Cara Mengubah Kartu 3G ke 4G Telkomsel Tanpa ke Grapari

Mengubah 4G Tanpa ke Grapari - Blogotech, Apakah Anda mempunyai smartphone yang sudah mendukung 4G namun kartu seluler Anda masih saja 3G? Pasti ingin sekali rasanya mengubah kartu Telkomsel menjadi 4G tanpa harus berganti nomor dan ribet datang ke Grapari Telkomsel. Bagi Anda yang ingin sekali mengubah kartu Telkomsel 3G Anda ke 4G, coba deh ikuti beberapa panduan di bawah ini.

Cara Mengubah Kartu 3G ke 4G Telkomsel Tanpa ke Grapari

mengubah-4g-tanpa-ke-grapari
3G dan 4G sering dibedakan dalam hal kecepatan transfer informasi, kapasitas, desain pemrosesan informasi dan variasi koneksi, dll. 3G adalah singkatan dari Generasi Ketiga yang mana ukuran seluler dioptimalkan dan dikembangkan untuk memberikan layanan broadband dengan properti yang lebih tinggi.

4G LTE adalah singkatan dari Fourth Generation yang memberikan banyak kemampuan untuk pengalaman broadband seluler yang lebih cepat serta memungkinkan banyak koneksi. Ikuti beberapa langkah di bawah ini agar kartu Telkomsel Anda bisa berubah dari 3G ke 4G :
 

Langkah 1 : Dapatkan Token

Pada langkah yang pertama ini, Anda harus mengetahui token SIM Card Telkomsel lama agar bisa berganti ke yang baru, caranya :
  1. Buka menu dial pad.
  2. Tekan*888*46#.
  3. Kemudian tekan menu 1.
  4. Masukkan nomor kartu Telkomsel Anda.
  5. Pilih opsi“Ya”.
  6. Layar otomatis akan mengirimkan token atau PIN.
  7. Catat atau salin token atau PIN yang ada di layar.
  8. Setelah itu keluarkan kartu Telkomsel Anda dari smartphone.
 

Langkah 2 : Ganti SIM Card

Setelah Anda melakukan langkah pertama dan mendapatkan token, maka Anda bisa mengganti SIM Card Telkomsel lama Anda ke yang baru. Namun tenang saja, nomor Anda tidak berganti kok, hanya kartunya saja yang berubah. Adapun cara menggantinya adalah :
  1. Masukkanlah SIM card Telkomsel Anda yang 4G ke smartphone.
  2. Kemudian buka menu dial pad.
  3. Tekan tombol*888*46#.
  4. Pilihlah opsi menu nomor 2.
  5. Setelah itu tekan opsi “Ya”.
  6. Ketikkan nomor Telkomsel lama Anda.
  7. Jika sudah, maka Anda bisa memasukkan token atau PIN yang telah Anda copy atau catat sebelumnya.
  8. Setelah itu Anda bisa menekan pilihan “Ya” untuk melakukan request permintaan ganti kartu dari 3G ke 4G.
  9. Tunggulah sampai nomor Anda mendapatkan sebuah SMS yang  berisikan konfirmasi pergantian kartu dari 3G ke 4G telah berhasil.
  10. Setelah Anda mendapatkan SMS notifikasi, maka Anda bisa mematikan ponsel Anda dan menyalakannya.
  11. Selamat! Kartu Telkomsel Anda yang lama sudah berubah menjadi 4G.
  12. Apabila Anda tidak mendapatkan SMS notifikasi, maka cobalah untuk menghidupkan dan menyalakan kembali smartphone Anda.


Keuntungan Koneksi 4G Daripada 3G

  1. Kecepatan unggah maksimum teknologi 3G adalah 5 Mbps. Sedangkan kecepatan unggah maksimum teknologi 4G adalah 500 Mbps.
  2. Kecepatan unduh maksimum teknologi 3G adalah 21 Mbps. Sedangkan kecepatan unduh maksimum teknologi 4G adalah 1 Gbps.
  3. 3G menggunakan teknik packet switching. Sedangkan yang digunakan 4G adalah teknik packet switching serta teknik message switching.
  4. Rentang frekuensi teknologi 3G adalah dari 1,8 GHz hingga 2,5 GHz. Sedangkan rentang frekuensi 4G adalah dari 2 GHz hingga 8 GHz.
  5. 3G lunak secara horizontal. Sementara 4G lentur secara horizontal maupun vertikal.
  6. 3G adalah arsitektur jaringan berbasis  network architecture. Sedangkan 4G merupakan integrasi dari Wireless LAN serta arsitektur jaringan berbasis sel Wide Area.
  7. Ada kode turbo yang digunakan untuk koreksi kesalahan pada teknologi 3G. sementara Teknologi 4G menggunakan kode bersambung untuk koreksi kesalahan.

Dengan menggunakan cara mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa ke Grapari yang ada di atas, maka Anda bisa menikmati fitur dan layanan 4G yang lebih canggih dari 3G.

No comments for "Cara Mengubah Kartu 3G ke 4G Telkomsel Tanpa ke Grapari"