Review Perbedaan Myob Accounting dan Zahir Accounting

Review Perbedaan Myob Accounting dan Zahir Accounting

Blogotech - Di masa lalu, belum ada teknologi yang bisa membantu mempermudah pembukuan. Namun saat ini sudah banyak software yang mendukung pembukuan dua diantaranya ialah myob accounting dan zahir accounting. Anda yang masih bingung dengan keduanya maka kali ini kita akan mereview perbedaan myob accounting dan zahir accounting. Perlukah membandingkan keduanya? Jika anda menginginkan software yang bisa membantu anda menghandle pembukuan dengan lebih mudah, tentu saja mengetahui perbedaan keduanya bisa sangat bermanfaat untuk anda. review perbedaan myob accounting dan zahir accounting.

Review Perbedaan Myob Accounting dan Zahir Accounting (Myob Poin)

Review-Perbedaan-Myob-Accounting-dan-Zahir-Accounting
Pertama yang akan kita review ialah myob accounting. Myob merupakan program aplikasi akuntasi dimana ia bisa digunakan untuk membantu menghandle pembukuan secara otomatis dan lengkap tentunya. Tidak hanya itu, hasil pembukuan menggunakan software ini menjamin kecepatan dan ketepatan. Software ini pertama kali dikembangkan di Australia sekitar tahun 90an. Software ini dikembangkan di Australia sehingga memang istilah-istilah programnya menggunakan bahasa Inggris Australia.

Anda yang sudah akrab dengan dunia akuntansi dan software-softwarenya pasti sudah terbiasa dengan istilah bahasa Inggris. Jadi tidak akan masalah sebenarnya jika orang yang sudah banyak bergelut didunia akuntansi mengoperasikan software ini. Myob ini sebenarnya tidak hanya tersedia dalam versi asli Australia. Namun Myob juga sudah dikembangkan kedalam versi lainnya yaitu untuk digunakan di Singapua, Hongkong, Indonesia, dan beberapa negara dikawasan Asia lainnya.

Tujuan dikembangkannya Myob kedalam versi lain ialah agar bisa disesuaikan terutama dengan peraturan perpajakan dimasing-masing negara. Setiap negara memiliki peraturan dan kebijakan tersendiri dalam mengatur pajak sehingga tidak semua software bisa digunakan untuk membuat pembukuan. Untuk Myob sendiri ada tiga jenis atau versi yang bisa dipilih yaitu versi basic, accounting, dan premier. Ketiganya tentu memiliki perbedaan, seperti diantaranya:
  • Dari segi modul - Untuk versi basic tidak ada modul seperti Inventory, pembelian, dan laporan hutang perusahaan. Sedangkan versi accounting modulnya sudah lengkap bahkan ada kemampuan stock opname. Untuk versi premier, tentu saja modul sudah tersedia dengan sangat lengkap.
  • Dari segi kompatibilitas - Versi accounting tidak bisa digunakan lebih dari satu komputer sedangkan versi premier bisa digunakan oleh banyak komputer.
  • Dari segi mata uang - Versi accounting hanya tersedia single currency sedangkan versi premier tersedia dalam multi currency.

Pada review perbedaan myob accounting dan zahir accounting ini, bisa dikatakan bahwa  Myob sudah tidak asing dikalangan para pelaku bisnis di Indonesia. Ini karena Myob sendiri sudah dibekali dengan berbagai kelebihan diantaranya:
  1. Mudah untuk dioperasikan.
  2. Pengguna bisa mengeksplor file dengan prosedur yang simple misalnya saat mengeksplor laporan ke program excell.
  3. Dipastikan tingkat security untuk setiap user sudah valid.
  4. Myob sudah bisa digunakan aplikasinya untuk 105 jenis perusahaan yang berbeda sesuai dengan rekomendasi Myob.
  5. Penyajian laporan bisa ditampilkan dalam bentuk komparasi dan analisis dalam bentuk grafik yang rapih.

Jika Myob memiliki kelebihan, tentunya ia juga memiliki kekurangan. Untuk Myob sendiri, kekurangannya tidak tersedia fitur pajak juga pengelolaan harta tetap. Kemudian, ia juga tidak mendukung laporan konsolidasi yang notabennya dibutuhkan perusahaan multi company.

