4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli PSU

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli PSU

Tips dan Cara Memilih PSU - Blogotech, Hai sobat blogotech, sudah lama admin tidak update informasi di website ini karena ada kesibukan di dunia nyata. Nah pada kesempatan kali ini blogotech akan berbagi mengenai tips bagi anda yang ingin merakit PC baik itu PC untuk pekerjaan sekolah ataupun kantor maupun PC untuk gaming. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam perakitan PC salah satunya ialah pemilihan PSU (Power Supply Unit). Pemilihan PSU yang salah dapat membuat kinerja PC anda menjadi tidak maksimal bahkan dapaat membuat komponen lainnya menjadi rusak sehingga kita harus memperhatikan pemilihan PSU yang berkualitas.

Power Supply komputer atau Power Supply Unit (PSU) adalah salah satu bagian dari komputer yang memegang peranan penting yaitu mensuplai daya pada keseluruhan perangkat yang dimiliki komputer. Power supply komputer biasanya melekat pada case komputer dan berbentuk persegi. Fungsi dari salah satu hardware komputer ini adalah untuk mengubah arus AC (arus bolak-balik) ke arus DC (arus searah) yang nantinya akan dapat memberikan daya bagi hardware komputer lain seperti harddisk, motherboard, CD room dan masih banyak lagi.

Sistem kerja power supply adalah dengan mengubah standart daya 120 V ke dalam bentuk aliran listrik yang dibutuhkan oleh perangkat-perangkat komputer, seperti motherboard dan disk drive yang biasanya memerlukan daya paling tidak sedikitnya 5V, serta cooling fan yang membutuhkan daya sebesar 12 V.

1. Perhatikan Watt yang berkelanjutan dan Puncak Wattage PSU

Nilai Watt adalah jumlah dasar untuk membantu anda membedakan PSU mana yang anda butuhkan untuk merakit komputer anda. Watt yang berkelanjutan dan Puncak Watt adalah penilaian berdasarkan tes oleh produsen PSU. Watt yang berkelanjutan disini maksudnya adalah menunjukkan bahwa PSU dapat memberikan kekuatan 500W terus menerus tanpa fluktuasi pada saat mencapai puncak wattage. Karena apabila PSU sering mengalami fluktuasi maka menjadikan arus listrik yang tidak stabil sehingga dapat merusak komponen komputer anda yang lainnya.

2. Perhatikan Jumlah Watt yang akan Digunakan

Selain memperhatikan arus watt yang berkelanjutan, pada saat memilih PSU kita juga harus memperhatikan watt PSU yang akan kita gunakan. Sebelum merakit PC pastikan anda sudah menghitung semua kebutuhan watt dari komponen komputer lainnya. Hal ini juga sangat diperhatikan bagi anda yang ingin merakit PC gaming karena pada komponen-komponen pada PC gaming biasanya memiliki wattage yang cukup besar sehingga PSU yang dibutuhkan juga harus memiliki kapasitas wattage yang besar.

3. Memiliih PSU dengan Rating 80+

Salah satu hal dasar dalam memilih PSU berkualitas adalah memilih PSU dengan rating 80+. PSU dengan rating 80+ disini artinya ialah PSU tersebut memiliki efisiensi 80% yang menunjukkan bahwa ia dapat mengkonversi 80% dari daya AC ke DC.

4. Jangan Membeli PSU “Murah”

Untuk tips yang terakhir ini optional karena tidak selamanya PSU murah itu tidak berkualitas. Namun kebanyakan memang pada PSU yang murah kinerjanya kurang maksimal sehingga menjadikan PSU sering cepat rusak bahkan dapat mempengaruhi komponen lainnya. Namun jika memang anda ingin membeli PSU dengan harga murah cobalah perhatikan poin 1-3 di atas karena hal yang paling penting dalam pemilihan PSU berkualitas adalah 3 poin di atas.

Nah itulah tadi 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli PSU. Dengan memperhatikan dan mengikuti 4 pedoman di atas maka anda akan mendapatkan PSU yang berkualitas untuk merakit PC anda. Jika anda masih bingung dalam memilih PSU karena mungkin banyaknya produk yang ditawarkan, maka cobalah membaca review dari pengguna PSU yang pernah menggunakannya sehingga dapat menambah kepercayaan diri anda dalam memilih PSU yang tepat. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.