Cara Mengatasi CMOS Fail pada Saat Menyalakan Komputer (Reset BIOS CMOS PC)

Cara Mengatasi CMOS Fail pada Saat Menyalakan Komputer (Reset BIOS CMOS PC)

Cara Reset BIOS CMOS - BlogotechApakah anda pernah mengalami komputer tiba-tiba mati tanpa sebab pada saat ingin menyalakan komputer, kemudian pada layar muncul tulisan CMOS Fail? Mungkin anda berpikir ada kerusakan pada komputer anda dan ingin membawanya ke service komputer. Jangan dibawa terlebih dahulu, anda sendiri pun bisa mengatasinya di rumah. Penyebab utama dari masalah tersebut adalah adanya kerusakan pada BIOS.

BIOS (Basic Input Output System) adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengatur perangkat keras (hardware) dari sebuah komputer. Sistem BIOS sendiri biasanya ditanamkan dalam ROM atau CMOS yang terdapat pada motherboard. Apabila terjadi masalah pada BIOS biasanya komputer akan mengalami gangguan seperti kegagalan pada saat startup atau booting, kemudian akan muncul pesan CMOS Fail, Hardware not recognize, CMOS  Error, CMOS Cheksum Bad, CMOS Wrong dan lain sebagainya. Meskipun terlihat sepele namun jangan diremehkan karena jika dibiarkan maka dapat merusak komponen-komponen lain yang ada di motherboard.

Hal yang perlu anda lakukan jika menemui masalah seperti di atas adalah dengan melakukan clear atau reset pada BIOS anda. Caranya sangat mudah, anda pun dapat melakukannya sendiri tanpa memerlukan bantuan service komputer. Bagaimana caranya? Berikut Blogotech sajikan cara mengatasi CMOS Fail dengan melakukan reset BIOS :

1. Matikan komputer anda terlebih dahulu.

2. Cabut semua kabel di CPU yang terhubung dengan listrik (kabel power, monitor, speaker, keyboard, mouse, dan lain-lainnya)

3. Setelah dipastikan semua kabel yang terhubung dengan listrik tercabut, selanjutnya anda tekan tombol power pada CPU selama kurang lebih 5-10 detik, Hal ini bertujuan untuk menghabiskan semua listrik yang masih tersisa di CPU.

4. Kemudian bukalah case CPU anda dan carilah baterai CMOS (seperti baterai jam tangan). Lihat gambar di bawah

5. Apabila sudah menemukannya selanjutnya lepaslah baterai CMOS yang tertanam pada motherboard. Jika susah untuk melepasnya bisa dengan menggunakan bantuan obeng minus.

6. Apabila sudah terlepas jangan langsung dipasang terlebih dahulu, disini anda akan mereset CMOS dengan cara melakukan clear CMOS. Caranya yaitu dengan cara mencari jumper CMOS. Jumper CMOS biasanya terdiri dari 2 pin atau 3 pin. Untuk mereset BIOS pada jumper 2 pin anda hanya perlu menghubungkan 2 pin tersebut dengan menggunakan jumper. Jika anda tidak memiliki jumper anda bisa menggunakan obeng kecil asalkan 2 pin tersebut terhubung. Sedangkan untuk mereset BIOS pada jumper 3 pin anda hanya perlu melepas jumper dan memindahkan posisi awal jumper CMOS dari 1-2 menjadi 2-3. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat gambar di bawah.

7. Biarkan selama kurang lebih 5 detik untuk mereset BIOS.

8. Setelah itu kembalikan posisi jumper CMOS ke posisi awal 1-2.

9. Pasang  kembali baterai CMOS ke posisi awal seperti sebelum dipasang.

10. Pasang kembali case CPU anda dan colok semua kabel yang terhubung dengan CPU (jangan dihubungkan ke listrik terlebih dahulu)

11. Hubungkan CPU ke listrik dan nyalakan, maka disini proses reset BIOS telah berhasil dan komputer dapat beroperasi normal kembali tanpa ada gangguan.

Sangat mudah sekali bukan caranya? Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa memerlukan bantuan service komputer. Selain untuk menambah pengetahuan anda dalam mengatasi kerusakan komputer selain itu anda juga dapat menghemat biaya untuk melakukan service komputer. Selamat mencoba semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.