Cara Mengatasi Authorized Digital Sellers atau ads.txt pada Google Adsense

Cara Mengatasi Authorized Digital Sellers atau ads.txt pada Google Adsense

ads.txt - Blogotech, Terhitung sejak tanggal 31 Januari 2018, semua Publisher Adsense mendapatkan notif yang berbunyi "Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang Adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."

Semenjak mendapatkan notif tersebut pada beberapa kasus banyak Publisher yang mengeluhkan iklannya tidak tayang atau blank di blog atau websitenya. Hal ini tentunya sangat membuat resah karena dapat beresiko terhadap earning atau penghasilan Publisher.

Support Authorized Digital Sellers (Ads.txt) ini sebenarnya sudah lama diberlakukan di wordpress namun baru diberlakukan di Blogger secara massal terhitung sejak 31 Januari 2018. Dengan adanya notif tersebut maka bagi semua Publisher Adsense diwajibkan untuk. Tujuan pemasangan ads.txt ini untuk memastikan bahwa Google Adsense diberi izin untuk melakukan penayangan iklan di Blog/Website tersebut.

Lalu bagaimana cara mengatasi ads.txt pada Google Adsense tersebut? Caranya sangat mudah anda hanya perlu mengupload ads.txt yang sudah diberikan melalui notif tersebut di root domain website anda. Untuk pengguna wordpress bisa melalui cpanel-filemanager-domain. Setelah anda upload tunggu beberapa jam.

Untuk pengguna blogger (blogspot) sebenarnya tidak diharuskan karena hosting root domain blogger sendiri sudah dimiliki oleh Google. Namun jika khawatir maka anda bisa mengupload ads.txt tersebut dengan cara masuk ke Blogger.com-Setting-Preferensi Penelusuran-Monetisasi. Pada bagian monetisasi aktifkan dan kemudian masukkan ads.txt yang sudah diberikan sebelumnya di akun Google Adsense anda. Setelah itu anda hanya perlu menunggu beberapa jam. Apabila iklan ads.txt sudah aktif maka anda bisa mengeceknya dengan cara masuk ke alamat www.domainanda.com/ads.txt.

Note: Pada beberapa kasus, iklan Adsense tidak muncul setelah dipasang ads.txt. Tunggu saja selama 1x24 jam karena Google Adsense akan melakukan crawl terhadap perubahan ads.txt.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.