2 Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar 2020

2 Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar 2020


Contoh Surat Lamaran Kerja - Blogotech, Belakangan ini banyak sekali yang mencari informasi mengenai cara membuat  surat lamaran kerja, memang sebalum kita mencari sebuah pekerjaan sebaiknya kita membuat dulu surat lamarannya. Yang harus diingat bagi calon pelamar dalam membuat surat lamaran kerja itu jangan asal-asalan karena ada beberapa kriteria atau beberapa aturan saat menulis surat lamaran kerja, terutama dalam menulis surat lamaran kerja itu harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan  (EYD). Untuk itu kami disini akan memberikan beberapa contoh surat lamaran kerja sesusai dengan kaidah bahasa Indonesia, bahkan tidak hanya itu kami juga akan memberikan secara detail mengenai format penulisan surat lamaran kerja.  Dan semoga untuk kedepannya contoh surat lamaran kerja ini bisa dijadikan pedoman atau referensi bagi kita semua.


Contoh-Surat-Lamaran-Kerja
Berikut format penulisan untuk menulis surat lamaran kerja  beserta hal-hal yang harus ada didalam sebuah surat lamaran kerja, diantaranya :


  1. Tempat Tanggal penulisan surat lamaran kerja,
  2. Nama perusahan yang akan dituju,
  3. Salam pembuka,
  4. Kalimat pengantar,
  5. Biodata diri / riwayat hidup
  6. Pengalaman kerja
  7. Kalimat mengenai harapan calon pelamar agar diterima,
  8. Salam penutup.
  9. Tanda tangan penulis

Untuk menulis surat lamaran kerja itu bisa ditulis tangan bisa juga di ketik menggunakan komputer, namun kebanyakan orang menulis surat lamaran kerja itu tulis tangan. Karena jika ditulis tangan kita bisa melihat apakah tulisannya rapih atau tidak, format penulisannya runtut atau tidak, itulah mengappa beberapa perusahaan dalam menetukan kita diterima atau tidaknya dilihat dari tulisan tangan kita dalam surat lamaran kerja tersebut.

Nah untuk itu supaya kita diterima diperusahaan yang akan kita tuju nanti kami akan memberikan beberapa saran dalam membuat surat lamaran pekerjaan, sebagai berikut:
Pertama : gunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar yang sesuai dengan EYD ( ejaan yang disempurnakan), tujuannya supayabisa dipahami oleh  pihak perusahaannya.


Kedua : sebagaiamna yang telah kita singguh diatas, tulisan dalam surat lamaran pekerjaan tersebut haruslah runtut dan teratur bahkan tulisannya harus jelas dengan menggunakan EYD, hindari tulisan yang bertele-tele, karena jika tulisan kita terlalu bertele-tele takutnya nanti pihak perusahannya males untuk membacanya dan bisa menyebabbkan anda tidak akan diterima diperusahaan tersebut.

Ketiga : supaya kita terlihat serius ingin bekerja diperusahaan tersebut maka surat lamaran pekerjaannya haruslah ditulis tangan, dan untuk menulisnya jangan pernah menggunakan jasa orang lain. karena jika menggunakan jasa orang lain itu sama halnya kita tidak percaya diri dengan kemampuan kita.

Keempat : membuat biodata diri,karena biodata diri merupakan syarat yang harus ada didalam sebuah surat lamaran pekerjaan. Biodata diri itu biasanya berisikan nama lengkap pelamar, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, status (Menikah/belum), alamat, dan terakhir nomor telepon, supaya pihak perusahaan bisa menghubungi anda.

Kelima : kelengkapan berkas, kelengkapan berkas ini sangat diperlukan, dan bisanya berkas-berkas yang dibutuhkan itu diantara lain, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, fotokopi SKCK dari kepolisisan, KTP (kartu tanda penduduk), surat pengalaman kerja, dan pas foto.


