Cara Mencegah dan Mengatasi Akun FB Terkena Checkpoint

Banyaknya berita yang tidak benar (hoax) di facebook menjadikan peraturan di facebook sekarang makin ketat. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang algoritma facebook semakin ketat. Seyogyanya algoritma fb memang selalu berubah tiap waktu agar dunia facebook menjadi lebih 'bersih'. Algoritma terbaru menyebabkan akun fb sangat mudah terkena checkpoint.

cara-mencegah-mengatasi-checkpoint-facebook
Checkpoint atau sesi merupakan peraturan terbaru dari facebook dimana ini terjadi karena terdeteksi adanya aktifitas login yang dilakukan dari perangkat baru ke akun FB kita. Checkpoint akan sering anda temui jika anda login dengan menggunakan hp dan ip yang berbeda dari yang biasanya kita login

Namun fatalnya, karena dijalankan oleh bot, checkpoint ini bisa sering menyerang siapa saja baik itu akun yang baru dibuat ataupun akun lama yang terdeteksi melakukan aktifitas yang mencurigakan. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah checkpoint facebook ini? Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini blogotech akan berbagi informasi tentang cara mencegah dan mengatasi akun FB terkena checkpoint. Namun sebelum itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab akun fb terkena checkpoint.

Penyebab CheckPoint Akun Facebook

Pada dasarnya ada banyak penyebab akun facebook terkena checkpoint, mulai dari terlalu banyak melakukan login perangkat lain, spam komentar, spam postingan, akun di report oleh orang lain, komentar yang tidak baik / SARA, hack akun FB dengan termux, dan masih banyak lagi.

Checkpoint fb ini sangat rawan mengenai akun yang baru dibuat. Jika sudah terkena maka biasanya anda akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas seperti upload KTP dan melengkapi identitas lainnya. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa akun tersebut benar-benar dipegang oleh anda, bukan orang lain.

Baca Juga : Cara Auto Like & React FB dengan Termux

Cara Mencegah Akun Facebook Terkena CheckPoint

Akun facebook yang baru dibuat sangat rawan terkena checkpoint. Nah untuk itu bagi anda yang baru saja membuat akun facebook, berikut ini ada beberapa tips serta cara untuk menghindari terkena checkpoint fb :

1. Melengkapi Profil Identitas Akun Facebook

Setelah membuat dan mencari teman di facebook, pastikan anda juga melengkapi identitas akun secara lengkap, mulai dari nama panggilan, hobi dll. Isi data sesuai dengan identitas yang valid sama persis dengan di KTP atau KK. Lengkapi identitas akun facebook anda hingga mencapai skor minimal 70% untuk mencegah checkpoint facebook

2. Mengupload Foto atau Gambar Minimal 5 Buah

Ini merupakan tips yang tidak wajib tapi juga dapat membantu untuk menghindari terkena checkpoint facebook. Upload foto profil dan gambar minimal 5 buah, ini bertujuan untuk mengidentifikasi foto anda. Karena biasanya jika akun fb terkena checkpoint maka anda akan disuruh untuk mengupload foto sebagai verifikasi

3. Jangan Login Menggunakan VPN

Jika akun anda masih baru maka jangan sekali-sekali login dengan menggunakan VPN. Login dengan VPN menyebabkan bot facebook mendeteksi aktifitasi login dari IP yang berbeda dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan akun fb anda akan terkena checkpoint. Oleh karena itu untuk menghindarinya maka jangan sekali-sekali anda login dengan VPN aktif

Cara Mengatasi CheckPoint Facebook

Lalu bagaimana jika akun facebook sudah terlanjur terkena checkpoint? Satpam facebook ini beraksi karena ada beberapa penyebab aktifitas yang menjadikan akun fb anda terkena checkpoint. Jika tidak segera anda atasi maka akun fb yang terkena checkpoint tersebut akan dihapus oleh pihak facebook.

Untuk mengembalikan akun fb yang terkena checkpoint ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, mulai dari upload foto atau identitas kita untuk verifikasi, selain itu juga bisa tebak teman facebook yang terhubung dengan kita.

