Cara Mengetahui Kerusakan HP Oppo

Oppo merupakan salah satu merk smartphone yang banyak digunakan di Indonesia. Harganya yang terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni menjadikan salah satu pertimbangan orang lebih memilih menggunakan hp oppo. Terlebih hp oppo dikenal dengan fitur kameranya yang canggih serta menghasilkan jepretan yang sangat jernih.

cara-cek-kerusakan-hp-oppo
Namun spesifikasi yang mumpuni bukan berarti tidak dapat mengalami kerusakan. Sama seperti merk hp lainnya, hp oppo juga bisa mengalami kerusakan baik itu pada hardwarenya atau bisa juga pada perangkat lunaknya. Untuk itu perlu tahu informasi cara cek kerusakan hp oppo agar dapat mengetahui kerusakan apa saja yang ada di hp anda.

Semua peralatan elektronik / gadget tidak menutup kemungkinan untuk mengalami kerusakan termasuk smartphone. Seperti yang admin utarakan di atas kerusakan bisa saja terjadi pada perangkat kerasnya atau pada perangkat lunaknya. Penyebab kerusakan hp pun bervariasi mulai dari umur smartphone yang sudah cukup lama, penggunaan yang kurang baik juga dapat membuat smartphone rusak contohnya saja menggunakan smartphone pada saat sedang dicharge, hal ini dapat membuat smartphone akan cepat rusak.

Cara Mengetahui Kerusakan HP OPPO

Untuk cara cek kerusakan hp oppo anda dapat mengikuti beberapa cara yang akan blogotech berikan pada artikel kali ini. Admin pastikan bagi anda yang sedang mengalami kerusakan pada hp oppo maka anda dapat mengetahuinya setelah membaca artikel ini. Berikut beberapa cara mengetahui kerusakan hp oppo :

Menggunakan Menu Setting

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan untuk melihat dan mengetahui kerusakan pada hp oppo ialah dengan menggunakan menu pengaturan. Pada menu setting ini selain untuk mengatur yang dari segi tampilan, aplikasi dan lainnya juga bisa digunakan untuk melihat kerusakan terutama pada bagian speaker dan juga getar.

Untuk mengetahui kerusakan hp oppo dengan menu setting langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :
  1. Silahkan buka hp oppo anda
  2. Silahkan buka menu pengaturan / setting lalu klik menu suara dan getar
  3. Kemudian seret Penggeser Ringer dan Media Volume ke kanan untuk meninggikan suara / volume
  4. Jika volume sudah dinaikkan tapi suaranya masih tetap sama dengan sebelumnya maka bisa diindikasikan adanya gangguan pada speaker hp oppo anda
  5. Namun jika suaranya terus meninggi saat volume ditambah itu artinya speaker masih dalam kondisi baik-baik saja (tidak rusak).

Menggunakan Engineer Mode

Cara kedua untuk mengetahui kerusakan hp oppo ialah dengan menggunakan engineer mode. Engineer mode merupakan mode untuk menampilkan beberapa indikator pengecekan pada smartphone oppo. Anda dapat menggunakan cara ini untuk mengecek kerusakan yang terjadi pada smartphone oppo anda. Untuk menggunakan mode engineer anda cukup dial ke *#800# nanti akan muncul beberapa indikator pengecekan. Silahkan anda pilih indikator apa yang ingin anda cek untuk mengetahui kerusakan hp oppo anda

Cek HP Secara Manual

Cara cek kerusakan hp oppo selanjutnya adalah dengan pengecekan secara manual. Untuk cara yang ketiga ini memerlukan kejelian dan ketelitan dalam mengecek kerusakan hp oppo. Beberapa bagian-bagian yang wajib anda cek untuk mengetahui kerusakan hp oppo adalah :
  • Bagian layar hp apakah ada garis atau titik.
  • Klik dan geser seluruh bagian layar hp apakah ada yang tidak respon
  • Bagian baterai hp apakah mengalami pembengkakan atau tidak.
  • HP bisa dicharge atau tidak
  • Buka beberapa aplikasi apakah loadingnya lambat atau normal-normal saja

Menggunakan Kode Dial

Cara selanjutnya untuk mengetahui kesehatan hp oppo adalah dengan menggunakan kode dial rahasia. Kode dial rahasia ini dapat digunakan untuk mengecek kesehatan baterai dengan menggunakan menu tersembunyi bawaan. Kode dialnya adalah *#*#4636#*#* yang akan mengantarkan anda untuk membuka menu uji coba android tersembunyi. Setelah melakukan dial di atas, nanti anda tinggal pilih menu info baterai untuk melihat kesehatan baterai hp oppo.

Menggunakan Aplikasi Avometer

Cara terakhir untuk melihat kerusakan hp oppo ialah dengan menggunakan aplikasi avometer. Aplikasi ini dapat mendeteksi kerusakan pada baterai hp. Untuk menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah, anda hanya perlu mendownload aplikasi avometer kemudian setting pada 10 volt lalu anda tinggal menghubungkan yang positif dengan positif dan yang negatif dengan negatif. Pada umumnya baterai hp oppo adalah berkisar antara 3,7 volt jadi saat melihat atau mengecek baterai menggunakan avometer minimal jarum pada angka 3,7 volt, jika kurang dari itu maka ada indikasi bahwa baterai hp oppo anda bermasalah.

Nah itulah tadi 5 cara mengetahui kerusakan hp oppo. Informasi ini perlu anda ketahui bagi anda yang menggunakan hp oppo ketika mengalami tiba-tiba beberapa masalah maka anda bisa menceknya terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau tidak.

Selain itu, bagi anda yang ingin membeli hp bekas merk oppo, maka anda juga wajib mengetahui cara cek kerusakan hp oppo ini.  Agar nantinya anda mengetahui kualitas hp oppo yang ingin anda beli. Anda harus benar-benar jeli dan teliti dalam mengeceknya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat

No comments for "Cara Mengetahui Kerusakan HP Oppo"