Review Lebih Bagus Layar iPhone X atau Samsung Galaxy Note 8?

Review Lebih Bagus Layar iPhone X atau Samsung Galaxy Note 8?

Blogotech - Seperti yang kita ketahui Apple teranyar ini telah merilis smartphone unggulan mereka yakni iPhone X. Banyak keunggulan yang ditampilkan dalam iPhone X. Salah satunya pada bagian layar yang sudah dimodifikasinya. iPhone X menggunakan panel OLED yang dapat menghasilkan warna yang lebih kaya. Hanya saja diketahui bahwa panel ini punya satu kelemahan, yakni burn in.

Pengertian burn in adalah suatu keadaan dimana ketika ada gambar yang 'tersimpan' di layar ketika layar smartphone terus menerus menampilkan gambar yang sama dalam jangka waktu tertentu. Peristiwa burn in ini sering terjadi pada jenis layar panel OLED, AMOLED dan bermacam variannya, seperti yang juga digunakan di banyak ponsel Samsung, juga Google Pixel.

Produsen iPhone X, Apple pun sudah memperingatkan kepada para pengguna mengenai kemungkinan terjadinya burn in ini. Namun Apple juga sudah mengkatakan  sudah meminimalisir kemungkinan terjadinya gejala burn ini itu dengan menggunakan standar yang tinggi tidak seperti vendor smartphone yang lainnya.

Baru-baru ini, untuk mengetahui lebih bagus layar smartphone yang mana, sebuah situs Cetizen yang berasal dari Korea Selatan  melakukan uji terhadap layar iPhone X dan sejumlah smartphone lain yang juga menggunakan panel layar sejenis, yakni Samsung Galaxy S7 Edge dan Galaxy Note 8.

Dari hasil pengujian Cetizen tersebut diketahui bahwa layar iPhone X akan menampilkan gejala burn in setelah layarnya menampilkan gambar yang sama secara terus-menerus selama 510 jame. Sedangkan pada Samsung Galaxy S7 Edge dan Samsung Galaxy Note 8, gejala burn in yang muncul setelah 510 jam jauh lebih parah daripada gejala burn in yang terjadi pada iPhone X.

Dari hasil pengujian tersebut mereka menyimpulkan bahwa  kualitas oanel layar iPhone X memang lebih bagus daripada Samsung Galaxy S7 Edge ataupun Samsung Galaxy Note 8. Meskipun dikatakan begitu, namun hasil pengujian tersebut masih belum memiliki akurasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan tentunya sangat sulit untuk  menampilkan gambar yang sama pada smartphone selama 510 jam. Bagaimana pendapat anda?

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.