Cara Perawatan Laptop Gaming Agar Awet

Cara Perawatan Laptop Gaming Agar Awet

Cara Perawatan Laptop Gaming - Blogotech, Bagi anda yang sering bermain game terus menerus tentunya pernah mengalami sedikit masalah pada performa laptopnya. Biasanya laptop akan menjadi lemot atau lag pada saat bermain game. Apalagi jika laptop yang digunakan bukan merupakan laptop gaming. Untuk perbedaanya sendiri antara laptop gaming dengan laptop biasa secara gamblang bisa dilihat dari harganya. Laptop gaming biasanya memiliki harga dengan kisaran Rp. 10 juta ke atas sedangkan untuk laptop biasa (laptop multimedia) biasanya berkisar di bawah Rp. 10 juta.

Namun walaupun anda sudah menggunakan laptop gaming bukan berarti laptop anda akan awet terus dalam memainkan game. Tentunya lama kelamaan performa laptop juga akan menjadi turun. Nah agar laptop anda tidak mengalami hal seperti itu tentunya anda perlu melakukan sedikit perawatan terhadap laptop anda. Perawatan laptop gaming berbeda dengan perawatan laptop multimedia. Masih bingung bagaimana cara melakukan perawatan pada laptop gaming anda? Nah sekarang blogotech akan berbagi tips merawat laptop gaming agar awet hingga bertahun-tahun. Aadapun cara perawatannya adalah sebagai berikut:

1. Memakai Sistem Pendinginan (Cooler / Fan) yang Baik

Laptop gaming biasanya memang sudah disertai dengan fan atau kipas yang mumpuni. Namun jika digunakan dalam waktu yang lama tentunya laptop juga bisa menjadi panas. Selalu cek keadaan fan laptop gaming anda apakah sudah berfungsi dengan baik, apakah perlu dibekali dengan fan tambahan (fan eksternal)? Hal ini tentunya diperlukan karena apabila fan rusak maka laptop akan menjadi cepat panas dan akan mempengaruhi performa laptop.

2. Memakainya dengan Baik dan Benar

Selanjutnya ialah perhatikan juga pemakaian dalam laptop gaming. Misalkan jangan memakai laptop di atas kasur karena hal tersebut dapat menutup ventilasi udara sehingga fan tidak dapat bekerja dengan sempurna, kemudian jangan juga terlalu banyak memindah-mindah atau membawa laptop yang memakai hard disk ke medan yang sulit karena dapat mengakibatkan platter tergores, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Melakukan Perawatan Minimal 1 Tahun Sekali

Semua barang elektronik tentunya membutuhkan maintenance atau waktu perawatan. Laptop pun termasuk barang elektronik tentunya perlu dilakukan perawatan sendiri minimal setidaknya setahun sekali. Hal yang perlu diperhatikan di antaranya adalah melakukan pembersihan debu, pelapisan ulang pasta prosesor dan VGA, serta pengecekan software. Mungkin terdengar sangat sederhana namun banyak sekali pengguna laptop gaming yang sering melupakan hal ini.

4. Memiliki Port Thunderbolt 3

VGA merupakan salah satu komponen penting yang harus ada di dalam laptop gaming. Namun VGA internal laptop tidak bisa diupgrade, sehingga dalam waktu setahun dua tahun sudah ketinggalan zaman. Nah untuk mengatasinya anda harus memiliki port Thunderbolt 3. Dengan menggunakan Port Thunderbolt 3 anda bisa memakai VGA eksternal sekaligus. Anda juga dapat mengupgrade VGA bawaan laptop dengan memakai VGA desktop yang tentu akan dapat membatu performa VGA Bawaan Atau VGA Eksternal.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.