Fungsi Bar-end atau Jalu Stang Motor yang Sering Tidak Diketahui

Fungsi Bar-end atau Jalu Stang Motor yang Sering Tidak Diketahui

Fungsi Bar-end Stang Motor - Blogotech, Pada setiap stang motor pasti selalu terpasang jalu atau bar-end di ujung stang motor tersebut. Bar-end atau jalu stang merupakan besi yang terdapat di ujung setang motor. Apakah anda tahu fungsi dari bar-end tersebut? Apakah hanya sebuah hiasan agar terlihat menarik? Tentunya pemasangan bar-end tersebut tidak sembarang dan bukan merupakan hiasan semata. Seringkali anak-anak muda sekarang yang suka memodifikasi motornya akan melepas bar-end tersebut karena dianggap cukup mengganggu handling. Hal tersebut tentunya akan berbahaya jika anda mengetahui kegunaan benda tersebut.

Nah tahukah anda fungsi jalu stang atau bar-end tersebut? Jika belum maka kali ini blogotech akan berbagi informasi mengenai fungsi bar-end pada stang motor. Fungsi pertama pemasangan bar-end pada stang motor tersebut adalah sebagai balancer atau penyeimbang agar motor tetap stabil pada saat berkendara. Balancing merupakan salah satu komponen kenyamanan dalam berkendara jika melalui jalan yang tidak mulus. Apabila tidak ada balancing dalam penggunaan stang motor maka dapat membuat stang menjadi sering goyang sehingga dapat membahayakan penggunanya.

Kegunaan pemasangan jalu stang tentunya sudah diperhitungkan oleh insinyur teknologi sehingga bukan hal yang sia-sia. Besi kecil tersebut jika anda tetap nekat melepasnya maka biasanya akan terjadi getaran pada stang pada saat melewati jalan yang rusak atau tidak mulus. Tentunya ini sangat membahayakan karena dapat mengganggu keseimbangan sehingga dapat beresiko membuat jatuh pengendaranya. Kecil namun sangat membahayakan jika melepasnya bukan? Bahkan penggunaan bar-end ini juga digunakan pada motor yang dilombakan dalam Moto GP. Bayangkan saja pembalap Moto GP yang notabene melalui race atau jalan yang mulus saja menggunakan bar-end, kenapa anda harus melepasnya?

Selain sebagai penyeimbang, pemasangan bar-end pada stang motor juga berguna untuk penahan stang apabila motor jatuh sehingga tidak menambah kerusakan pada motor. Pemasangan bar-end juga menambah kenyamanan saat berkendara. Jika tidak percaya coba saja anda lepas bar-end anda dan rasakan perbedaannya saat berkendara. Oleh karena itu jika bar-end anda lepas atau hilang disarankan untuk mencari pasangannya atau penggantinya agar stang tidak gotang.

Nah itulah tadi manfaat pemasangan bar-end pada stang motor. Kecil-kecil namun sangat berguna sekali bukan? Oleh karena itu bijak-bijaklah jika anda memodifikasi motor dan ingin melepas bar-end tersebut karena dapat membahayakan anda sendiri sebagai pengendara. Tentunya anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.