Review Perbedaan Mouse Optik dan Laser

Review Perbedaan Mouse Optik dan Laser

Perbedaan Mouse Optik dan Mouse Laser - Blogotech, Dalam artikel kali ini Blogotech akan sedikit mereview tentang mouse optik dan laser, semoga dengan adanya artikel ini bisa mengetahui perbedaan anatara mouse optik dan laser. Sebagaimana yang telah kita ketahui mouse merupakan benda kecil yang siapa sangka memiliki peran yang cukup penting bagi dunia perteknologian, terutamaa dalam menjalankan komputer, didalam komputer mouse memeliki peran sebagai alat untuk menjalankan atau menggerakkan arah kursor yang ada pada layar komputer.

Perbedaan-Mouse-Optik-dan-Mouse-Laser
Mouse Optik vs Mouse Laser
Mouse memiliki dua jenis yaitu mouse optik dan mouse laser. Namun kedua mouse ini baik itu mouse optik maupun mouse laser tidak memiliki perbedaan yang jauh, tujuannya itu masih sama yati untuk menggerakkan kursos, namun mungkin cara kerjanya yang berbeda, selain itu dari segi hargapun bisa menentukan perbedaan itu.

Simaklah berikut ini beberapa perbedaan yang bisa kita lihat secara bersama-sama anatara mouse optik dan laser :

Pertama : Sumber Cahaya

Mouse optik dan laser itu berbeda dalam menggunakan sumber cahayanya, untuk mouse optik itu menggunakan sumber cahaya LED, sedangkan untuk mouse laser menggunakan laser infra merah, yang mana cahayanya itu tidak bisa dilihat secara kasat mata. Dengan begitu untuk mengenali pergerakan dari kursos pada layar untuk mouse optik bisa dilihat dari pergerakan kursor tersebut mulai dari pergerakan ke kiri ke kanan ke atas ke bawah, sedangkan untuk mouse laser hanya bisa dilihat dari sumber cahaya yang dikeluarkannya, dan cahaya-cahayanya itu biasanya berwarna merah atau biru.

Kedua : Dilihat dari DPI

Apa itu DPI ? DPI atau Dot Per Inc merupakan ukuran atau banyak tidaknya titik pada layar yaitu pada  saat mouse bergeser atau bergerak. diantara mouse optik dan laser mana yang memiliki Dpi paling tingggi? Jawabannya ya pasti Mouse laser. Mouse laser biasanya  memiliki resolusi sekitar 6000 Dpi,sedangkan untuk mouse optik hanya memiliki 3000 dpi saja. jadi semakin tinggi ukuran Dpi pada mouse maka semakin sensitivitas pula mouse tersebut. sehingga pada saat menggunakannya mouse laser lebih cepat dalam pergerakkannya.

Ketiga : Permukaan Mouse

Perbedaan ketiga terletak pada permukaan mouse, untuk mouse optik sendiri harus digunakan pada permukaan yang lunak, dna cenderung harus memerlukan mouse pad, dan biasanya mouse optik menggunakan mouse pad kain, usahkan jangan menggunakan permukaan yang kasar dan licin karena bisa mempengaruhi pergerakannya, sedangkan untuk mouse laser itu untuk saat ini tidak memiliki kendala apapun, karena mouse bisa digunakan pada medan permukaan apa saja baik itu permukaan kasar dan licin sekalipun mouse laser masih bisa digunakan dengan baik.

Keempat : Jam Terbang Pengguna

Maksud dari jam terbang ini adalah pengalaman, maksudnya memang mouse optik itu lebih dulu ada di bandingkan dengan mouse laser. Meskipun begitu mouse optik juga merupakan alat yang bagus, bagimana tidak mouse optik diciptakan sejak tahun 1980, dan mouse optik ini untuk mencapai pada masa bisa diperjual belikan yaitu melalui beberapa perjalanan yang cukup panjang.  Sedangkan untuk mouse laser itu pertama kali diciptakan pada tahun 2004 oleh Logiteck. untuk saat ini di zaman yang sudah canggih ini menggunakan mouse laser merupakan cara terbaik bagi para penggunanya, terutama bagi para pengguna komputer yang memiliki ukuran besar, diharapkan menggunakan mouse yang memiliki Dpi yang tinggi. Karena mouse laser memiliki sensitifitas dan akurasi yang tinggi.

Kelima : Pemakaian Baterai

Ternyata mouse optik lebih boros baterai dari pada mouse laser, hal ini dikarenakan mouse optik lebih banyak menggunakan tenaga, berbeda dengan mouse laser lebih sedikit, bahkan bisa bertahan dalam beberapa jam. Jadi sebaiknya gunakanlah mouse laser selain bisa bisa menghemat baterai mouse laser juga bisa dicas ulang sehingga lebih ekonomis dan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk itu.

Keenam : Harga

Untuk harga dari kedua jenis mouse ini, baik mouse optik maupun laser memiliki daftar harga yang berbeda, mulai dari harga ekonomis hingga harga fantastis pun ada hal itu tergantung dari kualitas dan desainnya. Dan jika dibandingkan dengan mouse optik mouse laser lebih memiliki harga yang cukup lumayan mahal, hal ini karena sebagimana yang telah disebutkan tadi, bahwa mouse laser memiliki desain yang lebih menarik dan bagus bila dibandingkan dengan mouse optik. Meskipun begitu baik itu mouse optik maupun mouse laser kedua-duanya memiliki peran yang sangat penting.

Baiklah hanya itu saja informasi yang bisa Blogotech berikan seputar review perbedaan mouse optik dan laser, semoga dengan pembahasan artikel diatas bisa menambah wawasan, kita juga bisa mengetahui apa saja perbedaan dari mouse optik dan laser. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat, dan simak juga beberapa artikel kami lainnya disini. Terima kasih telah berkunjung.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.