Pengertian dan Perbedaan Antara Dos dan DDoS

Pengertian dan Perbedaan Antara Dos dan DDoS

Pengertian Perbedaan Dos dan DDoS - Fahrinheit, Pada kesempatan kali ini blogotech akan berbagi informasi mengenai salah satu tekhnik hacking yang sangat lumrah digunakan dan terbukti sering membuat pusing perusahaan-perusahaan besar yang terkena dampaknya. Artikel kali ini tidak membahas bagaimana cara melakukan hacking namun lebih berfokus pada definisi mengenai teknik hacking Dos dan DDoS dan apa perbedaannya. Banyak perusahaan besar yang menjadi korban hacker dengan teknik DoS dan DDoS ini seperti amazon, ebay hingga yahoo. Namun apakah anda sudah tahu perbedaannya? Kedua teknik hacking ini tentunya memiliki perbedaan. Apakah itu? Langsung saja simak artikelnya berikut ini :

pengertian-perbedaan-dos-dan-ddos
1. DoS (Denial of Service)

DoS atau singkatan dari Denial of Service adalah suatu teknik hacking dimana sang peretas akan mengirimkan ping secara beruntun dan berkelanjutan kepada server tertarget hingga menjadikan server tersebut down. Teknik DoS ini menggunakan satu buah komputer untuk melakukan permintaan / ping tersebut. Gambarannya seperti ini misalkan komputer si hacker bertanya kepada server 'anda siapa?' maka server secara otomatis akan menjawab 'saya admin', namun disini pertanyaan / ping tersebut dikirimkan secara beruntun dan terus menerus tanpa mmeberi kesempatan server untuk menjawab sehingga server pun menjadi down dan tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Teknik hacking dengan DoS ini tentunya sangat efisien jika server target yang digunakan memiliki bandwith yang kecil. Namun cara ini tidak berlaku pada server yang memiliki bandwith besar, contoh saja seperti perusahaan yahoo maka akan sangat susah bahkan mustahil untuk melakukan hacking dengan teknik DoS ini. Disinilah letak kelemahan teknik hacking DoS, hingga muncullah anaknya dengan teknik baru yakni DDoS yang terbukti lebih ampuh dari DoS.

2. DDoS (Distributed Denial of Service)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketidakmampuan teknik DoS dalam melumpuhkan target dengan bandwith besar maka muncullah teknik baru yang bernama Distributed Denial of Service atau disingkat DDoS. Secara harfiah sebenarnya teknik ini tidak mempunyai perbedaan yang berarti karena sama-sama menggunakan cara mengirimkan ping / permintaan kepada server target, namun yang membedakan adalah jumlah komputer yang digunakan dalam melakukan teknik ini. Jika pada DoS kita hanya menggunakan satu buah komputer, maka untuk DDoS kita memerlukan komputer yang banyak untuk melakukan ping secara bersamaan.


Komputer-komputer yang banyak tersebut bisa saha dijadikan zombie oleh peretas dengan teknik botnet. Maksud teknik botnet disini ialah peretas menyerang semua komputer terlebih dahulu lalu mengendalikannya melalui jarak jauh sehingga peretas tinggal mengirimkan sinyal dari komputer utama ke semua komputer zombie untuk melakukan ping secara bersamaan. Teknik DDoS ini bisa juga dilakukan oleh para grup atau kelompok hacker untuk melakukannya secara bersamaan dan waktu yang terjadwal. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang sudah merasakan pahitnya teknik DDoS ini seperti amazon, ebay dan yahoo.

Teknik hacking dengan DDoS ini akan menghabiskan sumber daya target seperti bandwith atau disk space sehingga semua pengguna yang terdaftar tidak bisa memakai sumber daya yang ada karena down dan sudah dikuras habis oleh sang peretas. Salah satu teknik yang termasuk ke dalam DDoS  adalah Request Spoofing di mana sang peretas akan mengirimkan request secara beruntun terhadap suatu data kepada target sampai target tidak bisa menangani permintaan tersebut.

Nah itulah tadi bagaimana pengertian dan perbedaan antara teknik hacking DoS dan DDoS. Apakah anda sudah paham sekarang mengenai kedua teknik tersebut? Jika belum maka anda dapat menanyakannya pada kolom komentar di bawah. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.