Cara Mematikan Update Aplikasi Otomatis Google Play Store

Cara Mematikan Update Otomatis Playstore - Blogotech, Google memang diketahui selalu berupaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi penggunanya. Salah satu platform google yang sangat sering dipakai di android adalah Google Play Store. Bahkan karena sering digunakannya, Goole Playstore seolah-olah tidak terpisahkan dengan yang namanya android.

Google Play Store adalah suatu tempat untuk mengunduh aplikasi-aplikasi resmi yang bekerja sama dengan google, baik itu dari permainan, editing, buku dan banyak lagi lainnya. Aplikasi-aplikasi yang tersedia di google play store tersedia dari yang gratis hingga yang premium (berbayar).

cara-mematikan-update-otomatis-playstore
Dalam penggunaan aplikasi (terutama aplikasi online), tentunya selalu mendapatkan beberapa update. Update ini dilakukan untuk menambahkan fitur-fitur baru atau sekedar mengatasi bug yang terdapat di dalam aplikasi yang digunakan.

Untuk melakukan update aplikasi, google playstore memiliki pengaturan untuk melakukan update sendiri secara otomatis (automatic update) sehingga aplikasi yang anda gunakan akan diupdate sendiri secara otomatis.

Bagi yang menggunakan wifi tentunya bukan masalah yang besar, tapi lain halnya bagi mereka yang menggunakan kuota internet dari kartu penyedia jasa telekomunikasi untuk melakukan update.

Aplikasi yang diupdate tentunya memiliki ukuran file masing-masing tergantung dari seberapa banyak patch yang dimasukkan ke dalam updatean baru mulai dari yang ringan dari beberapa MB (mega byte) hingga yang paling besar dapat mencapai beberapa GB (giga byte). Tentunya ini merupakan masalah besar bukan karena dapat menguras habis kuota internet anda.

Nah sebenarnya fitur update aplikasi otomatis (automatic update) di google playstore tersebut dapat anda setting untuk dimatikan. Dengan mematikan update aplikasi otomatis maka aplikasi tidak akan mengunduh pembaruan / update secara otomatis sebelum menunggu persetujuan pengguna android. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya untuk mematikan update aplikasi otomatis google playstore :

1. Masuk ke dalam aplikasi Google Play Store anda lalu tekan tombol menu (tiga garis hitam horizontal) yang berada di kiri atas layar android.
cara-mematikan-update-otomatis-playstore

2. Setelah itu akan muncul beberapa menu, pilih menu 'Setelan' atau 'Setting' (dengan icon gear)
cara-mematikan-update-otomatis-playstore

3. Masuk ke pengaturan umum dan tekan pada menu 'update aplikasi secara otomatis'
cara-mematikan-update-otomatis-playstore

4. Maka akan muncul beberapa menu, pilih opsi 'Jangan update aplikasi secara otomatis'. Jika sudah klik selesai
cara-mematikan-update-otomatis-playstore

Nah itulah tadi cara mematikan update aplikasi otomatis di google playstore. Dengan mematikan fitur automatic update maka anda tidak akan mendapatkan pembaruan / update sebelum disetujui.

Atau jika ingin lebih simpel anda dapat mengatur agar aplikasi diupdate secara otomatis dengan wifi saja dengan memilih opsi setting 'Melalui Wi-Fi saja' yang ada pada gambar di atas. Apabila anda melakukan hal tersebut maka aplikasi hanya akan mendapatkan update otomatis jika anda terhubung ke wifi sehingga tidak perlu takut kuota anda habis. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

No comments for "Cara Mematikan Update Aplikasi Otomatis Google Play Store"