Mengenal Segitiga Exposure di DSLR

Mengenal Segitiga Exposure di DSLR

Segitiga Exposure DSLR - Blogotech, Pada kesempatan kali ini blogotech akan membahas tentang segitiga exposure dalam dunia fotografi. Bagi fotografer profesional mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun bagi para fotografer pemula tentu masih bingung apa yang dimaksud dengan segitiga exposure?

mengenal-segitiga-exposure-dslr
Bagi anda yang sedang belajar fotografi atau berkeinginan menjadi seorang fotografer profesional maka wajib mengetahui beberapa istilah dalam dunia fotografi, salah satunya ialah segitiga exposure ini. Dengan mengetahui istilah dalam dunia fotografi maka diharapkan dapat menambah wawasan, informasi serta pengetahuan anda dalam mengoperasikan kamera yang tepat.

Jadi apa yang dimaksud dengan segitiga exposure? Segitiga exposure ialah sebutan untuk tiga komponen dasar dalam dunia fotografi, yaitu ISO, Shutter Speed dan Aperture. Ketiga komponen ini memiliki keterikatan satu sama lain sehingga disebut dengan segitiga exposure.

Jika satu komponen diubah maka dapat menyebabkan perubahan dalam komponen lainnya dalam segitiga exposure. Pengaturan exposure juga dapat diartikan dengan bagaimana cara kita mengatur cahaya masuk dalam kamera kita.

Dalam display kamera DSLR menampilkan beberapa angka indikator. Indikator ini menunjukkan beberapa nilai dari Shutter Speed, ISO dan Aperture. Selain itu juga terdapat garis-garis grafis yang berguna untuk menjelaskan indikator dari exposure.

Nah pada saat anda ingin mengambil gambar maka coba perhatikan garis-garis exposure. Apabila indikator exposure semakin ke arah kiri maka gambar akan menjadi semakin gelap dan kurang cahaya, atau yang lebih dikenal dengan sebutan 'Under Exposure'. Sebaliknya jika indikator ke arah kanan maka gambar akan menjadi lebih terang karena terlalu banyak cahaya (dikenal dengan 'Over Exposure')

Bagaimana jika indikator berada di tengah? Maka gambar akan mendapatkan cahaya yang pas, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap atau seimbang. Ini dinamakan dengan 'Correct Exposure'.

Lalu apakah kita harus melakukan setting agar indikator exposure tepat berada di tengah? Tidak perlu karena pengaturan exposure anda sesuaikan saja dengan kondisi cahaya lokasi anda mengambil gambar serta perhatikan konsep foto yang akan anda ambil apakah sedikit gelap atau sedikit terang.

Bagaimana cara mengatur settingan exposure agar pas dan sesuai? Anda hanya perlu mengatur segitiga exposure yang sudah blogotech jelaskan di atas sebelumnya. Jadi anda perlu mengatur nilai ISO, Shutter Speed atau Aperture pada DSLR anda agar mendapatkan exposure yang sesuai dan seimbang.

Namun pada kamera modern sekarang kita tidak perlu mengatur segitiga exposure secara manual karena sudah ada fitur auto. Sehingga anda hanya perlu mengaktifkan fitur auto tersebut maka kamera akan menyesuaikan exposure secara otomatis.

Beberapa teknik dalam dunia fotografi menggunakan konsep segitiga exposure ini. Sebut saja seperti efek foto Panning, Slow Speed, Fres2 dan masih banyak lagi yang menggunakan konsep setting pada segitiga exposure ini.

Untuk lebih jelasnya anda bisa mencoba pada kamera sendiri. Gunakan mode exposure auto dan manual sebagai perbandingan kemudian cobalah bereksperimen dengan exposure manual hingga anda mendapatkan hasil yang pas. Setelah itu coba analisis setiap gambar yang anda ambil apakah sudah seuai atau belum

Nah itulah tadi sedikit informasi dari blogotech tentang segitiga exposure dalam dunia fotografi. Dengan mengenal dasar dari segitiga exposure maka anda bisa menciptakan foto-foto indah jika sudah menguasainya. Teruslah bereksperimen dengan segitiga exposure ini untuk mendapatkan gambar yang pas. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.