Cara Melamar Kerja Lewat Email Untuk Pemula

Cara Melamar Kerja Lewat Email Untuk Pemula

Melamar Kerja Lewat Email - Blogotech, Bekerja dan mendapatkan gaji adalah salah satu rutinitas kehidupan orang dewasa. Setelah lulus sekolah dan mendapatkan ijazah, maka hal pertama yang akan dilakukan adalah mencari pekerjaan. Cara melamar kerja lewat email belakangan ini sangat populer, dikarenakan semakin banyak perusahaan yang memerbolehkan calon karyawan untuk mengirimkan sura lamaran mereka melalui surat elektronik atau email.

Ada banyak hal yang melatarbelakangi keputusan yang satu ini, selain bisa menghemat kertas, karena tak perlu menggunakan kertas untuk mengirimkan lamaran, sehingga bisa mengurangi penebangan pohon untuk membuat kertas walaupun sedikit. Selain itu, hal yang melatarbelakangi perusahaan melegalkan calon karyawannya untuk membuat dan juga mengirim surat lamaran kerja via email adalah perusahaan jadi tidak perlu menyediakan banyak waktu dan juga tempat untuk perekrutan, dan bagi calon karyawan keuntungan yang didapatkan adalah tak perlu repot dan mengeluarkan biaya untuk datang ke tempat lamaran kerja, gratis dan tak rugi biaya transportasi.

Jadi, kita bisa menarik kesimpulan bahwa mengirim surat lamaran melalui surat elektronik maka kedua belah pihak bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Keuntungannya yang pertama dalah menghemat waktu. Mengirim surat lamaran melalui email itu bisa menghemat waktu, tak perlu menunggu surat lamaran dikirimkan oleh pos, menggunakan email cukup menetikkan alamat email perusahaan dan surat lamaran kita pun bisa sampai saat itu juga di tujuan. Tetapi walaupun mengirimkan email yang berisi surat lamaran itu sangat mudah, masih banyak juga calon pegawai yang masih sangat awam dengan teknologi informasi kekinian, salah satunya sangat awam akan email.

Cara-Melamar-Kerja-Lewat-Email
Melamar Kerja Lewat Email
Ada banyak calon pegawai yang tidak tahu bagaimana caranya untuk mengirim surat lamaran melalui email. Ada juga rasa ragu-ragu dan juga khawatir jika mereka salah menggunakan email untuk mengirimkan lamaran, hal itu membuat para pegawai malas menggunakan fasilitas email dan tetap memilih cara kuno. Supaya bisa mengikuti perkembangan zaman, maka sebaiknya baca artikel ini sampai selesai dan buatlah lamaran kerja via email yang terbaik untuk melamar ke perusahaan impian kita.

Langkah-Langkah Cara Melamar Kerja Lewat Email

Sebagai salah satu cara untuk membantu calon pegawai yang sama sekali tidak tahu caranya kirim lamaran melalui email, maka di bawah ini adalah langkah persiapan yang bisa dilakukan untuk mengirim surat melalui email. Silahkan disimak,

Sebelum mengirimkan surat lamaran melalui email, hal pertama yang harus dilakukan tak lain adalah menyiapkan berkas yang isinya syarat-syarat lamaran kerja, misalnya :
  • Buatlah surat lamaran kerja dan boleh ditulis langsung di badan email. Bisa juga dengan menggunakan program Ms.Word, atau Notepad dan lain sebagainya, yang kemudian akan diunggah ke email.
  • Buatlah Daftar Riwayat Hidup ( atau Curriculum Vitae ) ada banyak contoh curriculum vitae yang bisa kita contoh di internet, ikuti cara penyusunannya supaya kita bisa mendapatkan CV yang bagus dan sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Ijasah terakhir yang akan dijadikan salah satu syarat melamar kerja
  • Sertifikat
  • Lampiran KTP
  • Siapkan juga pasfoto terbaru dengan ukuran yang disesuaikan dengan permintaan dari perusahaan
  • Siapkan juga berbagai surat lainnya jika perusahaan tempat melamar kerja  memintanya
Lantas jika semua dokumen yang dibutuhkan sudah siap, maka yang aan kita lakukan berikutnya adalah scanning semua kelengkapan yang telah disebutkan di atas lalu setelah itu simpan ke dalam flashdisk, atau dimasukkan hardisk. Nah, semua file yang telah kita scan itu yang nantinya akan kita lampirkan ke dalam email lamaran kerja dan pastikan besarnya file per file yang kita scan itu ukurannya tidak terlalu besar, supaya poses uploadnya tidak terlalu lama. Lalu bagi yang tak memiliki scanner sendiri di rumah, maka bisa mencari warnet yang menyediakan fasilitas scanning, bisa juga ke rentalan komputer.

