Penyebab Aplikasi Force Close dan Muncul Tulisan 'Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti' di Smartphone

Penyebab Aplikasi Force Close dan Muncul Tulisan 'Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti' di Smartphone

Blogotech.net - Apakah kamu pernah mengalami aplikasi berhenti secara tiba-tiba saat membuka games atau aplikasi di smartphone? Biasanya setelah force close tersebut akan muncul tulisan "sayangnya aplikasi telah berhenti". Tentunya hal tersebut membuat kita sangat kesal bukan? Apalagi ketika sedang asyik-asyiknya bermain game atau menggunakan suatu aplikasi. Rasanya pasti ingin melempar smartphonemu begitu saja bukan?

Nah tahukah kamu bahwa force close aplikasi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab tersebut mulai dari yang sederhana hingga mengindikasikan adanya permasalahan yang sangat fatal bisa saja terjadi pada smartphonemu. Faktanya, permasalahan force close ini biasanya sering terjadi pada smartphone yang sudah lama/berumur. Biasanya tulisan peringatan "sayangnya aplikasi telah dihentikan" tersebut muncul karena kegagalan smartphone dalam melakukan wipe atau factory reset. Karena kegagalan factory reset tersebut maka menyebabkan adanya file yang crash sehingga mengakibatkan aplikasi menjadi berjalan tidak normal.

Penyebab lain dari aplikasi force close tersebut ialah apabila kamu melakukan update custom rom dengan rom yang tidak stabil. Akibatnya rom yang tidak kompatibel ini akan membebani smartphone sehingga apabila menggunakan terlalu banyak aplikasi menjadi tidak stabil.

Terakhir apabila aplikasi sering force close maka penyebab tersebut adanya indikasi kerusakan pada eMMC smartphone kamu. Hal ini menjadi penyebab paling fatal karena dapat menyebabkan smartphone menjadi bootloop (smartphone hanya bisa nyala sampai logo). Penyebab eMMC rusak ini biasanya disebabkan memori internal smartphone yang terlalu kecil.

Tanda awal dari eMMC rusak ialah pada saat force close tiba-tiba maka akan keluar tulisan peringatan "sayangnya aplikasi telah dihentikan". Walaupun kamu melakukan reset tetap file yang kamu reset tidak akan hilang dan masih ada. Apabila sudah fatal maka smartphone akan mengalami bootloop dan satu-satunya cara memperbaikinya hanya dengan mengganti eMMC-nya.

Nah itulah tadi beberapa penyebab aplikasi sering force close dan muncul tulisan peringatan "sayangnya aplikasi telah dihentikan". Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.