Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel dengan Perangkat di Google Playstore

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel - Blogotech, Pada artikel sebelumnya blogotech sudah berbagi informasi tentang cara mudah mengatasi insufficient space saat menginstall aplikasi di Google Playstore. Nah sebenarnya masalah install aplikasi di google playstore sangat banyak bukan hanya masalah notif insufficient space saja. Salah satu masalah lain yang sering muncul ialah aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat.

mengatasi-perangkat-tidak-kompatibel-aplikasi
Apakah anda pernah menemui masalah ketika ingin menginstall aplikasi di google playstore tapi tidak bisa dan muncul notif "Perangkat Tidak Kompatibel dengan Versi Ini". Notif ini biasanya muncul sendiri padahal anda tidak melakukan utak atik apapun pada HP anda.

Malah banyak orang yang beranggapan masalah aplikasi tidak kompatibel ini disebabkan oleh virus yang ada di android. Jika anda mempercayai ini maka adalah sebuah kesalahan besar. Masalah aplikasi tidak kompatibel tidak disebabkan oleh virus.

Lalu apa penyebab perangkat tidak kompatibel saat menginstall aplikasi di google playstore? Berikut akan blogotech paparkan pada artikel kali ini beberapa penyebab perangkat tidak kompatibel serta cara mudah mengatasinya.

Penyebab Perangkat Tidak Kompatibel Ketika Install Aplikasi di Playstore

Penyebab perangkat tidak kompatibel ini bisa dikarenakan banyak hal. Berikut beberapa penyebab perangkat tidak kompatibel saat install aplikasi di google playstore :

1. Perangkat atau Smartphone Tidak Sesuai

Aplikasi tentunya akan terus mengalami update sesuai dengan kemajuan teknologi. Nah selain mengalami update pada aplikasi, patch-patch dalam update terbaru tersebut juga akan mengalami beberapa update.

Beberapa update patch itu nantinya akan menyesuaikan dengan spesifikasi perangkat terbaru. Nah jika smartphone masih menggunakan perangkat yang lama maka tentunya akan tidak kompatibel dengan update terbaru aplikasi yang akan diinstall. Hal inilah yang akan dideteksi oleh google playstore saat akan menginstall aplikasi sehingga akan muncul pemberitahuan perangkat tidak kompatibel.

2. Aplikasi Memerlukan Spesifikasi yang Lebih Tinggi

Sama seperti poin pertama bahwa sesuai dengan kemajuan teknologi maka aplikasi akan terus berkembang. Aplikasi akan terus update dari versi sebelumnya agar menyesuaikan dengan kemajuan zaman.

Misalnya aplikasi WhatsApp yang sekarang sudah semakin berkembang jika dibandingkan saat awal rilisnya dulu. Sekarang banyak update dilakukan pada whatsapp menyesuaikan dengan kemajuan teknologi dan trend, seperti story / status, dark mode whatsapp dan masih banyak lagi.

Namun perbaruan ini tentunya memiliki efek samping, salah satunya ialah spesifikasi perangkat yang dibutuhkan akan lebih tinggi dibandingkan dengan versi sebelumnya agar bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Misalkan, WhatsApp dan Youtube yang akan menjadi lelet apabila dijalankan di perangkat yang memiliki spesifikasi rendah. Padahal sebelum update aplikasi tersebut tidak mengalami masalah dan lancar jaya ketika digunakan di perangkat yang sama. Hal ini dikarenakan aplikas tersebut sudah mengalami banyak update / pembaruan.

3. Aplikasi Tidak Tersedia di Negara Anda

Tidak semua aplikasi dapat diinstall di Indonesia. Hal ini bisa terkait dengan kebijakan di Indonesia yang menyebabkan beberapa aplikasi tidak bisa diinstall di Google Playstore. Banyak aplikasi yang sudah diblokir oleh pemerintah sehingga tidak dapat diinstall sekalipun aplikasi tersebut tersedia di Google Playstore.

