3 Cara Mengembalikan Sinyal 4G Hilang Setelah Update Custom ROM

3 Cara Mengembalikan Sinyal 4G Hilang Setelah Update Custom ROM

Mengembalikan Sinyal 4G - Blogotech, Sinyal 4G yang hilang setelah Update Rom hal ini biasaya terjadi pada smartphone Xiaomi. Meskipun begitu ini bukan masalah yang besar kok, masih bisa diatasi dengan mudah. Sinyal 4G yang hilang setelah ini update Rom pada Xiaomi hal ini dikarenakan adanya tekanan atau aturan mengenai TKDN yang sengaja diterapkan di Indonesia.

Lalu apa itu TKDN? TKDN kepanjangan dari Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Smartphone ini menghilangkan sinyal/jaringan 4G di Indonesia namun tidak semua smartphone Xiaomi mengalami kejadian seperti, yang mengalami kendala seperti ini hanya beberapa type saja, yaitu diantaranya Xiaomi Redmi 3, Xiaomi Redmi 3 Pro, dan Xiaomi Note 3 Pro. mungkin hal ini dikarenakan pada saat kemunculannya di Indonesia belum menggunakan ROM MIUI Offocial khusus dari Xiaomi yaitu masih menggunakan ROM  MIUI versi Global, sehingga dari beberapa type handphone Xiaomi tersebut mengalami kejadian seperti hilangnya sinyal 4G.

mengembalikan-sinyal-4g-hilang
Sinyal 4G Hilang?
Jika anda merupakan pengguna smartphone yang mengalami hal seperti itu, lalu bagaimana cara mengembalikan sinyal 4G yang hilang setelah update custom Rom khususnya untuk smartphone XiaomI Redmi 3, Xiaomi Redmi 3 Pro, dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro? Berikut dibawah ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan jika smartphone kita mengalami hilangnya sinyal 4G.

Cara Pertama : Mengganti Lokasi dari Indonesia menjadi Malaysia

Mengganti lokasi seperti ini merupakan cara pertama yang paling sederhana dan sangat mudah kita lakukan untuk mengembalikan sinyal 4G yang hiang, Untuk melakukannya bisa dengan cara masuk ke menu Setting kemudian Additional Setting Locate, setelah itu ubah lokasi menjadi Malaysia. Jika sudah kemudian aktifkan mode pesawat, tunggu beberappa detik kemudian nn aktifkan kembali mode pesawat tersebut.  maka dengan begitu dalam hitungan beberapa detik saja sinyal 4G anda akan kembali lagi.

Cara Kedua : Memakai Beberapa Kode Khusus

Jika setelah melakukan cara yang pertama yaitu dengan mengganti lokasi, tetapi tetap tidak membuahkan hasil?, jangan panik jangan galau, karena masih ada jalan lain yang bisa kita tempuh untuk mengembalikan sinyal 4G yang hilang pada smartphone anda. yaitu dengan cara memakai beberapa kode khusus.

Yaitu dengan cara mencopot kedua Sim Card yang ada di samrtphone anda. itupun kalaw anda menggunakan kedua slot sim cardnya. Setelah itu buka phone dialer,lalu tekan ##4636##. Kode ini bertujuan untuk memunculkan menu-menu yang tersembunyi yang atersedia pada Xiaomi, diantaranya Network Testing. Kemudian jika menu-menu tersebut sudah muncul maka tekan tombol  Phone info 1, lalu search Set Preferred Network Type, setelah itu pilih pengatuuran CDMA Only, kemudian diamkan beberapa saat sebelum anda memaasukkan Sim Cardnya. Lalu masukkan salah satu Sim Card yang, kemudian masuk pada menu Setting > Sim Card & Mobile Network > Prefer Network, kemudian pilih Global,  namun jika anada memilih Global dan ternyata jaringan 4 G masih tetap tidak muncul, maka anda bisa menggunakan Prefer 4G CDMA.

Cara Ketiga : Mengupgrade Versi MIUI

jika setelah melakukan cara yang pertama dan yang kedua tetapi tidak kunjung juga berhasil, maka kita bisa mencoba cara ketiga, yaitu mengupgrade versi MIUI. Tapi ada beberapa resiko yang harus dihadapai oleh para penggunanya, semua data yang tersimpan dalam smartphone tersebut akan hilang atau akan terhapus secara otomatis. maka dari ituu sebelum melakukan PengUpgradean sebaiknya anda melakukan Backup data terlebih dulu.

Jika sudah di backup dan dipastikan semua data aman, maka langkah selanjutnya adalah mendownload ROM dengan versi MIUI yang sesuai dengan type smartphone anda. jika sudah berhasil di download kemudian file ROM nya diganti menjadi Update Zip, lalu siimpan file tersebut diluar folder SdCard hal ini bertujuan supaya memudahkan pada saat pencariann nanti.

Kemudian setelah itu Buka Aplikasi Updater pada Smartphone Xiaomi anda, kemudian klik menu 3 titik yang berada di pojok atas sebelah kanan, lalu pilih menu Choose Update Package, kemudian buka folder yang terdapat file update.zip tadi. Prose pengupgradean pun akan berjalan secara otomasis, tunggu hingga proses mengUpgrade selesai.

Sebenarnya ada cara lain untuk mengembalikan sinyal 4G yang hilang selain dari ketiga cara diatas, yaitu dengan cara smartphone anda di root terlebih dahulu, selain akan mengalami perubahan pada smartphone anda, untuk menjalankan cara yang satu ini cukup dan tidak mudah untuk dilakukan, karena ada banyak langkah-langkah yang harus ditempuh pada saat pengerjaaanya nanti.

Demikian itulah sedikit Cara Mengembalikan Sinyal 4G Hilang Setelah Update Custom ROM, silahkan cara-cara diatas anda coba jika suatu hari nanti smartphone anda mengalami kejadian seperti diatas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.