Penyebab dan Cara Mengatasi IDM is Corrupt di Versi Terbaru

Di kesempatan yang lalu kita sudah membahas cara mengatasi IDM tidak dapat digunakan untuk download. Pada artikel kali ini blogotech akan berbagi solusi tentang cara mengatasi IDM yang corrupt. IDM merupakan singkatan dari Internet Download Manager, yaitu sebuah aplikasi komputer buatan Amerika untuk melakukan unduhan pada file baik itu video atau aplikasi lainnya.

Kemudahan dalam penggunaan IDM serta kecepatan downloadnya yang tinggi menjadikan aplikasi ini menjadi aplikasi yang biasanya wajib diinstal di setiap komputer / laptop. Namun bagaimana jikalau IDM yang anda gunakan tiba tiba bermasalah dan muncul pemberitahuan IDM is corrupt? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

cara-mengatasi--penyebab-idm-is-corrupt
Penyebab munculnya pemberitahuan IDM is corrupt ini banyak, namun yang paling sering ialah disebabkan antivirus yang ada di dalam komputer kita mendeteksi bahwa IDM yang kita gunakan sudah terinfeksi oleh virus. Selain itu juga bisa dikarenakan IDM yang kita gunakan masih versi terbaru yang belum fix sehingga banyak bug yang menyebabkan IDM menjadi corrupt.

Notif IDM is corrupt ini tentunya sangat mengganggu, karena apabila kita menekan tombol OK maka secara otomatis akan terbuka browser baru dan memunculkan halaman Internet Download Manager. Jika hal ini terjadi pada saat anda sedang menonton video atau mengerjakan sesuatu tentunya akan sangat mengganggu bukan?

Nah untuk mengatasi IDM is Corrupt di versi terbaru ini sebenarnya sangat mudah. Oleh karena itu sekarang admin akan berbagi solusinya disini. Untuk memperbaiki masalah IDM is Corrupt ada 4 cara, yaitu :

1. Mematikan IDM Sementara

Jika anda ingin mengatasi pemberitahuan IDM is Corrupt maka anda dapat melakukannya dengan mematikan aplikasi IDM sementara (force stop). Jadi sementara anda tidak memakai aplikasi IDM maka anda dapat mematikan aplikasi tersebut dan kalau ingin menggunakannya kembali anda tinggal mengaktifkan kembali aplikasi tersebut.

Cara ini terbukti dapat menghilangkan pemberitahuan IDM is corrupt yang sangat mengganggu. Adapun cara menonaktifkan IDM sementara langkahnya bisa anda ikuti di bawah ini :

cara-mengatasi--penyebab-idm-is-corrupt
  • Masuk ke dalam menu task manager dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan
  • Setelah itu akan muncul task manager, pilih aplikasi IDM lalu klik end task. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar di atas. Dengan melakukan cara ini maka secara otomatis IDM akan dinonaktifkan sementara dan notifikasi IDM corrupt tidak akan muncul hingga anda mengaktifkan aplikasi tersebut

2. Menghapus / Menonaktifkan Sementara Anti Virus

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab munculnya masalah IDM is Corrupt ialah karena antivirus yang menganggap IDM anda sudah terjangkiti oleh virus. Nah jika hal ini disebabkan oleh antivirus anda, maka anda dapat mengatasinya dengan menghapus atau menonaktifkan sementara anti virus yang anda gunakan.

Untuk menghapus antivirus anda cukup melakukan uninstall aplikasi antivirus yang anda gunakan dan menggantinya dengan antivirus yang lain. Untuk menonaktifkan antivirus sementara caranya sama seperti langkah pertama, yaitu dengan melalui task bar.

3. Menurunkan Versi IDM

Salah satu penyebab IDM corrupt lainnya yang sudah admin jelaskan di atas ialah karena adanya bug pada IDM versi terbaru sehingga ada beberapa masalah yang mengakibatkan IDM menjadi corrupt. Apabila anda menggunakan IDM versi terbaru dan muncul masalah ini maka yang dapat anda lakukan salah satunya ialah dengan melakukan downgrade (menurunkan versi IDM). Dengan menurunkan versi IDM maka pemberitahuan IDM is corrupt tidak akan muncul lagi karena IDM versi terdahulu memang sudah fix sehingga tidak terdapat corrupt lagi.

4. Menurunkan Kecepatan Download IDM

Selain muncul notif IDM is Corrupt, pada beberapa file yang anda download juga biasanya mengalami masalah corrupt. Nah jika sudah mengalami masalah ini biasanya file tidak akan bisa dibuka / digunakan lagi. Masalah file download IDM yang Corrupt ini biasanya dialami oleh file berjenis kompresi seperti Rar, Zip, dll. Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa kasus file yang lainnya juga ikut terpengaruh terpengaruh

Nah untuk mengatasil file hasil download IDM yang corrupt ini bisa anda lakukan dengan menurunkan kecepatan download IDM. Kecepatan download yang terlalu kencang biasanya juga dapat menyebabkan file tidak terdownload secara sempurna sehingga file menjadi corrupt. Untuk langkah-langkahnya bisa anda ikuti di bawah ini :


cara-mengatasi--penyebab-idm-is-corrupt
  • Buka IDM anda, lalu klik menu "Download" kemudian pilih "Options".


cara-mengatasi--penyebab-idm-is-corrupt
  • Setelah itu klik menu "Connection" dan atur "Default max con. number" sesuai kebutuhan. Semakin rendah nilai yang anda pilih, maka semakin kurang kemungkinan untuk IDM gagal download seperti masalah file corrupt.


Nah itulah tadi 4 cara mengatasi penyebab IDM is Corrupt. Sangat mudah sekali bukan caranya? Biasanya salah satu cara di atas sudah cukup untuk mengatasi masalah IDM is corrupt. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

No comments for "Penyebab dan Cara Mengatasi IDM is Corrupt di Versi Terbaru"