Mengenal Macam-Macam Kode Rahasia Error Printer Canon Pixma MP287 dan Cara Mengatasinya



Kode Error Printer Canon MP287 - Blogotech, Sekarang ini kebutuhan akan printer memang semakin meningkat. Terlebih printer multifungsi seperti Canon Pixma mp287. Namun meski canggih sekalipun yang namanya alat elektronik tentu saja bisa mengalami error. Untuk itu, penting untuk anda mengetahui macam-macam kode rahasia error printer canon pixma mp287 serta cara mengatasinya. Canon Pixma mp287 sendiri bukan sembarang printer karena selain digunakan untuk mencetak atau printing, ia juga memiliki fungsi tambahan sebagai mesin scan. Sehingga anda bisa scan dokumen dengan lebih mudah.


Kode-rahasia-error-printer-canon-pixma-mp287
Error Printer Canon Pixma MP287
Selain bisa digunakan untuk mencetak dan scan, Canon Pixma mp287 ini juga bisa digunakan untuk menduplikasi file atau fotocopy. Satu alat yang sangat berguna tentunya baik untuk digunakan per orangan maupun bersama seperti dikantor, sekolah, dsb. Maka, saat terjadi eror pada printer serbaguna ini tentu saja akan ada banyak pekerjaan yang terganggu dan menjadi tidak efektif. Ada yang berkata bahwa semakin canggih suatu barang maka masalah yang timbul juga bisa semakin rumit. Mungkin hal ini juga tidak sepenuhnya salah.

Mengenal Macam-Macam Kode Rahasia Error Printer Canon Pixma MP287 dan Cara Mengatasinya 

Kode Rahasia Error Printer Alfabet 'E'

Yang menarik lainnya dari printer pintar ini ialah keberadaan kode jika terjadi masalah. Kode-kode error inilah yang bisa membantu anda untuk bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi error yang terjadi. Kode-kode error berisi keterangan jenis masalah yang sedang terjadi pada printer. Berikut beberapa macam kode error yang muncul saat printer terjadi masalah yang bisa anda ketahui dan pelajari:
  • E02 - Saat kode error ini muncul, maka masalah yang terjadi pada printer ialah kehabisan kertas. Dalam bahasa Inggris, istilah ini disebut print is out of paper, artinya printer kehabisan kertas. Maka untuk mengatasinya anda harus mengisi printer dengan kertas. Selain kehabisan kertas, kode ini juga bisa berarti posisi kertas yang belum benar sehingga printer tidak bisa memproses tugasnya. Maka untuk mengatasinya pastikan untuk memposisikan kertas dengan benar.
  • E03 - Jika kode error ini muncul, maka masalah yang terjadi ialah kertas macet. Maka yang harus anda lakukan tentu saja membetulkan posisi kertas ke posisi yang benar. Kode error yang satu ini juga bisa berarti tempat keluarnya kertas tertutup. Maka, pastikan untuk membuka tempat keluar kertas agar printer ini bisa berjalan.
  • E04 dan atau E05 - Kode error printer canon pixma mp287 selanjutnya ini bisa mengindikasikan adanya permasalahan pada cartridge. Biasanya cartridge tidak terdeteksi oleh printer yang dalam istilah bahasa Inggrisnya the fine cartridge cannot be recognized. Untuk cara mengatasinya, cukup lepaskan cartridge sebentar kemudian pasang kembali.
  • E07 - Kode error ini akan muncul ketika Counter pada printer sudah terlalu penuh. Maka anda bisa me-reset printer anda menggunakan software untuk mengatasinya.
  • E08 - Saat kode error ini muncul maka akan ada keterangan Ink absorber is almost full yang artinya Ink absorber printernya sudah mau penuh. Untuk mengatasinya, tekan tombol hitam atau warna pada printer.
  • E13 - Kode error ini untuk menunjukan bahwa ada masalah pada tinta. Biasanya tinta tidak terdeteksi printer. Maka untuk mengatasinya cukup dengan menekan tombol Stop atau Reset selama 5 detik dan coba kembali apa sudah bisa digunakan.
  • E14 - Selanjutnya dalam macam-macam kode rahasia error printer canon pixma mp287  ini bisa muncul kode E14 yang  mengindikasikan bahwa cartridge tidak dikenali printer. Ini bisa disebabkan karena tinta luber atau cartridge yang memang sudah harus diganti. Jika masalahnya karena tinta yang luber maka cara mengatasinya tinggal dibersihkan saja.
  • E15 - Kode error ini juga menunjukkan ada masalah dengan Cartridge dan kemungkinan masalahnya karena tidak terpasang dengan benar. Maka lepaskan dan pasang kembali cartridge dengan posisi yang benar.
  • E16 - Kode error yang satu ini menunjukkan bahwa tinta sudah habis. Tentu saja untuk mengatasinya anda harus mengisi ulang tinta.
  • E30 - Kode error ini akan muncul jika ada masalah dengan objek yang akan di scan. Pastikan posisi dokumen sudah benar pada kaca scanner.
  • E31 - Kode error ini berarti printer belum tersambung dengan PC yang anda gunakan. Maka, pastikan bahwa kabel USB printersudah benar-benar tersambung dengan baik ke port komputer.
  • E50 - Kode ini menunjukkan adanya masalah pada bagian scanning sehingga dokumen gagal untuk dikenali. Untuk mengatasinya, masukkan kertas dengan ukuran yang sesuai dan posisikan kertas dengan benar. Pastikan juga kaca plat scanner dalam kondisi bersih. Anda juga harus memeriksa apakah print head dalam kondisi baik dan tidak tersumbat apapun.

