Cara Mempercepat Jaringan Internet dengan Termux

Cara Mempercepat Jaringan Termux - Pada saat menggunakan android pasti anda pernah merasakan yang namanya jaringan lelet atau lemot bukan? Padahal setelah dicek kuota internet masih tersedia dan ada banyak. Nah lalu bagaimana cara mempercepat jaringan internet yang lelet? Oleh karena itu pada kesempatan kali ini blogotech akan berbagi tutorial mempercepat jaringan internet dengan menggunakan termux.

cara-mempercepat-jaringan-internet-termux
Namun sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara percepat jaringan internet dengan termux, kita harus mengetahui beberapa penyebab koneksi internet menjadi lelet dan tidak stabil. Karena beberapa penyebab jaringan tidak stabil, tetap tidak bisa diatasi walaupun menggunakan termux. Beberapa penyebab itu di antaranya adalah sebagai berikut :

Penyebab Jaringan Internet Lelet & Tidak  Stabil

1. Lokasi
Beberapa lokasi yang cukup jauh dari tower operator memang menyebabkan internet menjadi lelet dan tidak stabil, sehingga jika anda memang berada di lokasi yang cukup pedalaman maka ini tidak bisa diatasi dengan termux. Selain itu rumah atau tempat tinggal yang terlalu tertutup juga dapat menyebabkan jaringan internet menjadi tidak stabil dan menyebabkan lelet.

2. Cuaca
Cuaca juga mempengaruhi jaringan internet, misalkan saat terjadi hujan lebat atau badai maka biasanya jaringan menjadi agak lelet dan tidak stabil. Terutama jika disertai petir dan kilat yang menyambar-nyambar sehingga beberapa operator lebih memilih untuk mematikan beberapa towernya agar tidak terkena sambaran petir.

3. Baterai & Mode Hemat Daya
Baterai android juga dapat mempengaruhi jaringan internet, biasanya baterai yang sudah di bawah 20% maka koneksi internetnya mulai melambat dan menjadi tidak stabil. Selain itu jika anda mengaktifkan mode hemat daya maka ini juga dapat menyebabkan pembatasan jaringan internet sehingga tidak terlalu kencang seiring dengan berkurangnya baterai

4. FUP (Fair Usage Policy)
Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa operator sekarang sudah banyak memberlakukan kebijakan FUP. Kebijakan ini menjadikan adanya penurunan sinyal jika sudah mencapai ambang batas kuota internet tertentu. Jadi tidak heran jika koneksi anda mulai menurun jika sudah terlalu banyak menggunakan kuota internet. Untuk mengetahui batas pemakaian kuota bisa anda lihat pada Cara Cek FUP IndiHome.

5. Over Cache
Terlalu banyak aplikasi biasanya akan meninggalkan cache di data penyimpanan internal android. Jika anda tidak rajin membersihkannya maka hal ini dapat menyebabkan jaringan internet menjadi tidak stabil. Jadi pastikan anda selalu membersihkan cache android anda.

6. Pengaturan Ponsel
Masalah jaringan internet juga dapat disebabkan karena setting APN yang masih belum diatur pada ponsel anda.  Misalkan di ponsel anda masih disetting APN 3G (tidak APN 4G), hal ini tentunya akan membuat koneksi internet menjadi lelet.

Cara Mempercepat Jaringan Internet dengan Termux

Kenapa harus menggunakan aplikasi termux? Termux merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk android. Fungsinya hampir mirip seperti CMD jika dalam windows. Termux ini bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti untuk Bom SMS termux hingga ngehack FB, dan yang akan kita bagi kali ini ialah untuk mempercepat jaringan internet.

Bagi anda yang tidak suka bermain game dengan koneksi yang naik turun padahal jaringan sedang stabil, maka anda dapat menggunakan termux untuk mempercepat jaringan internet selama main game. Jadi anda tidak perlu takut main game dengan ping naik turun dan lag lagi. Selain itu anda juga dapat melakukan kegiatan browsing, download hingga nonton video dengan kecepatan yang meningkat hingga 2-3 kali lipat.

Nah jika anda ingin mempercepat jaringan internet dengan menggunakan termux, ada beberapa alat dan bahan yang harus anda siapkan terlebih dahulu, diantaranya adalah :
  • OS Android minimal 5.0 (Lollipop)
  • Aplikasi Termux (Bisa anda download di google play store)
  • Koneksi yang stabil (bukan karena penyebab yang blogotech sebutkan di atas tadi)
  • Jaringan internet 4G
  • Setting APN sudah sesuai

Jika semua syarat di atas sudah terpenuhi, maka anda daat menjalankan tutorial mempercepat jaringan internet dengan termux. Adapun tutorialnya ada 2 cara. Langkah-langkahnya bisa anda ikuti berikut di bawah ini :

Cara Pertama Mempercepat Jaringan Internet dengan Termux

1. Buka aplikasi termux yang sudah anda install tadi

2. Lakukan perintah Update dan Upgrade
pkg update && pkg upgrade

3. Cek IP anda melalui Pengaturan > Tentang ponsel > Status.
cara-mempercepat-koneksi-internet-termux
Atau bisa juga langsung cek melalui termux dengan perintah berikut. Nanti akan muncul IP anda seperti gambar di atas
netstat - an

4. Setelah mendapatkan IP anda silahkan masukkan perintah berikut
ping -s IP Anda

Cara Kedua Mempercepat Jaringan Internet dengan Termux

1. Buka aplikasi Termux yang sudah anda install

2. Jalankan perintah Update dan Upgrade berikut
pkg update && pkg upgrade

3. Selanjutnya anda tinggal melakukan ping untuk mempercepat koneksi internet anda dengan menjalankan perintah di bawah ini (cukup pilih salah satu DNS)
ping 8.8.8.8
ping 8.8.4.4
ping 208.67.222.222
ping 208.67.220.220

Nah itulah tadi cara mempercepat jaringan internet dengan menggunakan termux. Sangat mudah sekali bukan? Sekarang anda sudah dapat menikmati koneksi internet cepat, stabil serta nyaman setelah menjalankan perintah termux tadi. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan share jika anda berkenan agar admin semakin semangat berbagi informasi.

No comments for "Cara Mempercepat Jaringan Internet dengan Termux"