Cara Mengatasi Sumbatan Pinball (Gotri), Penyebab Gas Elpiji Tidak Mengalir

Cara Mengatasi Pinball (Gotri) Penyebab Gas Elpiji Tidak Mengalir - Blogotech, Pada kesempatan kali ini Blogotech akan berbagi cara mengatasi gas elpiji yang tidak mengalir. Kalian pasti pernah mengalami hal ini bukan? Biasanya hal ini terjadi saat kita baru saja mengganti gas elpiji dan setelah regulator dipasang tiba-tiba kompor tidak mau menyala karena gas yang tidak mau mengalir di regulator. Bagi yang belum mengetahui cara memperbaikinya mungkin berpikir ada kerusakan pada tabung elpiji, regulator ataupun pada kompor sendiri. Tidak sedikit orang yang mengalami hal ini justru mengganti regulator gasnya.

Tahukah kalian penyebab utama gas tidak mau mengalir tersebut? Penyebab utama gas tidak mau mengalir ke kompor dikarenakan adanya sumbatan pinball (gotri) pada regulator gas. Apa itu pinball regulator? Pinball adalah benda yang berbentuk seperti kelereng (gotri) yang terdapat pada regulator gas. Jika anda menggoyangkan regulator maka akan berbunyi "klik-klik" seperti kelereng yang bergulir, itulah pinball yang terdapat pada regulator. Kegunaan dari pinball regulator ini adalah untuk menyumbat atau menutup aliran gas yang keluar dalam skala besar sehingga dapat mencegah apabila ada terjadi kebocoran di area selang regulator dan kompor. Namun kadang kala pinball ini juga secara otomatis menyumbat aliran gas elpiji pada saat mengganti gas elpiji. Hal ini dikarenakan adanya perubahan tekanan gas secara tiba-tiba sehingga pinball secara otomatis mendeteksi dan menyumbat aliran gas. Itulah yang menyebabkan gas elpiji tidak mau mengalir sehingga kompor tidak dapat menyala.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi penyebab pinball (gotri) yang menyumbat aliran gas elpiji adalah sebagai berikut:
  • Lepaskan regulator dari tabung elpiji terlebih dahulu.
  • Kemudian bentangkan selang regulator untuk memastikan selang tidak terlipat karena selang yang terlipat juga dapat menyebabkan perubahan tekanan gas yang membuat pinball (gotri) menyumbat regulator.
  • Setelah dipastikan selang tidak terlipat selanjutnya angkat dan arahkan regulator ke atas.
  • Lalu goyang-goyangkan regulator secara perlahan hingga muncul bunyi "klik-klik" sebagai tanda pinball sudah bergulir dan tidak menyumbat aliran regulator lagi.
  • Apabila sudah selanjutnya pasang regulator pada tabung gas elpiji dengan benar dan pastikan tidak ada gas yang bocor (bunyi mendesis). Pastikan ruang dapur anda memiliki ventilasi atau membuka jendela terlebih dahulu untuk mencegah kebocoran gas.
  • Coba nyalakan kompor secara perlahan dan hati-hati.

Nah itulah tadi cara mengatasi sumbatan pinball (gotri) yang menyebabkan gas tidak mau mengalir. Biasanya setelah mengikuti cara di atas maka gas dapat mengalir dan kompor dapat menyala kembali. Namun apabila kompor masih tidak dapat menyala maka kamu dapat mencoba cara kedua berikut ini:
  • Lepaskan regulator dari tabung elpiji terlebih dahulu.
  • Baringkan tabung elpiji secara horizontal di atas lantai.
  • Pastikan selang regulator tidak terlipat.
  • Angkat dan arahkan regulator ke atas.
  • Kemudian goyang-goyangkan regulator secara perlahan hingga muncul bunyi "klik-klik" sebagai tanda pinball sudah bergulir dan tidak menyumbat aliran regulator lagi.
  • Apabila tetap tidak terdengar bunyi "klik-klik" berilah ketukan-ketukan kecil pada bagian atas regulator sambil buka-tutup kenop pada regulator hingga terdengar suara pinball bergulir.
  • Lalu pasanglah regulator pada tabung elpiji tadi dengan posisi selang tetap mengarah ke atas.
  • Nyalakan kompor anda secara perlahan dan hati-hati.
  • Apabila kompor sudah dapat menyala maka biarkan tabung dalam posisi berbaring sementara selama +- 10 detik lalu tegakkan kembali tabung elpiji tadi pada posisi yang benar.

Nah itulah tadi cara mengatasi gas elpiji yang tidak mengalir karena disebabkan sumbatan pinball (gotri). Apabila anda sudah mencoba cara di atas dan gas tetap tidak dapat mengalir maka ada kemungkinan ada kebocoran pada gas ataupun kerusakan pada karet yang ada di tabung elpiji. Jika karet pada tabung elpiji yang rusak maka anda dapat menggantinya dengan karet yang baru. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung.

1 comment for "Cara Mengatasi Sumbatan Pinball (Gotri), Penyebab Gas Elpiji Tidak Mengalir"

  1. Wow! Thank you! I continuously wanted to write on my blog something
    like that. Can I take a portion of your post to my blog?

    ReplyDelete

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.