Baca Juga : Cara Mengatasi Insufficient Space Ketika Install Aplikasi di Playstore

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel Ketika Install Aplikasi di Playstore

Lalu bagaimana cara mengatasi perangkat tidak kompatibel saat menginstall aplikasi di google playstore? Ada beberapa cara untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan :

1. Melakukan Upgrade Operating System Android

Salah satu penyebab perangkat tidak kompatibel saat install aplikasi ialah sistem operasi android yang sudah terlalu jadul. Nah untuk mengatasinya ialah dengan cara melakukan upgrade OS android anda terlebih dahulu.

Sebelumnya pastikan bahwa HP anda memang masih bisa mendapatkan upgrade OS android terbaru. Karena memang pada beberapa HP jadul akan mentok pada beberapa OS android dan tidak bisa mendapatkan upgrade terbaru lagi.

Jadi agar kuota anda tidak terbuang percuma, maka pastikan sistem operasi android yang akan diperbarui memang sesuai dengan aplikasi yang akan diinstall nantinya. Untuk cara upgrade OS android tergantung pada masing-masing jenis HP karena setiap HP memiliki caranya tersendiri untuk memperbarui sistem operasi android.

2. Download di Penyedia Aplikasi Lain

Google playstore memang penyedia download dan install aplikasi yang paling banyak digunakan. Namun penyedia aplikasi bukan hanya google playstore bukan hanya Google Play Store. Ada banyak beberapa penyedia download aplikasi yang menyediakan aplikasi yang tidak terdapat di google playstore.

Salah satu penyedia aplikasi yang juga sering digunakan ialah APK Pure. Disana anda dapat mendownload dan menginstall aplikasi yang anda inginkan. Jangan takut, karena APK Pure juga menyediakan aplikasi yang aman sehingga akan meminimalisir terkena virus pada perangkat / android.

Namun sebelum mendownload dan menginstall aplikasi di APK Pure pastikan anda membaca terlebih dahulu spesifikasi yang dibutuhkan. Karena jika aplikasi atau game yang anda download tidak sesuai dengan spesifikasi maka akan menyebabkan aplikasi patah-patah, sering keluar sendiri (force close) atau bahkan tidak bisa dibuka.

3. Menggunakan VPN Untuk Download Aplikasi

Hal ini bisa anda lakukan untuk menginstall aplikasi yang tidak tersedia di negara anda. Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa negara memang melarang / memblokir sejumlah penggunaan aplikasi. Nah hal ini bisa anda atasi dengan cara mendownload dan menginstallnya dengan menggunakan VPN.

Namun cara ini tidak terlalu berpengaruh mengingat masih banyak penyedia download aplikasi lainnya seperti APK Pure dan masih banyak lagi. Di APK Pure anda dapat menemukan beberapa aplikasi yang tidak bisa anda download di Google Playstore. Jadi anda tidak perlu repot-repot menggunakan VPN terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Mematikan Update Aplikasi Otomatis Google Playstore

4. Memanipulasi Spesifikasi Perangkat

Yang dimaksud dengan memanipulasi spesifikasi perangkat ini bukan berarti mengubah spesifikasi smartphone anda, namun disini anda hanya mengubah informasi tentang spesifikasi perangkat yang anda gunakan.

Untuk melakukan cara ini anda harus melakukan root terlebih dahulu terhadap HP anda. Selain itu anda juga harus mengetahui spesifikasi yang dibutuhkan aplikasi yang akan diinstal agar dapat menyesuaikan dengan informasi perangkat yang akan anda ubah.

Namun cara ini juga tidak terlalu dibutuhkan mengingat anda masih bisa mendownload aplikasi di penyedia aplikasi lain seperti APK Pure dan yang lainnya.

Nah itulah tadi beberapa penyebab dan cara mudah mengatasi perangkat yang tidak kompatibel saat menginstall aplikasi di playstore. Jika semua cara di atas sudah anda lakukan namun aplikasi masih tidak kompatibel dengan perangkat, bisa jadi hal ini memang dikarenakan perangkat anda yang memang sudah tidak mumpuni untuk menggunakan aplikasi terbaru. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

No comments for "Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Kompatibel dengan Perangkat di Google Playstore"