tipe bisa dilakukan dengan mengandalkan nomor IMEI.

Sebelum menggunakan metode ini, pastikan bahwa anda harus tahu detail nomor IMEI Vivo anda, caranya adalah dengan menekan*#06# atau :
  1. Buka menu Pengaturan
  2. Klik Pengaturan Lain
  3. Pilih opsi Tentang ponsel
  4. Nantinya anda bisa melihat opsi IMEI 1 dan IMEI 2.
  5. Catat dengan baik nomor IMEI yang ada di layar.
  6. Kemudian bukalah situs https://www.vivo.com/id/support/IMEI
  7. Baru kemudian anda bisa mengetikkan detail nomor IMEI Vivo anda di kolom situs.
  8. Jika memang HP Vivo anda ini asli, maka situs akan menampilkan informasi bahwasannya Vivo yang anda miliki ini memang benar asli.


Cek Garansi

Garansi adalah hal yang penting ketika ingin mengetahui apakah HP Vivo ini palsu atau tidak, Selalu minta sertifikat garansi 12 bulan dari produsen. Jangan pernah membuat perjanjian lisan dengan penjual. Ponsel palsu memiliki masa garansi yang lebih pendek karena pabrik tidak dapat menjamin bahwa ponselnya akan bertahan lama

Cek Performa

Anda bisa mengecek performa smartphone dengan beberapa poin catatan seperti :
  1. Memori yang lebih kecil dari spesifikasi yang ditawarkan.
  2. Foto  berkualitas buruk.
  3. Penampilan seperti warna yang kusam, logo palsu.
  4. Ada perbedaan  kualitas bawaan seperti ukuran layar, lokasi tombol dan baterai.

Nah itulah tadi 4 cara cek HP Vivo asli atau palsu semua tipe. Dari beberapa cara yang dijabarkan di atas semoga bisa membantu anda menemukan smartphone asli dan terhindar dari oknum nakal yang mencoba menipu anda dengan HP Vivo tiruan. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

No comments for "4 Cara Cek HP Vivo Asli Atau Palsu Semua Tipe"