3 Teknologi Canggih Buatan Dalam Negeri yang Memperkuat Pasukan TNI

3 Teknologi Canggih Buatan Dalam Negeri yang Memperkuat Pasukan TNI

Teknologi Canggih TNI Dalam Negeri - Blogotech, Zaman sekarang kebanyakan alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang dimiliki oleh TNI dipasok oleh perusahaan-perusahaan luar negeri. Hal ini bisa dimaklumi mengingat kita sendiri memiliki keterbatasan teknologi untuk memasok alutsista untuk TNI, sehingga TNI lebih mengandalkan pasokan dari luar negeri.

teknologi-canggih-tni-dalam-negeri
Sebenarnya untuk alutsista-alutsista canggih yang berteknologi tinggi, sudah ada beberapa yang bisa dipasok oleh perusahaan dalam negeri. Umumnya perusahaan-perusahaan yang memasok kebutuhan alutsista TNI adalah perusahaan-perusahaan milik negara,  seperti PT PAL, PT PINDAD, PT Len Industri, PT Dirgantara Indonesia dll.

Contoh alutsista buatan dalam negeri yang memiliki teknologi canggih cukup tinggi adalah kapal perang PKR (Perusak Kawal Rudal) buatan PT PAL. Kapal ini memiliki radar yang canggih dan bisa dimanfaatkan untuk perang 4 matra sekaligus. Jadi alutsista ini bisa dimanfaatkan untuk perang permukaan sesama kapal perang, perang melawan kapal selam, perang udara dengan pesawat tempur serta perang elekronika.

Di masa depan tentunya akan ada beberapa alutsista canggih lainnya yang akan memperkuat TNI. Alutsista-alutsista tersebut sama sekali belum pernah dibuat oleh Indonesia sebelumnya. Berikut ini adalah tiga diantaranya :

1. Kapal Selam Buatan PT PAL

teknologi-canggih-tni-dalam-negeri
PT PAL merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang sudah berpengalaman sangat lama dalam memasok kebutuhan kapal perang TNI. Bahkan kapal perang buatan PT PAL juga sudah menembus pasar ekspor. Pada akhir 2018, rencananya TNI akan menerima kapal selam buatan PT PAL. Ini merupakan kapal selam pertama yang diproduksi oleh perusahaan dalam negeri. Kapal selam ini merupakan hasil kerjasama antara PT PAL dengan DSME, perusahaan asal Korea Selatan.

2. Medium Tank Buatan PT Pindad

teknologi-canggih-tni-dalam-negeri
Untuk memproduksi medium tank, PT Pindad bekerjasama dengan FNSS Turki. PT Pindad sendiri telah meluncurkan prototype dari medium tank tersebut dan sudah mengalami serangkaian uji coba. Serangkaian uji coba terhadap medium tank buatan Pindad ini menuai hasil yang memuaskan. Rencananya akhir tahun 2018 medium tank buatan Pindad ini akan diproduksi massal. Pindad sendiri bisa memproduksi 40-50 medium tank per tahun.

3. Tank Boat buatan PT Lundin dan PT Pindad

teknologi-canggih-tni-dalam-negeri
PT Lundin Industry Invest merupakan salah satu perusahaan swasta di Indonesia yang spesialisasi memproduksi kapal. Perusahaan ini menggandeng PT Pindad untuk memproduksi tank boat. Tank boat ini merupakan alutsista dengan konsep menggabungkan fungsi antara kapal dengan tank. Fungsinya terutama untuk operasi militer di alur sungai atau pesisir pantai. Kapal ini memiliki desain catamaran dan berbobot ringan, sehingga dapat bermanuver di perairan dangkal sekalipun. 

Nah itulah tadi 3 teknologi canggih buatan dalam negeri yang digunakan untuk memperkuat pasukan TNI. Manakah alutsista yang anda sukai dari ketiga alutsista di atas? Tidak menutup kemungkinan jika nanti akan ada alutsista lainnya yang lebih canggih buatan dalam negeri kita. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.