Cara Mudah Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan Shopee - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cara menghapus produk shopee secara massal. Nah pada kesempatan kali ini blogotech akan membahas tentang cara membatalkan pesanan di shopee.

Rasa-rasanya hampir setiap pembeli di shopee pernah melakukan kesalahan dalam membeli barang sehingga akan mencari cara membatalkan pesanan di shopee. Kekeliruan dalam membeli barang ini bisa disesabkan karena ceroboh ataupun ketidaksengajaan.

cara-membatalkan-pesanan-shopee
Bagi yang bingung bagaimana caranya membatalkan pesanan di shopee tentunya akan panik, bahkan hingga ada yang mengganti username di Shopee atau menghapus akunnya. Sebenarnya anda tidak perlu panik dan khawatir karena Shopee menyediakan fitur pembatalan dan pengembalian uang secara penuh (refund).

Cara membatalkan pesanan ini juga dapat anda lakukan saat pesanan sudah dibayar maupun belum dibayar. Agar lebih jelas, anda dapat membaca secara jelas artikel di bawah ini bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee.

Cara Membatalkan Pesanan Shopee yang Sudah Dibayar

Pembatalan barang pesanan di shopee yang sudah dibayar dapat anda lakukan selama barang masih belum dikirim. Pembatalan ini bisa dilakukan kedua belah pihak baik dari penjual maupun dari pembeli. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca cara membatalkan pesanan shopee yang sudah terlanjur dibayarkan di bawah ini :

Pengajuan Pembatalan dari Pembeli

  • Masuk ke menu “Saya” yang ada di pojok kanan tampilan layar
  • Pilih status barang yang sudah dibayar dalam opsi “Dikemas”
  • Lalu klik barang yang ingin kalian semua batalkan
  • Setelah itu klik “Batalkan Pesan” dan konfirmasi “Ya”

Konfirmasi Pembatalan oleh Penjual

  • Masuk ke menu “Saya” yang ada di pojok kanan tampilan seperti pada pembeli
  • Setelah itu klik “Toko Saya” yang ada di kiri atas tampilan
  • Lalu masuk ke halaman “Penjualan Saya” dan pilih barang dengan kondisi “Perlu Dikirim”
  • Selanjutnya klik barang yang diajukan pembatalan dan klik “Jawab”
  • Tuliskan alasan pembatalan dan klik “Konfirmasi”

Setelah itu pembatalan pesanan anda akan diproses oleh pihak shopee. Anda hanya tinggal menunggu pengembalian dana dari pihak Shopee.

Cara Membatalkan Pesanan Shopee yang Belum Dibayar

Selain pembatalan barang yang sudah terlanjur dibayar, anda juga dapat membatalkan pesanan bagi barang yang masih belum dibayar. Dengan membatalkan pesanan terlebih dahulu, maka pesanan secara otomatis akan hangus dan tidak dilanjutkan. Untuk lebih jelasnya berikut cara membatalkan pesanan di shopee yang belum di bayar:
  • Masuk ke halaman “Saya" yang ada di pojok kanan tampilan layar
  • Kemudian masuk ke status barang “Belum Bayar”
  • Selanjutnya klik pada produk yang ingin anda batalkan
  • Lalu klik “Batalkan Pesanan”
  • Setelah itu lakukan konfirmasi pembatalan “Ya” dan barang secara otomatis terhapus dari riwayat belanjaan

Sama halnya seperti saat membatalkan pesanan yang sudah dibayar, proses pembatalan ini juga nanti akan dikonfirmasikan kepada penjual. Bedanya, penjual tidak perlu melakukan refund atau pengembalian apapun karena memang anda belum melakukan pembayaran.

Baca Juga : Cara Menghapus Produk Shopee Secara Massal

Pembatalan Pesanan Otomatis di Shopee

Selain itu, di Shopee juga terdapat sistem pembatalan otomatis. Pembatalan otomatis ini biasanya dilakukan jika dalam beberapa hari penjual tidak memberi tanggapan para produk yang ingin dibeli. Sehingga uang yang dibayarkan akan langsung direfund kepada pembeli.

Sama halnya jika pembeli tidak kunjung membayar barang pesanan selama waktu yang ditentukan, maka pihak Shopee juga akan secara otomatis melakukan pembatalan transaksi. Biasanya batas waktu pembayaran hanya berdurasi 24 jam atau satu hari.

Nah itulah tadi beberapa cara membatalkan pesanan di shopee baik itu untuk pesanan yang sudah dibayar, belum dibayar ataupun pembatalan pesanan otomatis. Jika anda memang ingin membatalkan pesanan, usahakan untuk melakukannya sebelum penjual menginput nomor resi atau melakukan pick-up, agar proses pembatalan akan dikonfirmasi dengan lebih cepat dan mudah.

Bagaimana cara pengembalian dana (refund) di Shopee? Dana yang dikembalikan biasanya akan masuk ke dompet digital Shopee pembeli (Shopeepay). Andaikata salah satu pihak baik penjual maupun pembeli menolak pembatalan, maka customer service Shopee akan dengan senang hati membantu menyelesaikan masalah ini dengan jalan terbaik. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

No comments for "Cara Mudah Membatalkan Pesanan di Shopee"