Adapun langkah-langkah untuk mengatasi akun fb terkena checkpoint adalah sebagai berikut :
  • Buka aplikasi Google Chrome
  • Masuk ke situs facebook
  • Login dengan menggunakan email dan password akun anda yang terkenca checkpoint
  • Lakukan verifikasi identitas mulai seperti KTP, SIM atau tanda pengenal lain
  • Upload foto profil anda
  • Tunggu hingga pihak facebook selesai melakukan review, biasanya memakan waktu minimal 1 hari kerja

Selain itu anda juga bisa mengatasi checkpoint fb dengan termux. Caranya cukup mudah anda tinggal login akun facebook dulu ke aplikasi Google Chrome atau Opera mini. Dengan menggunakan termux anda dapat login dari browser yang berbeda-beda seperti dari chrome, mozilla, opera mini karena untuk meminimalisir terjadinya akun terkena checkpoint yang disebabkan login dari browser/device baru.

Anda dapat login menggunakan aplikasi termux dan menggunakan python. Bagi para pengguna termux tentu sudah tidak asing lagi dengan python. Dengan adanya python ini maka pihak facebook akan mengira bahwa bukan kitalah yang sedang login ke akun facebook tersebut. Syarat agar tidak terkena checkpoint adalah :
  • Memiliki teman lebih dari 25 orang
  • Melengkapi profil identitas akun
  • Memiliki foto lebih dari 10
  • Aktif dalam sosial media di facebook

Baca Juga : Cara Hack FB Via Termux

Cara Menghindari Checkpoint Facebook Selanjutnya

Jika sudah pernah terkena checkpoint facebook, tentunya anda tidak ingin terkena checkpoint untuk kedua kalinya atau selanjutnya nanti. Nah bagaimana cara menghindari akun fb terkena checkpoint selanjutnya? Berikut beberapa yang bisa anda lakukan jika terkena checkpoint lagi :
  • Memasukkan tanggal lahir
  • Konfirmasi login dari perangkat lain
  • Menebak 5 foto teman yang terhubung dengan akun
  • Masukkan kode verifikasi
  • Minta bantuan 3 kontak terpercaya
  • Mengupload foto kartu identitas

Secara garis besar ada 2 langkah untuk mengatasi akun facebook terkena checkpoint lagi, yaitu :

1. Konfirmasi Identitas

Saat pertama kali login ke akun facebook yang baru saja terkena checkpoint, maka biasanya akan muncul tombol konfirmasi identitas yang muncul. Ini dilakukan untuk memberitahu pihak facebook bahwa akun tersebut memang benar adanya milik anda.

Setelah mengklik tombol tersebut nantinya akan ada beberapa prosedur yang harus anda lewati, yaitu :
  • Pilih pemeriksaan keamanan
  • Lakukan pemeriksaan keamanan
  • Tinjau upaya masuk baru

Silahkan anda klik saja tombol Lanjutkan untuk masuk ke tahap selanjutnya.

2. Memasukkan Data Akun

Selanjutnya anda akan diminta memasukkan data akun. Data yang diminta nantinya bisa saja berbeda beda. Agar lebih mudah anda bisa mengikuti petunjuk di bawah ini :.
  • Menebak 5 foto teman, nanti facebook akan menampilkan foto dari teman yang terhubung dengan akun facebook anda yang terkena checkpoint. Facebook akan menampilkan foto tersebut sebanyak 5x. Setiap foto yang ditampilkan kita diminta menebak foto siapakah itu
  • Memasukkan kode verifikasi, kode verifikasi ini nantinya akan dikirim oleh pihak facebook ke nomor yang sudah tercantum di akun FB anda yang terkena checkpoint. Nanti anda cukup melakukan verifikasi dengan memasukkan kodenya
  • Mengupload foto kartu identitas, di pilihan ini anda akan diminta memfoto KTP atau kartu identitas lainnya. Lalu melampirkan dan menguploadnya ke facebook. Biasanya ini akan memakan waktu cukup lama hingga maksimal 7 hari

Nah itulah tadi beberapa cara mencegah dan mengatasi akun facebook yang terkena checkpoint. Selain itu juga di atas sudah blogotech bagikan beberapa cara menghindari agar akun fb tidak terkena checkpoint ulang. Intinya jika memang identitas anda sudah lengkap dan tidak melakukan aktifitas yang mencurigakan maka akun facebook anda akan terhindar dari checkpoint (anti checkpoint)

No comments for "Cara Mencegah dan Mengatasi Akun FB Terkena Checkpoint"