Kemudian pastikan juga memiliki akun email yang aktif dan milik sendiri, jangan menggunakan akun email milik orang lain karena akan membuat kita terlihat tidak profesional. Membuat akun email sendiri tidak susah, kok! Kita bisa memilih untuk menggunakan Yahoo, atau menggunakan Google Mail. Jika menggunakan Yahoo maka email kita akan berujung yahoo.com sementara jika menggunakan Google mail, maka email kita akan menjadi gmail.com. Panduan untuk membuat akun email bisa kita temukan di internet, kok!

Tips, gunakan password yang mudah untuk diingat tetapi cukup sulit untuk ditebak orang lain. Jika anda merupakan orang dengan tipe pelupa, maka catatlah alamat email dan juga pasword yang digunakan untuk mengirim surat lamaran di dalam catatan khusus. Sehingga saat suatu waktu membutuhkan email dan paswordnya, bisa langsung kita temukan dalam catatan tersebut.

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Cara melamar kerja lewat email tidaklah sulit, asalkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini. Yang pertama adalah mengisikan alamat email perusahaan yang dituju, pastikan kita mengisi alamatnya dengan benar supaya surat lamaran kita bisa sampai ke tujuan. Salah sedikit, email akan gagal terkirim dan surat lamaran harus dikirim ulang.

Kemudian isilah subyek email dengan kata lamaran kerja dan juga bagian yang ingin ditempati (sesuai dengan informasi lowongan kerja yang tersedia). Tetapi ada banyak perusahaan yang mencantumkan kode khusus, misalnya Lamaran Kerja Administrasi - LKA002 dan seterusnya, maka kita cukup mengisikan kolom tersebut dengan informasi yang sudah disebutkan.

Lantas beralih pada menulis lamaran kerja, kita bisa langsung menulisnya di badan email. Tetapi jika kita sudah menulisnya dalam dokumen Ms. Word, maka kita bisa mengunggah filenya. Jangan lupa juga untuk mengunggah berbagai dokumen pelengkap lainnya. Nah, jika semua dokumen sudah selesai diunggah, maka kita bisa langsung mengirimkan lamaran tersebut dengan menekan tombol ‘kirim’.

Tips, selalu perbaharui pas photo tiap tiga bulan sekali. Karena kita pasti akan mengalami beberapa perubahan dalam jangka waktu tiga bulan tersebut. Paling lambat setidaknya enam bulan sekali.

Bagaimana? Mudah sekali bukan untuk mengirimkan surat lamaran kerja melalui email? Sebenarnya hal yang paling sulit dari mempelajari teknologi terbaru adalah mencoba dan belajar. Sebab jika sudah mau mencoba dan belajar, maka kita akhirnya bisa tahu bahwa teknologi yang kita anggap sulit itu sebenarnya sangat memudahkan serta begitu gampang serta praktis untuk digunakan. Begitu pula tentang surat lamaran kerja elektronik, dilihat dari susunan kata-katanya saja tak banyak berbeda dengan susunan kata-kata dalam surat lamaran kerja konvensional yang ditulis manual, yang berbeda hanya cara mengirimkannya saja ke perusahaan. Walau tak jauh berbeda, namun manfaat yang bisa dirasakan itu cukup signifikan perbedaannya, terutama dalam urusan penghematan. Menghemat waktu, biaya dan juga tenaga. Jadi, mau coba cara melamar kerja lewat email?

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.