Cara Mengetahui Username dan Password Indihome Lupa

Cara Mengetahui Username dan Password Indihome Lupa

Cara Mengetahui Username Password Indihome - Blogotech, Internet adalah sebuah jaringan telekomunikasi yang dapat menghubungkan antara pengguna satu dengan pengguna yang lainnya. Kehadiran internet di zaman modern ini sangat membantu sekali di dalam kehidupan. Walaupun masih pro dan kontra tentang penggunaan internet, namun jika internet digunakan dengan bijaksana tidak akan merugikan orang lain dan diri sendiri.

Sejarah kemunculan internet di Indonesia pertama kali ialah tahun 1990 dan dulu lebih dikenal dengan sebutan Paguyuban Network. Berdasarkan catatan, protokol internet Indonesia pertama kali berada di UI-NETLAB yang didaftarkan Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. Kemudian muncul IndoNet pada tahun 1994 sebagai ISP komersial pertama di Indonesia. Pada zaman tersebut penggunaan internet di Indonesia masih belum berkembang pesat seperti sekarang.

Jika mengingat internet di Indonesia erat kaitannya dengan Indihome. Indihome merupakan singkatan dari Indonesia Digital Home, adalah satu penyedia layanan telekomunikasi dari PT. Telekomunikasi Indonesia. PT. Telekomunikasi Indonesia memang sudah dikenal sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang memiliki kredibilitas tinggi di bidang teknologi komunikasi. Banyak produk produknya yang sudah terkenal mulai dari telepon rumah, internet hingga channel TV berbayar.

Indihome pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2015. Indihome menjadi proyek utama PT. Telkom saat itu dengan tema Indonesia Digital Network 2015. Indihome sendiri mempunyai beberapa layanan paket, diantaranya adalah :
  1. Single Play, merupakan layanan internet tanpa telepon rumah
  2. Dual Play, merupakan layanan internet dan telepon rumah
  3. Triple Play, merupakan layanan internet, telepon rumah dan channel TV berbayar

Baca Juga : Cara Cek Kecepatan Indihome (Speedtest Indihome)

cara-cek-username-password-indihome
Namun ada masalah yang sering dialami oleh para pengguna layanan paket indihome, yaitu lupa username dan password indihome. Nah bila anda lupa username atau password indihome tentunya ni sangat menyusahkan. Lalu bagaimana cara mengetahui username dan password indihome yang lupa. Ada 3 cara cek username dan password indihome yang bisa anda lakukan, berikut langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Melakukan Reset Modem Indihome

Cara pertama untuk mengatasi username dan password indihome yang lupa ialah dengan melakukan reset pada modem indihome. Dengan mereset modem indihome maka akan kembali ke pengaturan awal seperti modem baru. Jadi anda tinggal memasukkan kembali username dan password modem seperti awal digunakan dulu.

Walaupun melakukan reset indihome cukup memakan waktu, namun cara ini merupakan langkah yang sangat efektif untuk mengatasi username dan password indihome yang lupa. Tapi jika anda males ingin mereset modem indihome anda karena terlalu memakan waktu, maka anda bisa mengetahui username dan password indihome dengan cara kedua di bawah ini:

2. Mengetahui Username dan Password Indihome Tanpa Mereset Modem

Cara kedua ini merupakan cara yang paling banyak digunakan orang untuk mengetahui username dan password indihome yang lupa.  Selain mudah, cara ini juga tidak memakan waktu lama seperti cara pertama yang harus melakukan reset pada modem indihome. Untuk mengetahui username dan password indihome lupa tanpa melakukan reset modem langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Sediakan laptop / PC yang terhubung dengan internet pada area WiFi tersebut
  2. Pastikan anda tekoneksi dengan jaringan WiFi yang tersedia. Jika tidak bisa connect maka bisa menggunakan kabel jaringan LAN
  3. Aktifkan Telnet Client. Caranya buka Control Panel lalu pilih Program kemudian pilih Program and Features setelah itu klik Turn Windows Features On or Off, silahkan centang pada menu Telnet Client. Jika sudah klik OK.
  4. Kemudian buka program CMD melalui pencarian atau langsung dengan menekan tombol Windows + R. Masukkan telnet 192.168.1.1 lalu tekan Enter
  5. Setelah masuk ke menu F609 maka sesuaikan dengan model modem yang anda gunakan
  6. Setelah masuk pada model modem, ketikkan username : root dan password ZTE521
  7. Ingatlah copyan dari kode tersebut dan tuliskan kembali pada halaman CMD anda
  8. Silahkan anda masuk kembali dengan menggunakan username dan password yang sudah anda pilih tadi

3. Menggunakan Aplikasi Router Pass View

Cara ketiga untuk mengatasi username dan password indihome lupa ialah dengan menggunakan bantuan aplikasi ketiga, yaitu Router Pass View. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :
  1. Masuk ke web interface melalui IP sebelumnya yaitu 192.168.1.1
  2. Silahkan login dengan mengisi username dan password dengan "user"
  3. Colokkan flashdisk pada port USB modem indihome
  4. Kemudian lakukan backup konfigurasi ke dalam flashdisk yang anda colok tadi
  5. Setelah selesai melakukan backup dan konfigurasi berada di flashdisk, maka hubungkan kembali laptop / PC untuk login web interface WiFi Indihome
  6. Silahkan download aplikasi portable Router Pass View
  7. Setelah mendownload, silahkan ekstrak file tersebut lalu klik file executable (exe)
  8. Kemudian klik menu berkas untuk membuka berkas config router
  9. Cari dan buka file pada flashdisk dengan format.cfg
  10. Setelah file konfigurasi berhasil dibuka pada aplikasi router pass view, klik icon pencarian, ketikkan userinfo lalu Enter
  11. Scroll ke bawah hingga anda menemukan bagian dengan nama devauthinfo. Di dalamnya nanti akan menemui informasi tentang user admin
  12. Disana akan terdapat username dan password indihome yang dapat anda gunakan untuk login

Nah itulah tadi 3 cara untuk mengetahui username dan password indihome yang lupa. Tentunya cara-cara di atas bisa anda gunakan untuk mengatasi lupa password atau username indihome. Jika anda masih menemui masalah dan tidak dapat login dengan username dan password baru, maka anda dapat meminta bantuan kepada Call Center Indihome. Selain itu anda juga dapat mengetahui batas pemakaian kuota indihome pada artikel Cara Cek FUP Indihome. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.