Cara Cek Ketersediaan Jaringan Indihome Fiber Optic

Cara Cek Ketersediaan Jaringan Indihome - Apakah anda ingin melakukan pemasangan baru indihome fiber optic di rumah / tempat tinggal anda? Sebelum memasang indihome, anda harus mengetahui apakah lokasi tempat tinggal anda sudah tersedia / tercover jaringan indihome atau belum. Karena ketersediaan jaringan indihome perlu dicek jika ingin melakukan pemasangan baru indihome.

Indihome merupakan layanan telekomunikasi dari Telkom yang menyediakan jasa internet, telepon rumah dan Usee TV. Semua layanan tersebut bisa anda gunakan tergantung paket yang anda pilih mulah dari Single Play, Dual Play dan Triple Play. Namun sebelum memasang indihome anda harus mengecek ketersediaan jaringan indihome fiber optic di lokasi tempat tinggal anda.

Lalu bagaimana cara cek ketersediaan jaringan indihome fiber optic di lokasi kita? Caranya sangat mudah, ada beberapa cara mengetahui ketersediaan jaringan indihome yang akan blogotech bagikan pada artikel kali ini. Langsung saja berikut 3 cara melihat ketersediaan jaringan indihome :

1. Cek Ketersediaan Jaringan Indihome Lewat Situs Fibermap

Cara pertama dan paling mudah untuk cek ketersediaan jaringan indihome di wilayah anda ialah dengan menggunakan situs fibermap. Situs fibermap ini merupakan layanan resmi dari Telkom untuk mengecek ketersediaan jaringan fiber optic. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Masuk ke situs fibermap.indihome.co.id
  2. Pada layar akan terlihat peta yang menggambarkan ketersediaan jaringan indihome di Indonesia
  3. Untuk cek ketersediaan jaringan silahkan klik tombol Cek Fiber di Lokasi Anda yang ada di sebelah kanan layar
  4. Setelah itu akan muncul formulir mulai dari Provinsi, Kota / Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, Kode pos dan Perumahan / Non Perumahan
  5. Isilah satu persatu formulir tersebut, jika sudah terisi semua klik Submit
  6. Jika jaringan indihome tersedia di daerah anda maka akan muncul tulisan "Jaringan Internet IndiHome (Fiber) tersedia di Lokasi Anda"
  7. Jika jaringan indihome tidak tersedia di daerah anda maka akan muncul tulisan "Maaf, jaringan IndiHome Fiber belum tersedia di Lokasi Anda"

Baca Juga : Cara Cek Kecepatan Indihome

2. Mengetahui Ketersediaan Jaringan Indihome Melalui Call Center

Yang kedua anda bisa mengetahui ketersediaan jaringan indihome dengan menghubungi call center resmi indihome. Cara ini terbilang mudah karena anda tinggal menghubungi call center, lalu tanyakan ketersediaan jaringan indihome di lokasi anda. Nantinya anda akan ditanyakan lokasi tempat yang ingin anda cek ketersediaan jaringan indihome dan mereka akan membantu melakukan pengecekan.

Call center indihome dapat anda hubungi melalui :
  • Telepon : 147
  •  Twitter : @telkomcare
  • Facebook : @telkomcare
  • Web : my.telkom.co.id
  • Email : [email protected]

3. Cek Ketersediaan Jaringan Indihome dengan Melihat Secara Manual

Cara terakhir untuk mengecek ketersediaan jaringan indihome fiber optic ialah dengan melihat dan melakukan pengecekan secara manual. Ciri-ciri wilayah yang sudah tersedia jaringan fiber optic diantaranya adalah :
  • Pada kabel telepon di sekitar terdapat sebuah kotak hitam yang disebut dengan box FO
  • Pada kotak tersebut ada label FO dengan kode tulisan FDB atau ODP

Jika di sekitar tempat tinggal anda terdapat box tersebut maka artinya jaringan indihome tersedia di wilayah anda dan bisa dilakukan pemasangan baru. Namun jika tidak menemukannya, maka anda bisa menceknya melalui cara 1 atau 2.

Bagaimana jika tidak tersedia jaringan indihome di wilayah anda?

Jika jaringan indihome tidak tersedia pada lokasi tempat tinggal anda, maka anda bisa mengajukan ketersediaan jaringan dan pemasangan baru. Baik itu melalui customer service atau dengan mendatangi langsung kantor telkom. Nanti akan ada beberapa persyaratan yang diminta untuk mengajukan ketersediaan jaringan dan pemasangan baru indihome. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

No comments for "Cara Cek Ketersediaan Jaringan Indihome Fiber Optic"