Langsung saja berikut ini contoh surat lamaran kerja sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia:

Garut, 05 Januari 2020

Hal : Permohonan Sebagai Tenaga Pengajar Honorer

Kepada Yth,
Kepala Sekolah SMP Karya Muda
Jl, Banyuresmi, Desa Sukamukti
Di Garut

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Elin Karlina
Tempat Tanggal Lahir : Garut, 16 Juni 1994
Pendidikan Terakhir : Sarjana Bahasa Dan Sastra Arab
Alamat : Jl. Raya Bayongbong, Kp. Waas Kincir, Ds. Sukahati, Kec. Cilawu, Kab. Garut.
No Telp : 089692184567

Dengan ini mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi salah satu tenaga pengajar honerer di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin. Dan sebagai bahan pertimabangan Bapak/Ibu, saya lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup,
Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir,
Fotokopi Transkip Nilai yang telah dilegalisir,
Fotokopi SKCK dari kepolisisan,
Fotokopi KTP,
Pas foto 3x4 cm 4 lembar.

Demikian Surat lamaran ini saya ajukan, harapan saya semoga saya bisa diterima di Sekolah yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan waktu yang diberikan Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

ELIN

Elin Karlina


Baca Juga : Contoh Surat Resign Kerja (Pengunduran Diri) yang Baik dan Benar

Sedangkan salah satu ini merupakan contoh surat lamaran kerja sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia untuk lamaran berdasarkan dari Informasi Iklan:
Garut, 05 Januari 2020

Hal         : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 1 berkas

Kepada Yth,
Manager Personalia
PT. Bakpia Juragan
Jl.Sindangsari No 48
Jogjakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan Iklan yang dimuat di Pikiran Rakyat terbitan hari Rabu, 3 Januari 2020, mengenai adanya lowongan untuk jabatan Adminitrasi, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Elin Karlina
Tempat/Tanggal Lahir : Garut, 16 Juni 1994
Pendidikan Terakhir : Sarjana Bahasa dan Sastra Arab
Status : Belum Menikah
Alamat : Jln. Raya Bayongbong, Rt 04/Rw 02, Ds.Sukahati, Kec.Cilawu, Kab.Garut.
No Telp : 08969184567

Dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahan yang Bapak/Ibu Pimpin. Saya memiliki pengalaman kerja selama 1 tahun sebagai tenaga Administrasi di salah satu perusahaan di Bandung. Sebagai bahan pertimbangsan Bapak/Ibu bersama ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir yang dilegalisir.
  3. Fotokopi Transkip Nilai yang dilegalisir.
  4. Fotokopi Skck dari kepolisiann
  5. Fotokopi KTP.
  6. Pas foto 3 x 4 cm 4 lembar.

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, saya berharap saya bisa diterima diperusahaan Bapak/Ibu pimpun. Atas perhatiannya Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya

ELIN

Elin Karlina


Itulah sederet informasi mulai dari apa itu pengertian surat laamaran kerja, kemudian beberapa syarat yang harus ada dalam sebuah surat lamaran pekerjaan hingga contoh surat lamaran kerja yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Jika anda berkeinginan untuk melamar kesebuah perusahaan maupun lembaga-lemabaga pemerintahan sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnya gunakanlah bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, kemudian isi dari suratnya harus runtut, lalu ditulis tangan dengan rapih, cek semua berkas-berkas jangan ada yang ketinggalan. Jika semuanya sudah dilakukan dengan baik maka anda tunggu hasilnya, dan biasanya setelah anda melakukan pengiriman surat lamaran pekerjaan ke perusahaan nanti anda akan menerima panggilan untuk interview atau wawancara. Gunakanlah waktu wawancara tersebut secara maksimal. Karena pada sesi wawancara adalah tahap terakhir atau tahap penentuan apakah anda akan diterima atau tidak di perusahaan tersebut.

Nah itulah tadi contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan menjadi salah satu referensi bagi kita semua. Untuk contoh surat lamaran kerja yang lainnya bisa anda lihat DISINI. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.