Review Perbedaan Myob Accounting dan Zahir Accounting (Zahir Poin)

Review-Perbedaan-Myob-Accounting-dan-Zahir-Accounting
Selanjutnya yang akan kita review ialah Zahir accounting. Sama halnya seperti Myob, Zahir merupakan program atau software untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan akuntansi. Zahir ini sendiri dikembangkan sekitar tahun 1999 meskipun ia pertama kali dibuat tiga tahun sebelumnya. Di Indonesia sendiri, popularitas Zahir accounting sudah tidak diragukan lagi karena ia sudah banyak digunakan diberbagai macam perusahaan di Indonesia.

Software akuntansi lokal ini tidak bisa dianggap remeh karen akualitasnya yang tidak kalah dengan software buatan luar. Software ini berbasis Windows 98/2000NT/XP/Vista. Ia dilengkapi dengan fitur lengkap, simple, inovatif, dan multi fungsi. Berbeda dengan Myob yang menggunakan bahasa Inggris dalam programnya, Zahir accounting menggunakan bahasa Indonesia karena ia produk lokal. Sehingga dari segi penggunaan memang software ini lebih mudah digunakan masyarakat Indonesia.

Dari review perbedaan myob accounting dan zahir accounting, Zahir memiliki perbedaan dari segi fasilitas dan fitur akuntansi dimana ketersediaannya lebih lengkap dalam membantu pengguna menyelesaikan tugas-tugasnya seperti pencatatan jurnal umum, pembelian-penjualan, kas masuk-keluar, jurnal transaksi, neraca, kas hutang-piutang, dan masih banyak lagi. Kemudian, fasilitas lainnya seperti pencatatan biaya untuk sebuah proyek sudah didukung dengan sistem Activity Based Costing.

Tidak hanya itu, fasilitas pencatatan persediaan menggunakan sistem biaya juga tersedia seperti LIFO, FIFO serta Average Costing. Kemudian ada juga fasilitas untuk pembuatan jurnal seputar piutang dengan adanya sistem penghapusan otomatis. Lalu ada juga fasilitas pengelolaan harga tetap juga pembuatan jurnal penyusutan dengan sistem otomatis. Kemudian tersedia juga dasilitas untuk pencetakan faktur baik itu untuk pembelian, penjualan, maupun pajak.

Software Zahir accounting ini tersedia dalam berbagai macam produk. Beberapa produk tersebut diantaranya adalah:
  • Zahir Merdeka
  • Zahir Payroll V 1.0
  • Zahir POS 5.1
  • Zahir Report Server 5.1
  • Zahir FlexyTrade 5.1
  • Zahir FlexyMoney 5.1
  • Zahir Small Business Accounting 5.1
  • Zahir Accounting Standard 5.1Zahir Accounting Personal 5.1
  • Zahir Enterprise 5.1

Dari Review Perbedaan Myob Accounting dan Zahir Accounting, Mana yang Lebih Unggul?

Mengelola keuangan atau bergelut dibidang akuntansi membutuhkan konsentrasi yang tinggi serta alat pendukung yang bisa membantu mempermudah dan meringankan tugas. Ada banyak software yang tersedia dan diklaim memiliki program dan fitur lengkap untuk menyelesaikan pekerjaan seputar akuntansi. Namun diantara banyaknya software, Myob dan Zahir adalah pemain lama dan sudah cukup dikenal di Indonesia. Lalu mana yang lebih baik?

Kedua software ini memiliki keunggulan tersendiri. Berikut beberapa poin yang bisa digarisbawahi sebagai referensi anda dalam memilih:
  1. Pertama adalah dari segi bahasa. Myob adalah software buatan luar sedangkan Zahir buatan lokal. Dari segi bahasa, tentu saja Zahir lebih mudah untuk dioperasikan. Sedangkan untuk mengoperasikan Myob, anda harus bisa juga memahami bahasa Inggris.
  2. Kedua dari segi fitur dan fasilitas. Pada software Myob, terdapat beberapa fitur yang masih kurang lengkap seperti fitur pengelolaan pajak salah satunya. Sedangkan untuk Zahir sudah tersedia dalam berbagai varian produk dengan fitur yang sudah disesuaikan menurut kebutuhan akuntansi di Indonesia.
  3. Dari segi kompatibilitas dan efektivitas, Myob sebenarnya lebih cocok untuk digunakan oleh kalangan yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang akuntansi. Sedangkan Zahir memiliki program dan fitur yang lebih user-friendly sehingga bisa digunakan oleh siapapun termasuk yang belum begitu ahli dalam bidang akuntansi.

Itulah review perbedaan myob accounting dan zahir accounting untuk referensi anda dalam memilih software akuntansi terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dalam menentukan pilihan. Terima kasih telah berkunjung.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.