Tips Agar Harddisk Awet

Tips Agar Harddisk Awet

Tips Agar Harddisk Awet - Blogotech, Hard disk adalah salah satu komponen penting dari hardware PC ataupun laptop. Hardisk satu ini berfungsi untuk menyimpan semua data baik yang belum ataupun sudah diproses. Sebagai media penyimpanan data, tentu peran hardisk sangat penting agar sebuah perangkat dapat bekerja dengan baik. Coba anda bayangkan jika hardisk mengalami kerusakan, bagaimana nasib semua file akan kita simpan? Dari sini kita sudah dapat mengetahui bahwa keberadaan hard disk memang sangatlah vital.

tips-agar-hardisk-awet
Mengapa menjaga hardisk tetap awet sangat penting? Alasan utama ialah harga hardisk. Harga sebuah harddisk laptop/PC terbilang mahal. Jika laptop / PC anda masih memiliki garansi dan ada kerusakan pada laptop, tentunya masih dapat diganti oleh produsen laptop. Namun bagaimana jika tidak? Tentu saja anda harus membelinya.

Oleh karena itu, daripada repot-repot dan harus mengeluarkan banyak dana untuk membeli hard disk baru sebaiknya anda merawat hard disk yang anda miliki agar awet dan tidak cepat rusak. Apabila anda mengetahui cara perawatan hardisk yang benar, maka umur HDD bisa lebih panjang. Hal ini tentu akan lebih baik daripada mengabaikannya sehingga akan membuat hard disk cepat rusak dalam waktu yang singkat.

Lalu bagaimana cara merawat hardisk agar awet dan tahan lama? Nah pada kesempatan kali ini blogotech akan berbagi informasi seputar tips menjaga harddisk agar awet dan tidak cepat rusak. Berikut 5 tips agar harddisk awet :

1. Selalu Perhatikan Arus Listrik

Tips pertama ialah selalu perhatikan arus listrik pada komputer anda. Selalu periksa apakah arus listrik sudah berjalan dengan stabil? Aliran listrik tentu merupakan musuh terbesar dari hardisik yang mana jika sampai arus listrik yang terhubung dengan komputer anda tidak stabil maka dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk. Terlebih lagi jika ada terjadi pemadaman listrik mendadak hal ini juga bisa merusak harddisk dalam waktu yang cepat.

2. Matikan Komputer Sesuai Prosedur

Mematikan komputer (Shut Down) harus dengan cara yang benar. Dalam hal ini ada baiknya jika anda mengikuti prosedur yang benar saat ingin mematikan sebuah komputer jangan sampai dimatikan dengan cara paksa. Pastikan anda menutup semua program yang sudah tidak terpakai saat ingin mematikan komputer supaya proses shut downnya berjalan dengan cepat.

3. Lakukan Defragment Harddisk

Lakukan defrag pada hardisk secara berkelanjutan dan berkala. Untuk ini bisa anda lakukan dengan scandisk yang mana dapat mengecek keadaan hardisk anda apakah sedang mengalami kerusakan atau tidak. Defrag ini berfungsi untuk penataan ulang sektor file yang rusak, track dan juga cluster pada hardisk. Defrag ini bisa anda lakukan minimal seminggu sekali.

4. Menjaga Suhu Harddisk Tetap Stabil

Jangan biarkan suhu harddisk terlalu panas saat digunakan. Untuk mengatasi agar harddisk tidak panas anda harus menjaga suhu CPU tetap sejuk dan jika anda menggunakan Notebook / laptop bisa menggunakan cooling fan (kipas external).

5. Menghindari Guncangan Berlebih

Ketika sedang bepergian maka biasanya laptop sering mengalami gunjangan. Guncangan inilah yang sering menimbulkan goresan pada jarum dengan magnetic disknya. Ini bisa berdampak pada kecepatan pembacaan datanya menjadi berkurang. Agar tidak terjadi guncangan di laptop anda sebaiknya anda menggunakan tas khusus untuk menyimpan laptop.

Nah itulah tadi 5 tips agar hardisk awet dan tahan lama. Jika tips di atas sudah anda lakukan dengan benar maka hardisk anda akan lebih awet dan tidak cepat rusak. Tentunya selama anda rutin merawatnya yaa. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.