Cara Entri Data Online di Aplikasi Android Keluarga Sehat Pusdatin

Cara Entri Data Online di Aplikasi Android Keluarga Sehat Pusdatin

Cara Entri Data Online Keluarga Sehat Android - Blogotech, Saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan sedang gencar-gencarnya melaksanakan PIS-PK (Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga). Program ini bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dengan cara melakukan pendekatan keluarga melalui kunjungan langsung ke rumah-rumah masyarakat. Program ini sudah dijalankan sejak 2017 dan diharapkan sudah selesai di Tahun 2019.

Program PIS-PK ini dilaksanakan oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau Puskesmas yang langsung dibawahi oleh Dinas Kesehatan Setempat. Dalam satu Puskesmas biasanya terdiri oleh Kepala Puskesmas sebagai Penanggung Jawab, Admin, Supervisor dan Surveyor yang bertugas terjun langsung ke lapangan. Secara garis besar, PIS-PK ini melakukan kunjungan rumah dengan focussing terhadap 12 masalah kesehatan yaitu :

Program Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak

1. Keluarga mengikuti Program Keluarga Berencana
2. Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan
3. Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap.
4. Bayi diberikan ASI Ekslusif selama 6 bulan
5. Balita dipantau pertumbuhan dan perkembangannya

Pengendalian Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular

6. Penderita Tuberculosis Paru mendapatkab pengobatan sesuai standar
7. Penderita Hipertensi berobat secara teratur
8. Penderita Gangguan Jiwa tidak ditelantarkan

Perilaku Kesehatan Lingkungan

9. Tidak ada anggota keluarga yang merokok
10. Keluarga memiliki/memakai air bersih
11. Keluarga memiliki/memakai jamban sehat
12. Seluruh anggota keluarga menjadi anggota JKN

Setelah dilakukan kunjungan rumah, seluruh data yang didapat harus dientry di Aplikasi Keluarga Sehat Pusdatin. Untuk pengentrian bisa dilakukan melalui komputer atau melalui aplikasi android yang sudah bisa didownload di Google Play Store atau langsung dengan mengklik tombol download di bawah ini:

Bagaimana Cara Entri Data Online Keluarga Sehat Melalui Android?

Nah mungkin masih ada yang bingung bagaimana caranya entri data kunjungan keluarga sehat melalu android? Untuk entry data Keluarga Sehat melalui android, syarat utama Smartphone yang digunakan adalah: 
  • OS Android minimal 4.4 (Kitkat) atau lebih
  • RAM minimal 2GB
  • Layar tidak terlalu kecil
  • Koneksi internet yang stabil (optional)
  • Mempunyai akun Surveyor yang sudah didaftarkan Admin ke Pusdatin melalui Dinas Kesehatan terkait.

Apabila semua syarat-syarat di atas sudah terpenuhi maka kamu bisa melakukan entry di aplikasi tersebut. Berikut langkah-langkah melakukan entry Keluarga Sehat melalui android:
1. Masuk ke dalam aplikasi yang sudah kita download tadi. Kemudian masukkan username dan password Surveyor yang telah dibuatkan oleh Admin sebelumnya. Untuk pembelajaran, Blogotech menggunakan akun demo KS. Untuk akun demo bisa diakses dengan username: demo dan password: demo123

2. Setelah login, maka akan tersedia tahun. Tahun disini maksudnya adalah kapan anda melakukan kegiatan kunjungan Keluarga Sehat. Misalkan disini Blogotech memilih tahun 2017.

3. Selanjutnya anda akan masuk ke beranda Aplikasi KS. Disana sudah ada nama-nama keluarga yang sudah dilakukan kunjungan dan entri. Sekarang untuk menambahkan entri keluarga yang telah kita lakukan kunjungan anda bisa mengklik tanda plus (+) yang ada di sudut kanan bawah.

4. Setelah itu akan muncul secara otomatis data pengenalan tempat sesuai lokasi surveyor yang sudah didaftarkan admin. Disitu anda hanya tinggal mengisi data kelurahan/desa, RT, RW, Nomor Urut Bangunan, Nomor Urut Keluarga serta Alamat Rumah. Apabila sudah diisi kemudian klik opsi 'Lanjut' yang ada di sudut kanan bawah.

5. Secara otomatis maka akan muncul data keluarga. Disitu anda diminta mengisi Nama Kepala Keluarga serta Jumlah Anggota Keluarga.

6. Setelah diisi kemudian scrool ke bawah maka anda akan menemukan pertanyaan mengenai keluarga. Silahkan diisi sesuai dengan data yang sudah anda dapatkan saat kunjungan rumah. Apabila sudah kemudian klik 'Lanjut'.

7. Setelah itu akan muncul Keterangan Pengumpul Data. Disini kita langsung klik 'Lanjut' karena data sudah terisi secara otomatis sesuai dengan data login Surveyor yang didaftarkan oleh Admin.

8. Selanjutnya akan muncul keterangan keluarga. Disini kita diminta menambahkan anggota keluarga. Silahkan klik pada tombol plus (+) yang ada di kanan bawah.

9. Sepanjutnya akan muncul pilihan Input Manual atau Cek di databese Dukcapil. Pilih Input Manual.

10. Selanjutnya akan muncul formulir isian keterangan keluarga. Isilah formulir tersebut masing-masing individu sesuai dengan urutan di kartu keluarga (KK) sampai dengan selesai.
Note :
  • Apabila ada anggota keluarga yang tidak atau belum mempunyai NIK bisa kita masukkan NIK secara asal dengan mengetikkan 9999 9999 9999 9999.
  • Pada keterangan pendidikan dan pekerjaan anggota keluarga ada sedikit perbedaan antara PROKESGA offline dengan online. Pada PROKESGA online lebih lengkap dan terperinci.

10. Setelah mengisi keterangan anggota keluarga satu persatu maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Selanjutnya kita klik 'Lanjut' yang ada di kanan bawah.

11. Secara otomatis telah tersimpan isian formulir keterangan keluarga yang telah kita isi tadi. Disini kita masih belum melakukan survey. Ini bisa dilihat dari keterangan tulisan berwarna merah yang ada di samping kanan nama anggota keluarga. Untuk melakukan survey kita klik tombol berwarna kuning bertuliskan 'Survey Individu'.

12. Kemudian akan muncul pertanyaan individu. Disini pertanyaan secara otomatis sudah menyesuaikan dengan umur yang anda entry sebelumnya. Jadi kita tidak perlu repot-repot memilah pertanyaannya. Isilah setiap pertanyaan individu sampai selesai. Jika sudah klik Simpan.

13. Sampai disini sudah selesai entry data online Keluarga Sehat. Untuk mengecek apakah sudah masuk bisa kita lihat dengan menggunakan fitur pencarian yang ada di menu sebelah kanan atas lalu pilih 'Search' lalu masukkan alamat serta nama kepala keluarga yang ingin anda cari.

14. Setelah itu akan muncul hasil pencarian Keluarga yang kita entry tadi. Disitu sudah terhitung secara otomatis IKS Keluarga.

Nah itulah tadi cara entry data online kunjungan Keluarga Sehat melalui android. Sangat mudah sekali bukan? Hal ini akan memudahkan anda karena tidak perlu repot-repot lagi menggunakan laptop atau komputer. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung gan 😃😃

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.