Cara Awal Mengatasi Laptop yang Terkena Air

Cara Awal Mengatasi Laptop yang Terkena Air

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air - Blogotech, Laptop yang tidak sengaja terkena air mungkin adalah mimpi buruk bagi setiap para penggunanya. Apalagi, jika bagian laptop yang terkena seperti keyboard. Hal ini tentunya beresiko dapat merusak bagian-bagian penting seperti keyboard bahkan yang lebih fatal dapat merusak motherboard dan menyebabkan laptop menjadi mati total.

Cara-Mengatasi-Laptop-Terkena-Air
Meski kedengarannya itu merupakan hal yang sepele, alangkah baiknya jika anda benar-benar menjaga laptop anda dari peristiwa seperti ini. Karena jika tidak, resiko yang anda terima bisa saja menjadi lebih berat dari yang diperkirakan.

Nah, lalu bagaimana jika laptop kita terkena air? Apa yang harus kita lakukan pertama kali? Nah oleh karena itu sekarang blogotech akan berbagi informasi cara mengatasi laptop yang baru saja terkena air, berikut ini caranya:

1. Melepaskan Kabel Charger

Jika laptop anda sedang di-charge pada saat terkena air, maka segera lepas kabel charger-nya. Laptop yang terkena air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi dan dapat mengakibatkan korslet. Akibatnya, hardware utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air. Sedikit catatan apabila laptop anda terkena air pada saat di-charge dan laptop anda langsung mati total, maka langsung cabut kabel charger dan jangan menyambungkan kabel charger ke laptop. Jangan menekan tombol power atau menghidupkan laptop sementara karena dapat menghantarkan arus listrik.

2. Membalikkan Badan Laptop

Apabila laptop terkena air pada bagian keyboard maka segera balikkan badan laptop anda ke arah bawah. Cara ini dilakukan untuk membuang air masuk melalui sela-sela keyboard. Jika memungkinkan, letakkan badan laptop dalam posisi terbalik dan tunggu 1-2 jam untuk menunggu semua air keluar.

3. Membersihkan Bagian Laptop yang Terkena Air

Sambil membalikkan laptop, periksa kembali bagian-bagian laptop lain jika terkena air seperti lubang kabel USB, lubang charger, layar, kamera layar, dan bagian kecil lainnya yang berpotensi terkena tumpahan air. Jika terkena air maka bersihkan bagian-bagian tersebut dengan menggunakan kapas, tisu atau cotton bud untuk menyerap cairan yang masuk

4. Meletakkan Laptop di Dalam Beras

Sama halnya seperti smartphone yang terkena air, simpan laptop ke dalam beras. Cara ini dilakukan mengingat beras adalah bahan yang bisa mengeringkan dan setidaknya bisa menghisap cairan keluar. Namun pertimbangkan cara ini jika badan laptop kami memiliki banyak lubang atau celah karena bisa saja beras masuk ke celah tersebut dan susah untuk dikeluarkan.

5. Membawa Laptop ke Service

Apabila semua cara di atas sudah anda lakukan dan laptop tidak juga menyala, maka bawalah laptop anda ke tukang service laptop atau komputer untuk memeriksakan jika ada komponen-komponen yang rusak akibat air tersebut.

Nah itulah tadi 5 cara awal mengatasi laptop yang terkena air. Hal yang paling utama ialah jangan panik ketika laptop anda terkena air dan lakukan cara-cara di atas. Namun perlu diperingarkan kembali cara-cara di atas tidak menjamin sepenuhnya laptop anda akan kembali menyala, cara-cara di atas hanyalah langkah awal untuk mengeluarkan air yang ada pada laptop untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Demikian arikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

Еvery weekend i used to pay a quick visit this web page, aѕ i want еnjoyment, since this this site conations in faϲt nice funny data too.

click for more : How To Password Protect Foldeг Business Using Yоur
ChilԀhood Memories

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.