Kode Rahasia Error Printer Alfabet 'P'

Selain memunculkan kode error dengan khas alphabet 'E', printer Canon Pixma mp287 ini juga kadang memunculkan kode error lainnya dengan seri alfabet 'P'. Hal ini biasanya terjadi dan dapat anda ketahui ketika printer terus menerus blinking berwarna hijau disertai juga dengan lampu alarm yang terus blinking dengan warna oranye. Berikut beberapa kode error P yang bisa anda ketahui dan pelajari:
  • P02 - Kode ini muncul bisa saja dikarenakan ada sobekan kertas yang tersangkut dibagian dalam printer atau bisa karena kondisi printer yang kotor. Maka anda bisa mengatasinya dengan mematikan printer sementara kemudian bersihkan printer dan singkirkan hal-hal kecil yang menyumbat. Baru kemudian coba hidupkan kembali.
  • P10 - Kode error ini bisa mengindikasikan adanya masalah pada salah satu komponen printer seperti motherboard, head cartridge atau power supply. Untuk mengatasinya, anda bisa mematikan sementara printer dan biarkan beberapa menit. Kemudian hidupkan kembali printer dan coba gunakan. Jika masih muncul kode di atas seelah anda mematikan printer beberapa menit, maka anda mungkin harus mengganti salah satu komponen diatas untuk memperbaikinya.

Printer Canon Pixma ini memiliki banyak fungsi yang bisa membantu meringankan pekerjaan. Ia bisa mencetak, scan, dan photocopy. Satu alat dengan berbagai fungsi tentunya sangat dibutuhkan. Dan ketika justru terjadi error maka harus segera diketemukan penyebab dan solusinya yang benar. Terlebih jika printer ini digunakan untuk kepentingan umum atau bisnis. Tentunya akan sangat merepotkan ketika terjadi error karena pekerjaanpun akan terhambat.

Dengan mengetahui macam-macam kode error seperti diatas, maka bisa membantu anda mengenali masalah yang terjadi pada printer anda sehingga bisa ditentukan cara mengatasi yang sesuai. Namun jika printer anda tidak kunjung membaik setelah anda mencoba mempelajari dan mempraktekkan solusi diatas maka sebaiknya serahkan printer anda untuk diperbaiki oleh ahlinya. Demikian informasi tentang macam-macam kode rahasia error printer canon pixma mp287 dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

3 comments for "Mengenal Macam-Macam Kode Rahasia Error Printer Canon Pixma MP287 dan Cara Mengatasinya"

  1. Very good article! We will be linking to this great content on our site.
    Keep up the great writing.

    teleses - -

    ReplyDelete
  2. This piece of writing is really a nice one it helps new internet visitors,
    who are wishing for blogging.

    yarer; ,

    ReplyDelete
  3. I've been exploring for a little bit for any high-quality
    articles or blog posts in this sort of space . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this web site.
    Studying this info So i am glad to express that I have a very excellent uncanny feeling I
    came upon exactly what I needed. I most indisputably will make sure to do not overlook
    this site and provides it a look regularly.

    ReplyDelete

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.