Akibat Baterai Laptop Sering Dilepas

Akibat Baterai Laptop Sering Dilepas

Akibat Baterai Laptop Sering Dilepas - Blogotech, Mungkin banyak sekali yang beranggapan bahwa ketika baterai laptop dilepas dapat membuat baterai laptop sendiri lebih awet dan terjaga. Namun tahukah anda bahwa hal tersebut justru dapat berakibat buruk bagi laptop itu sendiri.

akibat-baterai-laptop-sering-dilepas
Banyak pengguna laptop yang masih belum mengetahui hal tersebut dan justru malah mengabaikannya. Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini blogotech akan membagikan informasi tentang akibat baterai laptop yang sering dilepas. Apa sajakah akibatnya? Berikut akan blogotech jabarkan di bawah :

1. Laptop Akan Sering Hang dan Performanya Menjadi Lemot

Hal ini dikarenakan jika arus listrik terhenti secara tidak sengaja maka tidak ada baterai yang berguna menjadi lifesaver sehingga laptop menjadi mati mendadak. Ini juga bisa disebabkan jika arus listrik sedang tidak stabil. Jika laptop sering dibiarkan mati secara mendadak seperti ini maka akan membuat sistemnya terkena crash sehingga mengakibatkan laptop akan sering hang dan terjadi kerusakan. Selain itu juga bisa mengakibatkan performa laptop yang menjadi lemot dalam memproses suatu aplikasi.

2. Berpotensi Merusak Komponen yang Ada di dalam Laptop

Ini berkaitan dengan poin pertama di atas, apabila laptop sering mati secara mendadak maka dapat merusak komponen yang terhubung langsung dengan daya listrik. Seperti hardisk, layar LCD, keyboard dan juga kapasitornya. Dimana semua komponen itu membutuhkan biaya yang besar ketika anda ingin memperbaikinya ke tukang service.

3. Merusak Daya Baterai Laptop

Jika anda berpikir bahwa dengan melepas baterai laptop saat digunakan dapat membuat baterai menjadi awet, maka buang-buang jauhlah pikiran itu sejak sekarang. Tahukah anda bahwa dengan melepas baterai justru malah membuat daya serap baterai tidak berjalan dengan baik. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan baterai dapat membeku jika tidak digunakan dalam waktu yang lama, dan ketika sudah membeku daya serap baterai tidak akan bekerja secara optimal lagi.

4. Sebaiknya Jangan Terlalu Lama

Jika anda memang tetap ngotot ingin melepas baterai laptop saat menggunakannya, maka jangan biarkan baterai tersebut dilepas lebih dari tiga hari. Contohnya setelah tiga hari disimpan dan kemudian gunakan kembali baterai laptop tersebut, beberapa hari kemudian lepas lagi dan begitu seterusnya. Hal ini untuk mencegah kerusakan berlanjut pada baterai laptop.

Nah itulah beberapa akibat yang anda dapatkan jika sering melepas baterai laptop anda baik itu pada saat digunakan ataupun ketika laptop tidak dipakai. Jadi apakah anda masih berpikiran untuk sering melepas baterai laptop? Jika masih berpikiran begitu maka hentikanlah hal tersebut karena justru dapat menyebabkan kerusakan pada laptop maupun komponennya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.